TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

79 hal tentang bayi yang mungkin agan belum tau

detik2 hadirnya seorang bayi mungil kedunia adalah moment yang ditunggu2 dan tak akan dilupakan sebagian besar pasangan didunia, kemajuan tekhnologi dan informasipun makin banyak menguak fakta2 yang mengejutkan seputar proses perkembangan seorang bayi sejak di kandungan hingga masa2 awalnya hidup kedunia, mungkin masih banyak sekali hal2 misterius tentang bayi yang belum terkuak, namun kali ini ane akan sedikit merangkum beberapa info kejadian unik dan fakta tentang bayi yang telah mereka ungkap kebenarannya melalui penelitian2 dan hipotesa2 panjang yang hasilnya mengubah pandangan dunia tentang siklus kehidupan 9 bulan manusia dalam rahim serta di awal2 tahun kehidupannya. tanpa panjang lebar, inilah 79 hal tentang bayi yang mungkin agan belum tau



1. Seorang bayi manusia memiliki 60 lebih lebih tulang daripada orang dewasa.

2. Seorang bayi yang baru lahir memiliki sekitar satu cangkir darah di tubuhnya



3. di negara2 barat bayi Dari lahir sampai bisa ketoilet sendiri , membutuh 8000 kali ganti popok

4. Bayi dilahirkan dengan tidak ada bakteri dalam tubuh mereka.

5. jika dikalkulasi, orang tua melewatkan 6 bulan waktu tidurnya sejak bayi lahir hingga berumur 2 tahun, dimana anak2 sudah bisa tidur sendiri

6. saat baru mulai melihat , bayi hanya mampu melihat dengan 2 warna, yaitu hitam dan putih

7. penelitian mengatakan Menyusui bayi dapat mengurangi 22% risiko seorang wanita terkena penyakit Alzheimer,



8. Ahli saraf meyakini bayi tidak bermimpi untuk beberapa tahun pertama kehidupan mereka.

9. Sampai akhir tahun 1985, dokter percaya bayi tidak merasa sakit dan dilakukan operasi tanpa anestesi.

10. lebih dari 100.000 bayi lahir kecanduan kokain setiap tahun di AS, karena ibu mereka menggunakan obat2an saat kehamilan.

11. banyak penelitian menunjukkan Bayi prematur terlahir sebagai kidal,


12. James Harrison telah menyumbangkan darah lebih dari 1.000 kali untuk menyelamatkan lebih dari 2 juta bayi yang belum lahir dari penyakit Rhesus

13. Setiap 30 detik, bayi cacat lahir di Cina.

14. Lebih dari 90% wanita yang khawatir jika bayi mereka lahir dalam keadaan Down Syndrome(keterbelakangan mental ), memilih aborsi daripada menjaga bayi mereka.

15. pada tahun 2005 Seorang bayi lahir kembar siam, dengan 2 kepala namun meliki 1 tubuh. Kepala kedua bisa berkedip dan tersenyum.
16. Bayi lahir dengan kesadaran diri yang memungkinkan mereka untuk membedakan tubuh mereka dari orang lain.

17. Seorang bayi berumur 20 bulan resmi menjadi pemain sepak bola profesional termuda yang pernah, setelah dikontrak oleh klub Belgia.

18.Selama kehamilan, jika ibu menderita kerusakan organ, bayi dalam kandungan akan mengirimkan sel induk untuk memperbaiki organ yang rusak.

19. entah buat apa,di Amerika pada tahun 1920-an, banyak orang yang membuat "kandang bayi" di mulut jendela rumah mereka

20. Brasil mendistribusikan ASI wanita di seluruh negeri untuk bayi yang ibunya tidak dapat menyediakan untuk mereka.sungguh mulia ya gan


21. Antara tahun 1838 dan 1960, lebih dari setengah foto yang diambil adalah foto bayi.

22. Setiap tahun, sekitar satu juta janin yang diaborsi dan puluhan ribu bayi perempuan yang dibuang di China karena kebijakan satu anak perkeluarga di negara itu.

23. Seorang wanita dari Michigan melahirkan bayi-bayinya di tanggal 8/8/8, 9/9/9
dan 10/10/10

23. 1 di 5.000 bayi lahir didunia tanpa memilik anus

24. Otak bayi dapat menggunakan hingga 50% dari total lpasokan glukosa dalam tubuhnya, hal ini menjelaskan mengapa bayi menghabiskan banyak waktunya untuk tidur

25.Inggris adalah negara pertama di dunia yang memungkinkan penciptaan bayi dari tiga DNA manusia.

26. Di Jepang, ada kontes sumi yang unik , di mana pegulat sumo bersaing, siapa yang membuat bayi menangis pertama kali

27. Tingkat kelahiran bayi kembar telah meningkat 76% kurun waktu sejak tahun 1980.

28. sebuah gempa 8,0 skala hikter memporak porandakan Mexico City pada tahun 1985, dan salah satu bangunan rumah sakit yg hancur mengubur banyak bayi didalamnya, dan ajaibnya sebagian besar dari mereka selamat walau mereka tidak makan,diberi kehangatan dan bersentuhan dengan perawat selama 7 hari dibawah reruntuhan

29. Islandia dan beberapa negara-negara lain memiliki aturan resmi tentang pemberian nama pada bayi baru lahir.

30. Bernapas Lebih Cepat

Seorang bayi yang baru lahir bernapas jauh lebih cepat dibandingkan orang de-wasa atau anak-anak. Tingkat pernapasan normalnya sekitar 40 kali per menit, sedangkan pada orang de-wasa bernapas antara 12 hingga 20 kali per menit.

31. Punya 10 Ribu Titik Pengecap Rasa

Bayi yang baru lahir mempunyai 10 ribu titik pengecap rasa. Jumlah tersebut jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan yang dimiliki orang de-wasa. Nah, titik-titik pengecap rasa tersebut selain ada pada lidah bayi, ada juga di bagian sampingnya, bagian belakang dan juga langit-langit mulutnya. Tapi seiring pertumbuhannya, titik-titik dari pengecap rasa di mulut si kecil akan menghilang, sehingga tidak lagi sebanyak itu.

32. Perutnya Kecil

Bayi memiliki sebuah perut yang sangat kecil. Saat ia masih berusia satu hari, ukuran dari lambung bayi ini sebesar biji kemiri. Sebab itu, ibu tidak perlu memberinya susu tambahan jika ASI ibunya masih sedikit. Pada usia 3 hari, lambung bayi akan meningkat ukurannya jadi seukuran anggur dengan ukuran sedang. Dalam masa tersebut, ASI ibu biasanya mulai banyak.

33. Kepala Tidak Rata

Umumnya bayi yang baru lahir punya kepala tidak rata & berbentuk lonjong. Mereka yang lahir lewat persalinan normal biasanya memiliki bentuk kepala lonjong meruncing, hal tersebut terjadi karena di saat lahir, bayi lewat jalan lahir. Tapi bentuk kepalanya masih bisa berubah. Oleh karena itu bayi disarankan agar tidak terlalu banyak menghabiskan waktunya di satu posisi.

34. Ubun-Ubun Menutup Saat Usia 6-20 Bulan

Perhatikan kepala bayi Anda yang baru lahir, pasti Anda akan menemukan bagian yang cukup lunak dan terkesan rapuh. Itulah yang disebut anterior fontanel ataupun ubun-ubun. Ubun-ubun ini muncul karena tulang-tulang kepala bayi belum dapat menyambung satu sama lain. Pada umumnya, ubun-ubun akan menutup apa usia 6-20 bulan. Apabila ubun-ubun ini terlalu cepat menutup, maka tulang-tulangnya yang bersambungan akan menutup juga.

35. Kondisi Ubun-Ubun Bisa Jadi Petunjuk Dehidrasi

Bayi yang kekurangan cairan ataupun dehidrasi dapat ditunjukkan lewat kondisi anterior fontanel ataupun ubun-ubun yang biasanya tampak di kepala bagian depan. Apabila ubun-ubun melesak ke bawah, itu tandanya bayi dehidrasi sehingga harus segera Anda bawa ke dokter. Sedangkan jika ubun-ubun si kecil menonjol terus, ini dapat menjadi pertanda adanya sebuah peningkatan tekanan di dalam kepalanya.

Â

36. Bersin-Bersin Bukan Berarti Sakit

Beberapa bayi yang baru lahir kerap bersin beberapa kali di dalam rentang waktu yang cukup singkat. Bahkan dalam beberapa menit setelah ia dilahirkan, bayi bisa bersin-bersin. Ini sebenarnya tidak selalu pertanda sakit, tapi sensitivitas ekstra yang dipunyai bayi terhadap kondisi di sekelilingnya. Bisa saja itu merupakan respons untuk dapat menghalau partikel asing kecil pada saluran hidungnya. Saat ia menyesuaikan diri dengan adanya cahaya, bayi juga dapat bersin. Bersin juga dapat terjadi sebagai mekanisme tubuh bayi dalam menyingkirkan len-dir atau sisa cairan ke-tuban di dalam pernapasannya. Baca juga: 6 Masalah Kesehatan Bayi Yang Baru Lahir.

37. Otak Bayi Berkembang Dengan Sangat Cepat

Setelah lahir otak manusia akan tumbuh dengan pesat & bahkan sudah mencapai ukuran 60% dari ukuran otak de-wasa saat dia mencapai usia sekitar 1 tahun. Saat memasuki usia taman kanak-kanak otaknya sudah mencapai ukuran penuh meskipun belum selesai berkembang hinggad ia berusia 20-an tahun. Secara umum, otak tidak pernah berhenti untuk berubah menjadi lebih baik ataupun justru lebih buruk. Baca juga: 10 Nutrisi Untuk Perkembangan Otak Anak.

38. Mengoceh Adalah Sinyal Bayi Belajar

Bayi biasanya akan mengeluarkan suara untuk dapat menyampaikan ketertarikannya kepada sesuatu. Secara khusus mengoceh ini merupakan sinyal yang diberikan oleh bayi bahwa dia siap untuk belajar. Karena itulah salah satu hal simple yang dapat membuat bayi Anda belajar ialah dengan sering mengajaknya berbicara, banyak dialog yang baik dan benar dengan anak serta orangtua juga harus merespons ucapan bayinya dengan vokalisasi berjeda.

39. Bayi Butuh Sedikitnya 3 Orang Berbeda

Sebuah studi ilmiah yang dilaporkan di dalam jurnal Monographs of-the Society for Research in Child Development pada tahun 1995 membuktikan bahwa bayi membutuhkan sedikitnya 3 orang de-wasa yang mengajaknya untuk berinteraksi. Hal tersebut membuktikan bahwa bayi Anda membutuhkan orang de-wasa lainnya selain orang tuanya sendiri. Orang de-wasa ini bisa saja kakek, nenek, pengasuhnya, teman ataupun anggota keluarga lainnya. Kondisi seperti ini akan membantu bayi Anda belajar untuk membaca ekspresi wajah orang yang berbeda-beda serta untuk memperluas kemampuannya dalam mengerti perspektif orang lain. Pada umumnya bayi mulai dapat mengartikan emosi orang de-wasa saat ia berusia 7 bulan.

40. Wajah Bayi Berubah

Saat bayi Anda baru saja lahir, mungkin Anda akan dapat melihat wajahnya yang sedikit bengkak. Ini merupakan sebuah akibat dari akumulasi cairan saat ia masih berada di dalam kandungan ditambah perjalanan yang tidak mulus saat melalui jalan lahir untuk kemudian ia lahir ke dunia. Terkadang daun telinga bayi yang baru lahir sedikit terlipat, hidungnya tampak datar, atau rahangnya yang terlihat sedikit bengkok. Karena hilangnya cairan ekstra yang didapatkan di dalam rahim serta hilangnya trauma ketika lahir, perlahan wajah bayi Anda akan berubah. Setelah beberapa hari kemudian atau beberapa pekan, mungkin buah hati akan semakin mirip wajahnya dengan Anda dan suami.

41. Pay-udara Sedikit Membengkak

Bayi laki-laki ataupun perempuan lahir dengan pay-udara yang sedikit membengkak. Hal ini dikarenakan bayi dapat menerima asupan hormon perempuan yang berasal dari plasenta sebelum kelahirannya.

42. Bayi Bisa Keputihan

Bayi perempuan Anda yang baru saja dilahirkan mungkin saja mengeluarkan cairan yang tak berwarna ataupun berwarna putih seperti warna keputihan dari organ geni-talnya. Padahal umumnya yang dapat mengalami keputihan ialah wanita de-wasa. Apabila bayi perempuan Anda mengalaminya, sebaiknya Anda tidak perlu cemas. Dr I Gusti Ayu Nyoman Partiwi, SpA MARS di dalam buku 'Anak Sehat : 100 Solusi Sehat Dr Tiwi' menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan hal yang normal. Bahkan pernah terjadi juga beberapa bayi yang baru lahir mengeluarkan darah, seperti layaknya darah haid. Baca juga: 20 Tips Perawatan Bayi yang Baru Lahir.

43. Tangan Yang Dominan Digunakan

Tangan kanan atau tangan kiri yang nantinya akan dominan digunakan oleh bayi telah ditentukan sejak usia kehamilan ibunya 10 minggu di dalam rahim.

44. Kepala Teraba Panas

Terkadang kepala bayi Anda sering terasa panas. Itu masih terhitung wajar, sebab pada bayi, kulit bagian kepalanya memang relatif lebih tipis & kulit bagian lain serta terdapat banyak pembuluh darah di bagian bawahnya. Tapi ingat, bagian kepala yang teraba hangat pada bayi belum tentu demam. Suhu yang normal pada tubuh bayi adalah 36,5 hingga 37,5 derajat celcius. Apabila anak Anda demam melebihi suhu tersebut & diiringi dengan pengurangan naf-su makan & minum, sebaiknya Anda segera membawa si kecil ke dokter. Ingat, ukur dulu suhu tubuh bayi dengan menggunakan termometer.

45. Wajah Lucu & Menggemaskan

Bayi menjadi lucu dan menggemaskan bukan tanpa alasan. Semua bayi dilahirkan memang lucu untuk menggugah sebuah insting melindungi dari orang de-wasa. Dalam sebuah penelitian ilmiah yang pernah dipublikasikan secara luas di tahun 2011 lalu, tim psikolog dari negara Cina dan juga dari Kanada menemukan bukti bahwa bayi dinilai lebih imut & lucu jika dibandingkan dengan anak anak. Tingkat kelucuan tersebut akan turun saat bayi Anda memasuki usia 4 tahun. Pada bayi, penampilan yang tampak lucu ini benar-benar masalah hidup & mati. Penelitian lainnya menemukan bahwa bayi yang mempunyai mata kecil, dahi datar & wajah persegi cenderung kurang mendapatkan perhatian. Baca juga: 50 Perlengkapan Bayi Baru Lahir Ini Harus Disiapkan.

46. Mengalami E-reksi

Erek-si juga dapat dialami oleh bayi laki-laki, ini umumnya terjadi sebelum si buah hati buang air kecil. Sementara itu tes-tis bayi yang baru lahir sering kali sulit dirasakan, hal tersebut karena otot yang melekat pada tes-tis menariknya ke dalam pangkal paha bayi dengan cepat saat area geni-talnya disentuh ataupun karena udara dingin.
Perawatan bayi

Image: imgkid.com

47. Sering Pipis

Lebih dari 95% bayi yang baru lahir kencing di dalam 24 jam pertamanya. Otot kandung kemih si kecil yang baru lahir belum berkembang dengan sempurna sehingga bayi baru lahir akan mulai berkemih dalam beberapa menit sekali.

48. Ingatan Bayi Sebelum 3 tahun Akan Hilang

Anak-anak tidak akan ingat banyak peristiwa yang dialaminya pada saat usianya masih di bawah tiga tahun. Psikolog menyebut hal tersebut sebagai 'amnesia kanak-kanak'. Tentang hal ini, para ahli saraf mempercayai bahwa pengalaman awal tidak akan dapat disimpan dalam bank memori jangka panjang manusia. Sebab mesin rekaman otaknya belum berfungsi dikarenakan kemampuan bahasa pada setiap bayi yang belum sempurna.

49. Berenang Dengan Baik

Bayi terlahir dengan kemampuan untuk berenang yang baik dan juga dapat menahan napasnya. Tapi kemampuan tersebut akan cepat menghilang.

50. Warna Mata Bayi Bisa Berubah

Pada dasarnya, setiap bayi lahir dengan warna matanya yang cerah & proses pigmentasi pada iris mata bayi belum benar-benar bekerja. Warna asli dari mata bayi akan terlihat pada saat bayi berusia sekitar 6 bulan.





bersambung dibawah gan

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi