TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

PENCIPTA GAME PACMAN





Kali ini, saya mau bicara soal game. Lebih spesifiknya, saya mau membahas tentang pencipta game. Kamu seharusnya tahu game ini. Game ini bisa dibilang game legendaris. Semua kalangan baik pria maupun wanita, tua atau muda suka bermain game ini, tapi tentu saja pada masa kejayaanya. Bahkan mungkin, sampai sekarang masih ada orang yang suka bermain game ini. Game apa ini? Pac-Man.



Tentunya sebuah game yang legendaris tidak lepas dari pembuat gamenya yang legendaris juga. The man behind Pac-Man adalah Toru Iwatani, seorang game designer berdarah Jepang yang bekerja untuk Namco pada tahun 1977.



Bagaimana bisa terpikirkan oleh Toru Iwatani tentang konsep game Pac-Man yang melegenda? Dahulu game ini dikenal dengan nama Puck-Man sebelum nama Pac-Man dikenal. Awalnya, om Toru ingin membuat sebuah konsep game yang menyenangkan untuk semua kalangan, karena pada masa itu game-game yang beredar di pasaran kebanyakan hanya menyenangkan bagi anak-anak dan remaja laki-laki. Bagaimana dengan kaum wanitanya?



Tahukah kamu dari mana inspirasi Iwatani untuk membuat game Puck-Man? Suatu saat, Iwatani sedang menyantap pizza, ketika ia mengambil sepotong pizza, munculah sebuah inspirasi dalam benaknya tentang tampilan visual untuk karakter utama pada gamenya. Coba saja kamu bayangkan sepiring pizza yang berbentuk lingkaran, dibagi menjadi 8 potong, lalu diambil 2-3 potong yang berdekatan, pasti pizza yang tersisa di piring akan membentuk seperti tokoh pacman yang berbentuk bulat dengat mulutnya yang ternganga. Mulailah Iwatani merancang karakter sesuai inspirasinya itu. Dari inspirasinya itu, Iwatani juga mendapat ide untuk gameplay gamenya, konsepnya adalah kegiatan memakan sesuatu. Iwatani memberi nama Puck-Man untuk game ini. Nama itu diambil dari istilah slang di Jepang, paku paku yang menggambarkan gerakan mulut seseorang pada saat makan.

Untuk mewujudkan rancangan gamenya itu, Iwatani tidak sendiri. Bersama rekan-rekannya, seorang programmer yang bernama Shigeo Funaki dan seorang sound composer yang bernama Toshio Kai serta beberapa orang lainnya dari Namco, Iwatani mulai membuat game rancangannya.

Kira-kira 2 tahun setelah itu, yaitu pada tanggal 22 Mei tahun 1980, game yang bernama Puck-Man dirilis di Jepang. Publik memberikan respon yang sangat baik. Pada saat itu, game yang sedang populer adalah game Asteroids dan Space Invaders, tidak heran kalau penggemarnya kebanyakan adalah kaum laki-laki. Tapi, Puck-Man membawa hal baru dimana kaum lelaki maupun wanita menyenangi game itu.



Puck-Man menarik perhatian Midway, sebuah perusahaan manufaktur game. Kemudian, Midway merilis Puck-Man dengan nama Pac-Man di Amerika. Game ini sangat sukses dan terkenal di Amerika.

Jadi, karena kesuksesan Pac-Man, game ini bisa kita sebuh game legendaris dan Toru Iwatani kita nobatkan saja menjadi game designer legendaris. Setelah perilisian game Puck-Man, Iwatani masih melanjutkan pekerjaannya sebagai game designer untuk Namco. Beberapa game yang dirancangnya adalah Libble Rabble, Ridge Racer dan Time Crisis. Pada tahun 2007, Iwatani pensiun dari Namco, kemudian ia bekerja sebagai dosen di Tokyo Polytechnic University. Wah, pasti menyenangkan sekali bisa mendapat ilmu dari seorang game designer legendaris. Setelah sekian lama, kira-kira 30 tahun setelah merilis Puck-Man, yaitu pada tahun 2010, Iwatani menerima sertifikat penghargaan dari Guinness World of Records atas game Pac-Man yang melegenda.

Sudah tahukan sekarang tentang siapa pencipta Pac-Man dan awal mulanya. Jadi, kangen nih main pacman. Unik ya sobat mau tahu, inspirasi game pacman didapat pada saat makan pizza. Terkadang, kita sibuk mencari-cari ide padahal hal sepele saja bisa dijadikan ide.




SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi