TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

Dua Fenomena Ajaib Pontianak

HARI TANPA BAYANGAN DAN TELUR BERDIRI GAN!!!

Anda pernah ke Pontianak atau pernah tinggal di Pontianak, atau memang warga Pontianak pasti sudah tau fenomena apa saja yang terjadi di Pontianak pada bulan September setiap tahunnya.





Setiap tahun fenomena hari tanpa bayangan matahari diperingati di Pontianak, Kalimantan Barat.
Fenomena "tanpa" bayangan yang terjadi dua kali setiap tahun ini biasa disebut dengan kulminasi Matahari. Kulminasi adalah fenomena ketika matahari tepat berada di garis khatulistiwa.
Pada saat itu, posisi matahari tepat berada di atas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda di permukaan bumi. Pada peristiwa kulminasi tersebut, bayangan Tugu Khatulistiwa akan menghilang beberapa detik. Demikian juga dengan bayangan benda-benda lain di sekitar tugu.
Semua benda tidak memiliki bayangan di setiap peringatan kulminasi Matahari yang terjadi setiap 21-23 Maret dan 22-23 September setiap tahun. Bayangan di Pontianak 'menghilang' pada pukul 11.36 WIB. Saat itu Matahari berada tepat di garis khatulistiwa. Hal ini yang membuat bayangan benda-benda di Pontianak seakan menghilang.
Meghilang disini bukan berarti kabur ya gan, tapi bayangan tersebut tepat berada di bawah kita dan benda-benda lain. Jadi kalau agan dan aganwati sekalian meletakkan kertas atau benda-benda datar lainnya di sekitar Tugu Khatulistiwa, maka bayangannya nggak akan keliatan gan.

Selain fenomena hari tanpa bayangan, ada juga fenomena unik yang lain gan, yaitu fenomena telur yang bisa berdiri.
Kebayang nggak gan kalau dirumah atau dihalaman rumah agan telur bisa berdiri, pasti serem banget kan?????
Tapi sayang gan, fenomena seperti ini cuma ada di Pontianak aja.




Fenomena ini terjadi pada tanggal 23 September setiap tahunnya, tepat saat titik kulminasi berlangsung.
Keunikan fenomena alam ini sering dijadikan momen digelarnya serangkaian kegiatan budaya yang dipadukan dengan acara ilmu pengetahuan . Salah satu kegiatan yang digelar adalah lomba mendirikan telur yang tepat dilakukan saat matahari dalam posisi tegak lurus di pusat titik equator yakni mulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 12.30 WIB.
Sayangnya fenomena telur yang bisa berdiri tersebut sampai saat ini belum diketahui apa penyebabnya.

Kedua fenomena tersebut di atas setiap tahunnya dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Pontianak dari tanggal 21-23 September di Tugu Khatulistiwa.

Agan, aganwati dan semua kaskuser tertarik menyaksikannya?????
Datang aja gan ke kota kami Pontianak-Kalimantan Barat....
Fenomena seperti ini cuma ada di Pontianak aja


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi