TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

Kisah Mistis Bung Karno Kelabui Kejaran Tentara Belanda

Soekarno memang memiliki banyak cerita yang dianggap lekat dengan aroma mistis. Di tahun 1947 sampai 1948 meletuslah agresi militer Belanda pertama yang memaksa Presiden karismatik itu untuk menghindar dan bersembunyi dari kejaran tentara Belanda. Sebuah rumah yang sempat menjadi tempat pelarian Bung Karno pasca kemerdekaan RI menyisakan kisah tersendiri yang penuh misteri.

Rumah tersebut merupakan kediaman dari KRT S Purbodiningrat. Tempat tinggal yang berada di jalan Patangpuluhan 22, Wirobrajan, Daerah Istimewa Yogyakarta ini memang menjadi salah satu bagian saksi sejarah perjuangan rakya Indonesia. Sang ahli waris, Anggrita Salestiani mengatakan rumah tempat persembunyian bung Karno ini dimanfaatkan sebagai tempat rapat serta koordinasi pemerintahan.
Kisah Mistik Soekarno Tak Terlihat Oleh Pasukan Belanda
Rumah persinggahan dan persembunyian Soekarno, Patangpuluhan 22 DIY
Ia juga bercerita bahwa seorang paranormal yang dikenal dengan nama Leo Soemanto pernah mengisahkan bahwa saat itu pernah suatu ketika rumah tersebut tidak terlihat oleh pasukan Belanda. Disaat akan menangkap Bung Karno, tentara Belanda sangat keheranan sebab kediaman tersebut dapat dilihat ketika jarak masih jauh, namun ketika mendekat ternyata tidak ada sama sekali.

"Pak Leo bilang ketika zaman Belanda dulu rumah ini seperti lapangan. Jadi saat pesawat militer lewat nggak nampak ada bangunan rumah. Dari depan kediaman pun nggak keliatan ada rumah. Tentara Belanda cuma lewat aja, padahal Bung Karno ada disitu". Demikian keterangan Amgrita.



Baca juga: kisah misteri cerita mistis kamar Bung Karno

Dirinya juga membagikan sebuah kisah peristiwa unik hilangnya rumah yang dialami oleh salah satu keluarga. Kala itu kerabat dari luar kota hendak berkunjung ke tempat KRT Purbodiningrat. Anehnya sewaktu sampai di depan rumah, tiba-tiba saja kediaman yang dituju menjai tak nampak. Dicari-cari tidak ketemu juga. Akhirnya saat kembali lagi ke tempat semula, rumah tersebut terlihat lagi dan sang tamu pun dapat masuk ke dalam.

Amggrita menduga bila waktu-waktu tertentu ada kemungkinan rumah bersejarah ini memang tak terlihat dari luar. Meskipun demikian, selama menempati rumah seluas 4.213m persegi tersebut dirinya belum pernah mengalami keanehan atau fenomena kejadian mistis apapun.
Cerita Mistis Bung Karno Melawan Tentara Belanda
Rumah bersejarah KRT S Purbodiningrat
Kondisi kediaman yang selesai dibangun pada tahun 1938 ini struktur bangunannya masih tetap kokoh. Ketika dulu terkena gempa, bagian atas genteng pernah melorot dan jatuh. Hanya itu saja yang diganti. Sementara bagian lainnya secara keseluruhan masih asli termasuk lantainya juga sama persis sewaktu dulu dibangun.

Demikianlah artikel kisah mistis Bung Karno kelabui kejaran tentara Belanda. Sebuah misteri yang tentu saja membuat siapa saja penasaran akan kebenarannya. Apakah kejadian nyata atau hanyalah sebuah cerita yang disisipi nuansa gaib saja?


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi