TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

Traveling : Suka Melihat Sawah Di Indonesia? Main ke Sini Aja Gansis!


Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Selamat Datang Di Thread Unitedd
Mudah"han Tidak Repost

Quote: Sekilas Tentang Sawah



Sawah adalah tanah yg digarap dan diairi untuk tempat menanam padi.Untuk keperluan ini, sawah harus mampu menyangga genangan air karena padi memerlukan penggenangan pada periode tertentu dalam pertumbuhannya. Untuk mengairi sawah digunakan sistem irigasi dari mata air, sungai atau air hujan. Sawah yang terakhir dikenal sebagai sawah tadah hujan, sementara yang lainnya adalah sawah irigasi. Padi yang ditanam di sawah dikenal sebagai padi lahan basah (lowland rice).

Pada lahan yang berkemiringan tinggi, sawah dicetak berteras atau lebih dikenal terasiring atau sengkedan untuk menghindari erosi dan menahan air. Sawah berteras banyak terdapat di lereng-lereng bukit atau gunung di Jawa dan Bali.

Sebuah studi yang dipublikasikan Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America menemukan bahwa semua jenis padi yang dibudidayakan saat ini, baik dari spesies indica maupun japonica, berasal dari satu spesies padi liar Oryza rufipogon yang ada pada tahun 8200 tahun hingga 13500 tahun yang lalu di China.Padi sawah dibudidayakan di berbagai negara seperti Bangladesh, China, Filipina, India, Indonesia, Iran, Jepang, Kamboja, Korea Selatan, Korea Utara, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Padi sawah juga ditanam di Eropa seperti di Piedmont (Italia) dan Camargue (Prancis).

Sawah merupakan salah satu sumber utama emisi metana atmosferik dan diperkirakan mengemisikan antara 50 hingga 100 juta ton gas metana per tahun.Sebuah studi menunjukan dengan mengeringkan sawah untuk sementara sambil mengaerasikan tanah bermanfaat untuk mengganggu emisi gas metana dan juga meningkatkan hasil padi.



Anak zaman sekarang, kalau liburan nggak jauh-jauh pergi ke cafe atau mall. Terus, ujung-ujungnya cuma nongkrong sambil sibuk main handphone. Coba deh sekali-sekali Agansista liburan ke tempat yang berbeda. Tempat yang menyatu dengan alam. Liburan ke sawah misalnya. Kalau liburan ke sawah, Agansista bisa coba menanam padi, mandiin kerbau, atau duduk-duduk di pinggir sawah sambil menikmati pemandangan. Itu adalah contoh kebahagiaan yang sederhana..asekkk

Yaa sih di Jakarta emang udah nggak ada sawah. Paling cuma ada kebun pisang. Tapi, di daerah-daerah lain masih banyak sawahnya.


Quote: Dan berikut ini, ane bakal bahas sawah yang nggak biasa. Tapi sawah yang indah bentuknya.
Yuk, langsung aja kita simak!
Quote: 1.Ubud, Bali
Spoiler

 for adem

Bali emang udah identik sama pantainya. Tapi, kalau agansista main ke daerah Ubud, agansista bisa nemuin hamparan sawah. Yang bikin Ubud jadi tempat favorit turis, karena bentuk sawah di sana nggak kayak sawah kebanyakan. Di sana, agansista bisa lihat pemandangan sawah terasering yang unik.

Spoiler

 for adem

Sambil menikmati pemandangan sawah terasering, agansista bisa juga cobain makanan khas Bali di warung atau cafe yang ada di pinggir jalan Ubud. Jangan lupa juga mampir ke art shop yang jual berbagai souvenir Bali.
Quote: 2. Lombok

Spoiler

 for adem

Mau liburan ke pantai dan pulau yang indah, agansista nggak perlu ke luar negeri, di Lombok juga ada. Selain itu, Lombok juga punya pemandangan sawah. Tepatnya di Desa Tempos dan Desa Banyu Urip, Lombok Barat. Hampir sama kayak di Bali, Lombok juga punya sawah terasering. Bedanya, sawah terasering di Lombok memiliki petakan lebih luas dari pada di Bali.

Spoiler

 for adem

Agansista bisa bersepeda di sepanjang areal persawahan yang dihimpit Gunung Sasak dan Gunung Mareje, sambil menikmati sejuknya udara pedesaan.
Quote: 3. Jogjakarta

Spoiler

 for adem

Mungkin yang kita tau, Jogjakarta dikenal dengan tempat wisata budaya. Di mana kita bisa berkunjung ke keraton-keraton yang ada di sana. Tapi, Jogja juga punya tempat wisata alam yang terletak di Sleman. Kalau agansista mampir ke Sleman, agansista bisa menikmati pemandangan sawah.

Spoiler

 for adem

Sleman merupakan daerah yang memiliki tanah subur dengan iklim tropis basah. Makanya, setengah luas dari wiliyah ini merupakan tanah pertanian yang subur. Tahun 2011, Sleman diguncang kehebohan, karena di salah satu areal sawah terdapat crop circle. Sempet diduga kalau ada UFO nyasar di daerah tersebut. Tapi, kenyataannya terungkap bahwa crop circle itu buatan mahasiswa UGM, bukan dari jejak UFO beneran.
Quote: 4. Garut, Jawa Barat

Spoiler

 for adem

Selain terkenal sama dodol, Garut juga terkenal sama pemandangan alam yang hijau. Sebagai daerah yang dikelilingin pegunungan, wajar aja kalau Garut punya udara yang dingin, sejuk dan areal persawahan.

Spoiler

 for adem

Selain menikmati keindahan sawah di Garut, agansista juga bisa menikmati arum jeram yang ada di Sungai Cimanuk dan mengunjungi Kawah Putih Talaga Bodas.
Quote: 5. Sukabumi, Jawa Barat

Spoiler

 for adem

Masih ingat sama sinetron Keluarga Cemara? Itu lho, sinetron yang menceritakan keluarga harmonis yang tinggal di Sukabumi. Kalau masih ingat, rumahnya si abah ini terletak di tengah-tengah sawah.

Spoiler

 for adem

Kebayangkan gimana ademnya rumah si abah? Kalau di kota Sukabumi emang udah jarang ada sawah, tapi kalau agansista mampir ke daerah Citarik masih banyak hamparan sawah di sepanjang sungai.
Quote: 6. Lembah Harau, Sumatera Barat

Spoiler

 for adem

Lembah Harau adalah sebuah ngarai dekat kota Payakumbuh di kabupaten Limapuluh Koto, provinsi Sumatera Barat. Lembah Harau diapit dua bukit cadas terjal dengan ketinggian mencapai 150 meter. Lembah Harau .dilingkungi batu pasir yang terjal berwarna-warni, dengan ketinggian 100 sampai 500 meter. Topografi Cagar Alam Harau adalah berbukit-bukit dan bergelombang. Tinggi dari permukaan laut adalah 500 sampai 850 meter, bukit tersebut antara lain adalah Bukit Air Putih, Bukit Jambu, Bukit Singkarak dan Bukit Tarantang.

Spoiler

 for adem

Berjalan menuju Lembah Harau amat menyenangkan. Dengan udara yang masih segar, agansista bisa melihat keindahan alam sekitarnya. Tebing-tebing granit yang menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembah. Tebing-tebing granit yang terjal ini mempunyai ketinggian 80 m hingga 300 m. Dari mulai saat memasuki
Quote: 7. Lingko, di Desa Cancar, Kabupaten Manggarai, NTT

Spoiler

 for adem

Di Desa Cancar, Kabupaten Manggarai, NTT, ada pemandangan persawahan yang harus dilihat wisatawan. Kalau Ubud di Bali terkenal dengan teras-teras sawah bertingkat, maka di Cancar sawahnya membentuk pola jaring laba-laba. Keren!

Dilihat dari kejauhan, tentu ini tampak seperti Crop Circle bertema jaring laba-laba. Namun rupanya ini bukan Crop Circle. Garis-garis yang membentuk pola jaring laba-laba tidak lain merupakan pematang sawah.

Spoiler

 for adem

Dari situs resmi pariwisata Indonesia, disebutkan kalau sawah di Desa Cancar digarap dengan sistem Lingko. Ini adalah sistem komunal dalam menggarap sawah, di mana sawah diolah dengan filosofi sebuah rumah induk Mbaru Niang.
Semoga dapat membantu agansista merencanakan liburan yang tak terlupakan. Atau justru membuat agansista bercita-cita menjadi Petani dan memajukan Pertanian Indonesia? Semoga...



Di daerah agansista masih ada sawah nggak? Boleh dishare dimari, ntar ane pekiwan
sumber
sumber
sumber




Kalo Trhead Ini Menarik&Menginspirasi, Boleh Dijadiin Rekomendasi HT

Recomend HT


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi