TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

Ini nih kumpulan JRPG (Japan Role Playing Games) yang keren di Playstation..!!


Quote: Playstation dan JRPG (Japanese Role-Playing Games) merupakan dua hal yang tidak dapat terpisahkan. Saat mesin yang menandai debut Sony berkancah di dunia game tersebut menikmati kejayaannya, begitu pula dengan JRPG. Banyak sekali judul-judul JRPG berkualitas yang hadir di konsol yang lazim disebut PSX tersebut. Para penggemar JRPG benar-benar dimanjakan oleh judul-judul JRPG berkualitas yang hadir silih berganti. Walau sebagian besar hadir dengan kualitas graphic yang masih sederhana bahkan cenderung 2D, tapi kompleksitas cerita, gameplay yang unik, karakterisasi tokoh yang kuat serta kisah romansa antar tokohnya membuat JRPG memiliki basis fans yang cukup besar. Sayang perlahan namun pasti, seiring berkembangnya teknologi game, JRPG semakin tergerus dan menghilang. Tuduhan bahwa para developer hanya mengejar kualitas graphic dan mengabaikan kompleksitas cerita serta gameplay pun menyeruak. Berikut ini beberapa game JRPG terbaik yang pernah hadir di consol PSX.

Quote: 28. Legend of Mana (1999) Developer: Squaresoft
Publisher: Squaresoft
Quote: Bagi penggemar seri Mana, pasti kenal dengan game ini. Legend of Mana merupakan seri ke 4 dari saga Mana. Gameplaynya sedikit berbeda dari seri sebelumnya. Player akan diberi kebebasan dalam menentukan lokasi worldmap dengan sistem yang disebut "landmaker" membuat player diberi kebebasan dalam menentukan struktur dunia. Hal ini akan memberikan banyak alternatif plot cerita dramatis yang bisa dimainkan. Ceritanya berkisah di dunia yang bernama Fa 'Diel dimana Tree of Mana yang memberi support kehidupan terbakar habis dan menyebabkan kekacauan disana.


Quote: 27. Digimon World (1999) Developer: Bandai
Publisher: Bandai
Quote: Game ini merupakan adaptasi dari anime Digimon yang populer waktu itu. Sesuai dengan animenya, gameplaynya kita berperan sebagai Hiro seorang Digi-trainer yang memelihara Digimon dari berbentuk telur, kemudian melatihnya bertarung. Misi Hiro adalah menyelamatkan Digimon World dari kehancuran. Hal itu dilalui dengan menjalani berbagai pertarungan dengan digimon lain yang lebih kuat. Game ini mendapat banyak kritikan karena dianggap hanya layak dimainkan oleh penggemar Digimon saja.


Quote: 26. Alundra (1997) Developer: Matrix Software
Publisher: Sony Computer Entertaintment
Quote: Alundra merupakan sebuah game action-RPG yang menceritakan petualangan seorang elf muda bernama Alundra. Dia seorang sleepwalker, seseorang yang mempunyai kemampuan memasuki mimpi orang lain, yang berusaha melawan sosok jahat bernama Melzas. Game ini mempunyi ciri khas yaitu cerita yang gelap, suram dan penuh plothole. Selain itu menu utama dari game ini adalah puzzle-puzzle yang bertebaran yang siap memutar otak kita.


Quote: 25. Star Ocean The 2nd Story (1998) Developer: tri-Ace
Publisher: Enix
Quote: Game ini merupakan salah satu franchise andalan Enix sebelum bergabung dengan Squaresoft menjadi Square-Enix. Dan merupakan instalmen kedua dari seri Star Ocean yang dirilis untuk Super Famicom. Saat memulai game, player dapat memilih dua karakter yaitu Claude atau Rena, dimana masing-masing pilihan akan menentukan jalannya quest dan ending. Yang membedakan dengan RPG lain, saat battle, player mempunyai kontrol penuh terhadap karakter yang dimainkan. Tidak dibatasi oleh petak-petak seperti sistem grid-based.


Quote: 24. Arc The Lad (1995) Developer: G-Craft
Publisher: Sony Computer Entertaintment
Quote: Arc The Lad merupakan tactical-RPG dimana saat battle para karakter hanya bisa bergerak sesuai dengan petak-petak yang telah ditentukan. Karakter bisa menyerang musuh jika musuh telah berada di petak-petak tersebut, begitu pula sebaliknya. Mirip-mirip dengan catur. Plotnya menceritakan seorang pemuda bernama Arc yang menyelamatkan seorang gadis bernama Kukuru yang sedang dikejar monster bernama Arc Ghoul. Arc ternyata sedang berusaha mencari ayahnya yang hilang misterius. Sequelnya, Arc The Lad II dirilis setahun kemudian.


Quote: 23. Legend of Legaia (1998) Developer: Contrail
Publisher: Sony Computer Entertaintment
Quote: Legend of Legaia mengambil plot di sebuah negara bernama Legaia, dimana manusia hidup damai bersama dengan makhluk yang memiliki kekuatan magic bernama Seru. Sayangnya ada kekuatan jahat yang membuat Seru berubah menjadi monster ganas sehingga mengancam manusia. Cerita berfokus pada pemuda bernama Noah, bersama teman-temannya berusaha menumpas kekuatan jahat tersebut. Game ini bergenre RPG turn-based, dengan graphic full 3D, sayang masih kelihatan kotak-kotak.


Quote: 22. Saga Frontier 2 (1998) Developer: Squaresoft
Publisher: Squaresoft
Quote: Saat pertama kali kita melihat game ini, langsung terlihat keunikannya. Yup, graphicnya merupakan render 2D layaknya lukisan yang dilukis menggunakan cat air. Indah dan artistik. Gameplay-nya menggabungkan dua elemen yaitu turn based dan strategy perang. Selain berpetualang menyelesaikan quest dan bertarung dengan berbagai monster, kita juga dihadapkan dengan peperangan ala game strategy RTS. Tidak terlalu kompleks memang namun tetap membutuhkan racikan taktik yang jitu.


Quote: 21. Thousand Arms (1997) Developer: Red Company
Publisher: Atlus
Quote: Thousand Arms adalah game action role-playing yang menggabungkan fitur dating sims. Dating sims? Yak!! Selain menyelesaikan quest, player juga dapat menjalin hubungan spesial dengan sejumlah karakter cewek. Kita berperan sebagai Meis Thriump, seorang remaja ahli senjata yang berusaha melawan Dark Acolytes, organisasi jahat yang berniat menghancurkan dunia. Selain pintar bertarung, ternyata Meis juga mata keranjang, padahal disisinya ada Sodina Dawnfried, cewek cantik jagoan yang menemaninya berpetualang.


Quote: 20. Revelations: Persona (1996) Developer: Atlus
Publisher: Atlus
Quote: Game ini merupakan seri kedua dari serial Shin Megami Tensei. Tidak seperti game RPG lainnya yang mengambil setting kerajaan atau medieval, game seri Shin justru bersetting di jaman modern dengan tokoh anak-anak remaja sekolah. Plotnya menceritakan tiga anak bernama Hidehiko, Masao dan Yuka yang mendapatkan kekuatan untuk men-summon Persona, makhluk astral yang tersembunyi dalam diri. Model battle-nya menggunakan sistem grid-based dimana masing-masing karakter hanya bisa bergerak dan menyerang di petak area yang telah ditentukan.


Quote: 19. Rhapsody: A Musical Adventure (1998) Developer: Nippon Ichi Software
Publisher: Atlus
Quote: Kalau dari gameplay dan story-nya, game ini seperti tactical RPG lainnya dengan sistem grid-based battle. Yang membuat unik, game ini lebih mirip game musikal ala film-film Disney dengan dihiasi berbagai lagu lewat cutscene, lengkap dengan vocal-nya. Satu keunikan lagi dari game ini, hampir semua karakter game ini adalah cewek-cewek. Plotnya menceritakan seorang gadis bernama Cornet yang berusaha menyelamatkan pangeran pujaannya yang bernama Ferdinand yang dikutuk menjadi batu oleh Marjorly, sang penyihir wanita jahat. Apakah RPG buat para gamer cewek? Mungkin.


Quote: 18. Vandal Hearts (1996) Developer: Konami
Publisher: Konami
Quote: Vandal Hearts merupakan tactical RPG dimana memuat banyak sekali elemen-elemen strategi perang didalamnya dengan storyline penuh lika-liku politik kerajaan. Karakter dalam game terbagi dalam beberapa kelas seperti swordman, pemanah, penyihir, dan lainnya. Tidak ada kelas yang terkuat disini karena tiap kelas bisa saja dominan terhadap kelas lain tapi lemah terhadap kelas tertentu. Plotnya menceritakan seorang prajurit Republic of Ishtaria bernama Ash Lambert yang mencium adanya konspirasi tingkat tinggi di pemerintahan kerajaan.


Quote: 17. Grandia (1999) Developer: Game Arts
Publisher: SCEA, Ubisoft
Quote: Grandia awalnya dirilis untuk Sega Saturn tahun 1997, kemudian di port ke Playstation tahun 1999. Game ini lumayan revolusioner karena mekanisme bertarungnya yang memperkenalkan berbagai fitur baru seperti preemtive strike dan initiative strike, yang bisa dilakukan dengan cara mendekati musuh / monster dari belakang. Plotnya menceritakan seorang pemuda bernama Justin, bersama teman-temannya yaitu Sue, Fina dan Gadoin berpetualang memecahkan misteri sebuah peradaban yang hilang.



NOW LOADING.!!! ..PLEASE WAIT...



Quote: Sumur:
https://en.wikipedia.org




SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi