TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

Antikythera Mechanism, Komputer pertama di dunia?

Quote:
PEMBUKAAN

selamat siang agan - agan, ane nongol lagi mau cerita soal cerita-cerita unik dan misterius.
kali ini ane akan bahas sebuah benda yang lumayan terkenal di dunia science maupun teori konspirasi karena keberadaannya yang lumayan nyeleneh di masanya, yaitu…Antikythera Mechanism





Antikythera Mechanism

Antikythera Mechanism adalah sebuah alat yang terdiri dari rangkaian gir yang tersusun sedemikian rupa, dan membentuk sebuah alat yang memiliki fungsi. Bentuknya sih kurang lebih kayak box kayu kecil yang isinya kurang lebih ada 30 gir di dalemnya.

Benda ini pertama kali ditemuin di taun 1900, di lokasi yang namanya Antikythera. Di situ beberapa tukang selam asal yunani, yang lagi punya niat buat nyari spons laut , jajal nyelem ke bangkai kapal di kedalaman 45 meter di Antikythera. Bukan spons yang mereka temuin, malah artefak kuno ini yang mereka temuin.

Dulu mereka belom tau kalo artefaknya bakal bikin gempar dunia

Abis ditemuin sama mereka, artefaknya kemudian diserahin ke Museum Arkeologi di Athena buat diteliti. Dulu sih belom terkenal terkenal amat ini artefak. Sampe peneliti bernama Valerios Stais nyadar kalo di artefak ini, ada benda yang berwujud mirip gir. Dia pun ambil kesimpulan kalo benda ini adalah jam astronomi.

Penelitian pun dilanjutin oleh oknum bernama Derek J. de Solla Price, seorang professor dari Yale University, yang coba neliti artefak dengan metode X-ray dan Gamma ray di taun 1951. Nah dari hasil penelitian itulah, dia makin yakin kalo sebenernya Antikythera Mechanism emang sebuah jam astronomi, yang gunanya untuk ngukur pergerakan bintang dan planet.


Derek J. de Solla Price dan replika Antikythera Mechanism

Karena penelitian dari Price ini, kemudian Antikythera Mechanism banyak menarik perhatian peneliti alin. Ya karena selain bendanya yang unik, artefak ini dianggap sebagai Prochronistic, alias kelewat canggih pada masanya.
Karena menurut penelitian Price, artefak ini kemungkinan dibuat sekiar tahun 87 SM, atau kalo dari penelitian terakhir, usianya jadi lebih tua, sekitar 205 SM.





Rekonstruksi 3D Antikythera Mechanism

Jujur, pas ane nulis, ane juga kurang paham mekanisme benernya kayak gimana, tapi ane coba jabarin pake bahasa singkat aja....

Kurang lebih sistem kerjanya Antikythera Mechanism itu kayak gini, di dalem Antikythera Mechanism itu banyak banget gir, sekitar 30-an, dan ada lagi beberapa gir yang berserakan di sekitra artefak saat ditemuin sama penyelam. Nah hipotesisnya, tiap – tiap gir itu merepresentasiin benda di langit, terutama matahari, Bulan, bintang – bintang konstellasi alias bintang zodiak

Di bagian depan artefak, konon ada dua lingkaran besar, dimana lingkaran terluar itu gambarin 365 hari dari kalender mesir, dan lingkaran yang dalem menggambarkan posisi zodiac. Kedua lingkaran ini kemudian bakalan jadi penunjuk pergerakan matahari selama 365 hari itu. Nah di depannya juga bakalan ada jarum jam yang ngegambarin matahari, bulan, dan 5 planet utama di tata surya .Sedang di bagian belakangnya, artefak ini punya diagram gitu, buat nentuin bulan berdasarkan beberapa jenis perhitungan bulan berdasarkan Synodic Month, alias pergerakan bulan.

beberapa jenis itu adalah peredaran Metonic dan Saros sebagai yag terbesar, dan 3 buah peredaran bulan kecil lainnya yaitu Callipic, Exeligmos, dan Olympiad. peredaran Olympiad ini gunanya buat nentuin kapan Olimpiade Yunani bakal digelar.

bayangannya kayak jam dinding, agan mau liat posisi matahari dan bulan di tanggal 17 agustus, kemudian agan puter engsel sampe jarum matahari nunjuk ke tanggal 17 agustus, nah nanti otomatis jarum bulan dan jarum planet bakal ngarahin dimana posisi mereka dari matahari dan bumi, kalo kita rujuk bumi sebagai pusat. selain itu, otomatis, di panel belakang, agan bakal dapet tanggalan hari berdasarkan peredaran bulan - bulan yang namanya susah itu

Pusing? Sama, ane juga……..





Diagram isi dari Antikythera Mechanism

Udah baca sistem kerjanya gan? Sekarang agan bayangin….

200 tahun sebelom masehi, jaman Caesar masih demen perang alih – alih joget

Udah ada yang berhasil bikin benda sekompleks dan se-maju ini

Selain itu, kan udah dijelasin kalo mesin ini gunanya buat menentuka pergerakan benda langit. Sekarang yang harus dipahami adalah, kadang pergerakan benda langit seperti bulan itu nggak konstan. Dia bisa bergerak lebih cepat ataupun lebih lambat. Dan mesin ini dibuat untuk memprediksi gerakan tersebut.

Makanya, peneliti daulatin Antikythera Mechanism sebagai Komputer pertama di Dunia

Misteriusnya, menurut beberapa peneliti, pada jaman segitu, yang bisa disebut Hellenistic Age, belum ada mekanisme yang kerumitannya menyaingi Antikythera Mechanism, baik dari artefak maupun literature yang ada.

Alias, Antikythera Mechanism jadi satu – satunya benda dengan mekanisme kayak gitu di jaman segitu.

Sekarang pertanyaannya, yang buat dapet ilmu dari mana?



Quote:
PENUTUP

Yak sekian dulu dari ane. Begitulah misteri artefak Antikythera Mechanism yang luar biasa ribet.

namanya juga misteri, masih belom mutlak mana yang bener atau salah.

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi