TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

10+ Fakta Liga Champions UEFA


Quote: PEMBUKAAN

Liga Champions UEFA, Siapa yang tidak tahu dengan kompetisi antarklub tertinggi di benua Eropa ini. Kompetisi yang mengumpulkan klub-klub dengan talenta terbaik dan mental juara seantero benua Biru. Liga Champions UEFA telah berlangsung sebanyak 61 musim hingga saat ini dan telah menjadi ajang paling elit dan bergengsi di dunia, Thread ini akan merangkum beberapa fakta unik seputar Liga Champions UEFA.

Liga Champions pertama kali digelar pada musim 1955/1956. Kala itu, kompetisi yang digelar atas usul sebuah majalah olahraga Prancis ini disebut sebagai Piala Champions dan menggunakan sistem turnamen murni. Mulai musim 1992/1993, formatnya berganti menjadi setengah liga dan setengah turnamen dan namanya berubah menjadi seperti sekarang.
Juara pertama kompetisi Liga Champions adalah Real Madrid yang mengalahkan Stade de Reims 1-0 di final yang berlangsung di Stadion Parc des Princes, Paris. Real Madrid juga menjadi satu-satunya klub yang pernah memenangi Si Kuping Besar, julukan trofi Liga Champions, sebanyak 5 kali berturut-turut.
Real Madrid patut bersyukur bahwa pada 1956, aturan gol kandang belum ada. Pada saat melakoni putaran kedua Piala Champions 1956/1957, Real Madrid melawan Rapid Wina asal Austria. Madrid menang 4-2 di kandang namun kalah 1-3 di Wina. Agregat 5-5 memaksa duel tambahan harus dilakukan. Madrid akhirnya melaju ke babak berikutnya setelah menghajar Wina 2-0 di Bernabeu. Jika seandainya saat itu peraturan gol tandang sudah berlaku, Madrid tersingkir dan Wina yang melaju ke perempatfinal karena Wina unggul gol tandang. Cerita Madrid yang memenangi 5 edisi pertama pun tak akan pernah terjadi.
Spanyol menjadi negara asal juara Liga Champions paling sering. Spanyol menyabet 15 dari 60 trofi yang sudah diberikan atau 1 dari 4. 15 trofi itu direbut hanya oleh 2 klub saja : Real Madrid dan Barcelona.
Semenjak Piala Champions berubah menjadi Liga Champions pada 1992, belum ada satu pun klub yang bisa mempertahankan gelar juaranya. Klub terakhir yang mampu melakukannya adalah AC Milan pada musim 1988/1989 dan 1989/1990.
Trofi Liga Champions yang diperebutkan sekarang adalah trofi ke-6. Trofi tersebut berwarna perak dengan logo UEFA dan tulisan dalam bahasa Prancis berbunyi"Coupe d'Europe des Clubs Champions Europeens". Ironisnya, hanya ada 1 klub Prancis yang pernah memenanginya. Klub itu adalah Olympique Marseille pada 1992/1993 yang mengalahkan the dream team, AC Milan, 1-0.
Rekor jumlah peserta Liga Champions dari 1 negara terbanyak adalah 5. Itu terjadi pada musim 2005/2006dan musim 2015/2016.
Salah satu final Liga Champions paling dikenang sepanjang masa adalah final edisi 1998/1999. Manchester United yang tertinggal 0-1 dari Bayern Munchen hingga waktu normal berakhir berhasil membalikkan keadaan di masa injury time hingga akhirnya menang 2-1 dan berhak atas trofi kedua. Peristiwa inilah yang membuat Alex Ferguson kini dikenal sebagai Sir Alex Ferguson. Glory Glory United!
Final Liga Champions 1959/1960 adalah final dengan jumlah penonton terbanyak sepanjang masa. 127.621 orang menonton langsung pertandingan yang dimenangi Real Madrid dengan skor 7-3 di Stadion Hampden Park, Glasgow, Skotlandia.
Sebuah klub yang memenangi trofi 3 kali berturut-turut atau 5 kali berhak memakai badge[/] jumlah piala di lengan kanan [I]jersey. Klub yang berhak memakainya per musim 2015/2016 antara lain Real Madrid, Barcelona, AC MIlan, Liverpool, Bayern Munchen, dan Ajax Amsterdam.
Final Piala Champions 1973/1974 adalah satu-satunya partai final Liga Champions yang diulang. Pada pertandingan pertama, Bayern Munchen menahan imbang Atletico Madrid 1-1. Saat pertandingan diulang, Bayern mengamuk dan menang 4-0 dan memberikan Bayern trofi perdananya. Saat itu, jika skor imbang belum dilakukan adu penalti seperti sekarang.

Demikian thread ane kali ini. Semoga thread ini menambah wawasan agan mengenai kompetisi kasta tertinggi Eropa ini. Terima kasih telah membaca dan semoga hari agan menyenangkan.

Quote: REFERENSI
Referensi 1
Referensi 2
Referensi 3
Referensi 4

MINAMI CREATIVE WORKS
MADE IN JAKARTA, REPUBLIC OF INDONESIA
2015


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi