TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

SleepWalking. Mistis atau Ilmiah?

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
Loha semua Warga Sipil a.k.a KASKUSER


Saya mau bahas topik yang sedikit anti mainstream di mari, unik, horor atau apalah namanya.

SLEEP WALKING


Quote: Sleep Walking atau bahasa kitanya Tidur Berjalan. Secara harfiah kita udah tau lah maksudnya gimana?! Berarti kita jalan sambil tidur atau jalan pada saat kita masih dalam keadaan tidur. Atau juga kita jalan pakai gaya tiduran alias ngerangkak. (Hahah gaklah, kidding).
Quote: Berawal dari pengalaman pribadi yang baru aja saya alamin tadi malam (Sabtu, 19 September 2015) saya tertarik googling tentang fenomena tidur ini. Jadi ceritanya malam itu saya rebahan tengkurap di atas lantai yang saya alasi pakai karpet ditemani satu unit guling, ngapain? ngerjai tugas men. Saya ngerjai tugas coding saya di dalam lapy. Astaga, ketauan jomblo malam minggu dating sama lapy. Hahah santai bro, saya gak jomblo. Coding is my first love. Hahah. Gak kerasa ternyata setengah malam udah lewat, jam udah 12an malam. Tapi saya belum ngantuk. Trus, Karena saya kebentur dan stak di logic saya, saya mikir dan cari-cari algoritmanya dengan telentang menatap langit-langit sambil sesekali ngoret-ngoret kertas. Taunya ketidur.

Untuk sesi tidur saya malam itu, mimpi yang saya ingat adalah saya berjalan ke arah sofa bawa guling buat tidur di sofa. Just it. ya cuma itu aja. Cetek amat mimpi gua hahaha.

Ternyata besok paginya saya bangun dan ternyata saya berada di atas sofa. Wah, ini kan mimpi saya malam tadi, persis sama dengan apa yang ada dalam mimpi, bantal guling juga ada dengan saya di atas sofa. Lapy, buku, earphone, pulpen juga masih ada di atas karpet. Malah playlist winamp juga masih main. Saya udah biasa main lapy sampe ketidur gitu, tapi kalau saya emang niat mau tidur, biasanya lapy saya tutup.


Quote: Awalnya saya gak yakin ini mimpi atau gimana, akhirnya saya googling dan dapat artikel dengan kata kunci SleepWalking. Ternyata fenomena ini memang ada dalam dunia medis. Dokter menyebutnya sebagai Parasomnias , yaitu kejadian-kejadian yang tidak wajar saat manusia tidur. Artinya manusia (saya, kamu, kita semua) bisa melakukan Apa aja saat tidur! Gila gak tu.

Quote: Menurut sumber yang saya baca, Orang yang mengidap Parasomnias ini pernah tercatat melakukan aktivitas seperti :

  • Berbicara saat tidur (Mengigau),
  • Mengompol,
  • Duduk,
  • Berdiri,
  • Berjalan,
  • Membuka pintu,
  • Memasak,
  • Makan
  • Berkendara keluar rumah. (Waduh, bahaya bener.)
  • Dan melakukan aktivitas dengan ponsel nya (Menelepon/SMS/Chat seseorang)


Untuk yang pertama sih sepertinya kita udah biasa denger yaitu mengigau atau wong jowo bilang ngelindur. Tapi beberapa sumber juga mengatakan kalau penderita tidak sekedar ngawur ngidul, tapi mereka juga berdialog! Layaknya seseorang yang sedang dalam pengaruh hipnotis yang sedang diajak berdialog, dengan tatapan kosong dan komunikasi tanpa ekspresi. Serem bener gan. Begitulah kira-kira.

Untuk poin yang kedua, agak lucu juga. Hahah, Ngompol. Jujur ternyata setelah dingat-ingat TS pernah alami ini pas masi bocah. Jadi scene mimpinya adalah TS kebelet pipis, trus ke kamar mandi buat nyetor. Taunya kebangun karena kasur anget-anget banjir. Astaga!

Nah, untuk poin kelima, Sleeping walking atau tidur sambil berjalan yang kerap dialami oleh parasomnia. Orang mengira bahwa tidur sambil berjalan adalah orang tersebut sedang mempraktikkan mimpi yang sedang dialaminya. Ternyata anggapan tersebut salah besar. Sleeping walking adalah bentuk dari kelelahan yang amat sangat, imsonia, dan gelisah. Mereka tidak bisa menjelaskan mengapa mereka melakukan hal itu. Tak jarang mereka juga merasa bingung mengapa ketika bangun berada ditempat yang berbeda. Gangguan ini juga yang baru dialami TS.

Penasaran dengan apa yang menyebabkan saya bisa pindah lokasi tidur, saya pun googling lebih lanjut dan nemu pembahasan tentang penyebab seseorang mengalami Parasomnia, khususnya SleepWalking. Ini dia beberapa faktor penyebabnya :

  • Kelehan

  • Stres

  • Gelisah

  • Sakit


Setelah saya pikir, menurut saya faktor pertama cukup berpengaruh terhadap tidur saya malam itu. Secara, saya hampir setengah malam coding terus gan. Ditambah malam-malam sebelumnya yang belum break total ditambah insomnia. Jadi, mungkin malam itu adalah puncak kelelahan saya.

Sebagain pendapat fenomena ini ada kaitannya dengan aktivitas makhluk astral alias mistis, sama sekali tidak. Ini adalah fenomena alami manusia dan semuanya murni logika. Jika agan sista ngotot bahwa ini adalah mistis dengan berdasarkan teori bahwa sesuatu yang tidak dapat diterima nalar dan akal manusia adalah mistis, maka bagaimana agan sista menjelaskan MIMPI itu sendiri? Apakah mimpi sesuatu yang alami? atau itu bagian dari teori mistis? Sekali lagi ini adalah ilmiah.

Quote: Ada gak kaitannya dengan DeJavu ?

Selama kita tidur kita pasti akan mengalami mimpi. Apakah mimpi yang berkaitan langsung dengan hidup kita di dunia nyata atau tidak. Apakah scene mimpi itu ada di dunia nyata atau imajinasi terpendam kita. atau apakah kita tidak asing dengan stage mimpi itu padahal kita belum pernah melihatnya. Ya, itulah mimpi. Selalu unik dan tak pernah bisa akal logic manusia menjelaskan nikmat Allah SWT yang satu ini. Bahkan bayi juga memiliki mimpi. Layaknya media storage Harddisk, SDCard, atu apalah itu, pasti punya kapasitas. Otak manusia juga memiliki kapasitas penyimpanan. Tidak semua aktivitas dan ingatan kita dari mulai lahir sampai sekarang dapat disimpan dalam otak. Begitupun mimpi. Beberapa mimpi dapat kita ingat dengan jelas dan detil, beberapa lagi teringat samar-samar, dan sebagian lainnya bahkan tidak dapat diingat. Menurut TS, secara tidak langsung fenomena ini berkaitan dengan DeJavu.


Quote: Lalu apa kaitannya dengan DeJavu?

TS belum dapat artikel yang membahas langsung kaitan antara SleepWalking dan DeJavu. Tapi TS akan coba kaitkan berdasarkan teori-teori yang ada.

Ilmuawan menggambarkan manusia memiliki dua sisi alam kesadaran, yaitu Alam Sadar dan Alam Bawah Sadar. Kondisi ini diilustrasikan seperti bongkahan es raksasa di tengah lautan seperti ini :



Sisi bagian atas adalah sisi alam sadar kita, yang berisi ingatan reguler kita seperti nama, alamat, kapan mulai sekolah, siapa mantan ketiga, berapa harga beras sekarang, dan yang lainnya. Sedangkan bagian bawah adalah Alam Bawah Sadar, berisi tentang ingatan-ingatan yang lama terlupakan, ingatan mimpi, ingatan yang kita tidak sadar telah mengingatnya, dan yang lainnya. Jadi mungkin sebagian mimpi kita yang terlupakan berpindah ke alam sadar kita gan atau sebaliknya dan suartu saat ingatan itu bisa muncul kapan saja. Ini lah DeJavu.

Saat kondisi kelahan yang dialami TS malam itu, kegiatan SleepWalking diterjemahkan sebagai memori mimpi oleh otak. Karena otak terlalu lelah dan oleh sebab itulah otak membuat malfungsi ini. Inilah mungkin yang dianggap otak sebagai memori yang harus ditempatkan di alam bawah sadar bahwasanya TS yang bangun, berdiri, dan berjalan berpindah lokasi tempat tidur, dianggap sebagai dari episode mimpi dikarenakan otak tidak sanggup atau terlalu lelah menerjemahkan itu sebagai kejadian nyata dan seharusnya ada pada memori reguler. Begitu teroi saya kira-kira gan.


Quote: Terus, Gangguan ini bahaya gak?

Gangguan ini sebenarnya bukan sebuah penyakit fisik atau malah penyakit jiwa. Nyatanya ini adalah fenomena normal manusia dalam tidur. Selama manusia masih memiliki mimpi, fenomena ini akan ada. Kondisi bahayanya juga melihat beberap faktor gan. Salah satunya faktor situasi dan aktivitas apa yang dilakukan pengidap. Fenomena ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan yang terjadi pada orang yang sedang dihipnotis. Mereka dapat diajak dialog, mengobrol, tanya jawab, dan melakukan aktivitas layaknya manusia sadar. Nah, kalau sampai kita tidur, terus berdiri, ambil kunci mobil trus nyetir kan bahaya. Jadi resiko tergantung situasi dan kondisi sekitar.



Karena kelelahan merupakan faktor utama, jadi saya saranin buat agan sista semua jaga kesehatan, kondisi, dan kualitas tidur. Kurangi juga kegiatan yang bikin agan sista stres. Terlebih otaklah yang menanggung beban terberat saat agan sista stres.

Itulah kira-kira paparan dari teori abal-abal saya. Beberapa referensi teori saya himpun dari berbagai sumber mohon maaf ga bisa saya include di mari, karena terlalu banyak.


Quote: Intisari
Tentunya saya sangat takjub dengan ciptaan Allah SWT. Bahkan manusia yang diciptakan dari saripati tanah memiliki otak yang fungsinya sangat luar biasa. Saya yakin hanya 30% dari rahasia otak kita yang dapat dieksplor. Masih banyak fenomena yang belum terjangkau ilmu manusia. Selebihnya, Hanya Allah lah yang tau.


Terimakasih sudah mampir di mari gan. Semoga bermanfaat buat agan sista semua. Wassalam



SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi