TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

Lagu-lagu Tahun 90-an itu Keren Banget! Ini 7 Alasannya Gan!


Quote:
Generasi-generasi tahun 90-an sering digadang-gadang sebagai generasi paling bahagia di Indonesia. Orang di generasi 90-an memiliki banyak sekali jenis mainan yang sangat memorable. Orang di generasi 90-an punya jenis makanan ringan yang bahkan saat kita punya anak akan kita cari-cari. Terakhir, orang dari generasi 90-an memiliki lagu-lagu yang super keren! Bahkan akan kita ingat hingga sekarang.

Lagu-lagu dari band terkenal Dewa 19, dan Sheila on 7 mengisi hari-hari kita saat muda. Selalu hadir di radio jika kita request, dan yang paling fenomenal adalah kita rela menabung untuk beli kaset yang berisi lirik lagunya. So, generasi 90-an, inilah alasan kenapa lagu-lagu di zaman kita keren banget!




Quote:

1. Liriknya Selalu Puitis

Satu hal yang banyak hilang dari lagu era sekarang adalah kualitas liriknya. Lagu saat ini memiliki lirik yang sangat dangkal. Coba dengarkan salah satu lagu 90-an dari band Dewa 19, lalu bandingan dengan lagu yang dinyanyikan oleh boyband era 2000-an. Secara lirik, lagu dari tahun 90-an berada di atas angin.

0.jpg


Penggarapan lirik lagu tahun 90-an dikerjakan dengan sangat baik. Mereka, para musisi, menitik beratkan lagu pada lirik yang sangat indah. Estetika dari lirik yang nantinya akan diberi musik selalu dijaga. Lirik dengan diksi sangat buruk, tentu tidak akan keluar menjadi sebuah lagu dan kita dengarkan setiap hari dari radio.



Quote:

2. Punya Kedalaman Makna yang Tinggi

Coba perhatikan lirik berikut: "Menatap langkahmu, Meratapi kisah hidupmu, Terlihat jelas bahwa hatimu, Anugerah terindah yang pernah kumiliki." Sudah? Sekarang perhatikan lirik lagu ini: "Ibu-ibu bapak-bapak, Siapa yang punya anak, Bilang aku aku yang tengah malu, Sama teman-temanku, Karna cuma diriku yang tak laku-laku." Coba bandingkan!

0.jpg


Lirik pertama berasal dari era 90-an dan lagu kedua berasal dari era 2000-an. Coba bandingan dua lirik lagu di atas. Terlihat jelas bagaimana kedalaman makna lagu pertama lebih baik dari pada lagu kedua. Tidak perlu dijelaskan pasti anda sudah tahu judul dan siapa penyanyi dari dua petikan lirik di atas.




Quote:

3. Lagu Era 90-an Itu Sangat Ngangenin
Saat masih sekolah pernahkah anda rela mengantre di Wartel hanya untuk meminta lagu di radio? Anda melakukannya hanya karena ingin orang yang anda suka mendengarkan lagu itu. Yaph, itulah salah satu alasan kenapa lagu tahun 90-an itu sangat ngangenin. Karena kita selalu punya kenangan dari setiap lagu yang diputar.

0.jpg


Di tahun 2015 ini mungkin "ada" lagu yang bagus namun lagu zaman dahulu tak akan bisa kita lupakan. Itulah mengapa radio-radio selalu menghadirkan acara musik lawas entah itu berasal dari luar negeri atau lokal Indonesia. Begitu mendengar lagu-lagu dari masa lalu kita akan langsung bergumam: "Ahhh.. lagu itu!" dan tanpa sadar ikut menyanyikannya meski dalam hati.




Quote:

4. Long Lasting, Didengarkan Kapan Saja Selalu Cocok
Lagu-lagu tahun 90-an itu sangat long lasting. Mau didengarkan kala itu atau sekarang atau beberapa tahun lagi tetap enak. Kita tidak akan menganggap lagu itu kuno, katrok, atau apa-apalah. Coba dengarkan salah satu lagu di tahun 90-an. Apa saja terserah, anda bisa mencarinya di Youtube atau di tumpukan kaset lawas.

0.jpg


Apakah anda merasa jika lagu itu adalah lagu yang sangat kuno? Lalu coba dengarkan lagu yang muncul di awal tahun 2010-an, terutama yang berasal dari boyband atau girlband. Bagaimana? Anda merasa kekinian atau justru merasa lagu ini terlalu kuno?




Quote:

5. Nggak Latah, Lagu Dibuat Dengan Ide yang Original

Satu hal yang menyebabkan lagu di era 2010-an tidak begitu mengena di hati adalah temanya hampir sama dengan lagu lain. Atau bahasa mudahnya latah. Jika hari ini ada lagu tema selingkuh, maka langsung berbondong-bondong membuat lagu tema selingkuh. Jika ada yang membuat lagu tema hot maka dalam hitungan bulan lagu hot bin nakal akan membanjiri jalanan atau juga TV dan radio.

0.jpg


Pembuat lagu kurang memerhatikan ide yang original. Mereka hanya menjaring pendengar dari trend yang telah ada hingga tidak memiliki ciri khas. Lagu di era 90-an mungkin juga banyak yang memiliki tema sama tapi mereka selalu mengemaskan dengan sangat baik. Bahkan menjadi ciri khas yang tak bisa hilang.




Quote:

6. Lagu Menjadi Branding Penyanyi atau Grup Band

Era 90-an mungkin belum begitu booming istilah branding. Tapi para pembuat lagu ini secara sadar atau tidak telah menggunakan lagu sebagai branding. Mereka membuat lagu yang bagus dan unik. Hal inilah yang menjadi ciri setiap penyanyi. Dengan memiliki branding, maka lagu mereka akan memiliki base penggemar yang sangat banyak.

0.jpg


Saat ini lagu-lagu yang hadir bukanlah sebagai branding penyanyinya. Lagu ini justru "mendapatkan" branding dari penyanyinya. Penyanyi amatiran yang awalnya aktor atau aktris menggunakan namanya untuk menyanyikan lagu. Orang-orang sering menyebutnya sebagai aji mumpung. Asal terkenal duluan bisa jadi penyanyi dan punya lagu.




Quote:

7. Digarap Dengan Sungguh-Sungguh
Lagu tahun 90-an digarap dengan sangat sungguh-sungguh meski dengan kualitas video atau audio yang belum sebaik sekarang. Tapi mereka mampu hadir dengan komposisi yang kompleks dan unik. Lagu era 2010-an memang tak semuanya dikerjakan secara "serampangan" namun kebanyakan yang muncul selalu biasa saja. (Mungkin ada yang bagus tapi ya, one of kind!)

0.jpg


Salah satu hal penting dari sebuah lagu adalah konsep. Jika bagian utama ini dikerjakan dengan serampangan maka lagu akan jadi sesuatu yang biasa. Boleh jadi lagunya bagus tapi tidak akan bisa memorable dan long lasting. Lewat masanya lagu akan habis dan mungkin tidak akan ada yang mengenali lagi.

Itulah tujuh alasan kenapa lagu era 90-an selalu mengena di hati. Dan satu kata yang tepat untuk merangkum tujuh alasan itu. Irreplacable. Yuph! Tak tergantikan!

SUMBER





SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi