TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

Rekayasa Genetik Di Sekitar Kita


Quote: Hallo gan, sudah sarapan pagi ini? Atau sedang sarapan ketika membaca artikel ini? Pernahkah sobat berfikir darimana daging & telur ayam yang anda makan berasal? Yah, dari peternakan tentu saja! Sebaiknya sobat tahu bahwa ayam pedaging sudah bisa dipanen pada umur 5-6 minggu. Sedangkan ayam petelur menghasilkan telur setiap hari. Tentu ini sangat berbeda dengan ayam kampung yang baru cukup besar setelah satu tahun, dan bertelur ketika kimpoi saja. Mengapa bisa demikian? Karena ayam pedaging adalah jenis ayam hasil rekayasa genetik .

Apa Itu Rekayasa Genetik?
Quote:
Rekayasa genetika adalah gambaran dari bioteknologi yang di dalamnya meliputi manipulasi gen, kloning gen, DNA rekombinan, teknologi modifikasi genetik, dan genetika modern dengan menggunakan prosedur identifikasi, replikasi, modifikasi dan transfer materi genetik dari sel, jaringan, maupun organ .

Sebagian besar teknik yang dilakukan adalah memanipulasi langsung DNA dengan orientasi pada ekspresi gen tertentu. Dalam skala yang lebih luas, rekayasa genetika melibatkan penanda atau marker yang sering disebut sebagai Marker-Assisted Selection yang bertujuan meningkatkan efisiensi suatu organisme berdasarkan informasi fenotipnya .

Hewan dan tumbuhan dan organisme lain yang dimodifikasi secara genetik bisa eksis sekarang ini karena DNA mereka telah diubah dan digabungkan dengan DNA lain untuk menciptakan seperangkat gen yang sama sekali baru.

Sobat boleh jadi tidak menyadarinya, namun banyak di antara organisme yang dimodifikasi secara genetik ini telah menjadi bagian dari kehidupan Anda sehari-hari—dan makanan Anda sehari-hari. Sekarang ini, 45 persen dari jagung di AS dan 85 persen dari kedelai AS direkasaya secara genetik, dan diperkirakan 70 hingga 75 persen dari makanan olahan yang tersedia di toko-toko kebutuhan sehari-hari mengandung muatan yang direkayasa secara genetik.

Tujuan Rekayasa Genetik.

Riset atau penelitian Transgenik tidaklah murah, setiap organisme transgenik memiliki tujuan mengapa mereka diciptakan. Diantaranya :

Quote: Bisnis

Ayam pedaging, semangka tanpa biji, apel berdaging lunak adalah contoh modifikasi gen untuk kepentingan bisnis. Dengan membuat organisme yang memiliki keunggulan lebih dan panen lebih cepat. Tentu lebih laku dan bisa mencukupi kebutuhan pasar.

Hobbies

Berbagai macam Flora/Fauna hias, dengan bentuk unik, bahkan belum pernah ada sebelumnya. Dan mereka memang tidak bisa di biakkan secara alami. Untuk reproduksi, tentu harus ada campur tangan manusia.

Perbaikan Keturunan.

Beberapa organisme dibuat lebih kebal terhadap serangan hama maupun penyakit, agar jauh dari ancaman punah. Walau begitu tetap ada dampak buruknya.

Misal dengan kekebalan super, hama/penyakit yang meyerang organisme tersebut bisa berevolusi menjadi super pula.

Kesehatan

Beberapa jenis tumbuhan dimodifikasi agar menghasilkan lebih banyak vitamin, dan mengurangi toksin.

Nah.. Berikut ini kami sajikan beberapa organisme hasil modifikasi gen yang sudah menjadi bagian dari keseharian kita :

Quote: Ayam Broiler

Seperti yang disebutkan diatas, ayam ini bisa siap panen hanya dalam 5-6 minggu. Dengan bobot panen 1-2kg/ayam


Ayam Petelur

Ayam ini bisa menghasilkan telur tiap hari, dengan ransum khusus untuk merangsang produktivitas telur


Semangka, Melon, Pisang Tanpa biji.

Buah-buahan lezat ini dimodifikasi agartidak memiliki biji didalam daging buahnya, sehingga lebih mudah dimakan.


Ikan Salmon

Meski belum lama dikembangkan, kemungkinan ikan salmon Transgenik ini akan menjadi komoditi pangan favorit setelah ayam. Berikut perbandingan ukuran ikan salmon alami dan Transgenik pada umur yang sama.


Jagung bertongkol dua

Satu batang tanaman jagung bisa menghasilkan 2-3 tongkol jagung dengan karakterristik jagung yang jumbo dan biji besar. Dan juga lebih tahan serangan ulat, karena biji jagung dimodifikasi menghasilkan bakteri yang tidak disukai ulat pemangsanya.


Tomat Tahan Lama.

Pernah beli tomat di pasar?

Lalu anda lupa memasaknya hingga minggu depan, dan ternyata daging tomatnya belum menunjukkan tanda-tanda pembusukkan. Nah tomat yang anda beli adalah hasil Transgenik, yang sekarang benih-benih tanaman transgenik ini sedang populer dikalangan petani karena hasil panen yang lebih baik.

Kucing Neon

Mungkin sobat baru dengar, dan belum pernah melihatnya. Tetapi sobat harus percaya bahwa kucing jenis ini benar-benar ada. Kucing ini telah dimodifikasi dengan menanamkan fosfor didalam bulu-bulunya. Sehingga bisa menyala dalam gelap setelah menyerap cahaya.

Dan dikalangan Hobbies kucing jenis ini cukup populer.


Oke sobat, hasil Rekayasa Genetika memang masih menuai banyak pro-kontra. Tetapi apapun itu sebaiknya anda memiliki keputusan sendiri untuk menyikapi semakin banyaknya organisme Transgenik di sekitar kita.


SUMBER


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi