TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

Ini yg terjadi gan di awal abad 20

Pengenalan dulu :
Quote: Abad 20 adalah abad yg sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan peradaban kehidupan saaat ini, yg dimulai dari tahun 1901 hingga akhir tahun 2000 M

Quote: Kali ini ane cuma bahas awal abad 20 atau biasa disebut Dasawarsa Pertama yangmane dari tahun 1901 sampe 1910M doang, pada dasawarsa pertama ini dunia mulai mengenal banyak hal2 baru, yg akhirnya mengubah peradaban manusia

Spoiler

 for "1 Januari 1900 Pemberlakuan Peraturan Lalu Lintas di Indonesia"


Pemberlakuan peraturan lalu lintas di Indonesia (dulu namanya masih Hindia belanda gan) dikeluarkan oleh pemerintah Hindia Belanda karena makin banyaknya warga Belanda yg membawa mobil dan motornya ke indonesia. Peraturan itu pertama kali dikeluarkan tgl 11 Nov 1899, dan resmi diberlakukan tepat tgl 1 Jan 1900.

Dengan semakin banyaknya kendaraan dan lalu lintas yg makin berkembang dan terus meningkat, pemerintah Belanda pun memandang perlu untuk membentuk wadah polisi tersendiri yg khusus menangani lalu lintas. Ada 4 bagian dalam organ polisi yg dibentuk tersebut, yaitu bagian sekretaris, bagian serse, pengawas umum, dan bagian lalu lintas. Pada mulanya bagian lalu lintas disebut Doer Wesen yg merupakan adopsi bhs Jerman Fuhr Wessen yg berarti pengawasan Lalu lintas. Organ tsb kemudian diubah kedalam bhs Belanda, Verkeespo/itie, yg artinya Polisi Lalu Lintas.



Spoiler

 for ''2 Juli 1900 Zeppelin Diterbangkan Pertama Kali"


Tau aja kan Zeppelin gan?? Pesawat Zeppelin rancangan seorang ahli aeronautika Jerman, Ferdinand Adolf Heinrich August von Zeppelin berhasil diterbangkan untuk pertama kalinya. Pesawat berbentuk balon tsb terbuat dari kain linen berkerangka aluminium dan berisi hampir 10.000m kubik gas hidrogen, pesawat itu digerakkan oleh 2 mesin berbaling-baling 4 dan hanya bisa bertahan diudara selama 17menit doang gan

Sepuluh tahun kemudian, setelah melalui perbaikan dan penyempurnaan, Zeppelin mampu bertahan selama 24 jam dan thn 1928 dijadikan alat transportasi antar benua secara komersial lohh Zeppelin memiliki panjang 128 meter dan mampu terbang dgn kecepatan 14 mil per jam (kurang lebih 22,5 km/jam). Sebenarnya menyebut pesawat rancangannya dgn nama Dirigible, tetapi kemudian populer dgn nama zeppelin.



Spoiler

 for "29 Juli 1900 Tewasnya Raja Umberto I"


Pd 1878, Raja Umberto I naik tahta di Italia dan memerintah secara otoriter dan represif. Selama pemerintahaanya banyak terjadi kekerasan, kelaparan yg berbuntut aksi demonstrasi yg dilawan oleh kekerasan tentara. Kekejaman Raja Umberto I itu akhirnya menyulut kemarahan Gaetano Bresci (warga amerika asal italia yg memimpin koran radikal bernama La Questano Sociale) yg memutuskan untuk pulang ke Italia dan memnembaknya hingga tewas. Atas aksinya itu Bresci dihukum seumur hidup.

Satu hari sblm tewasnya Raja Umberto I, terjadi peristiwa unik yg nyaris mustahil. Malam hari, 28 juli 1900, si Umberto masuk restoran di Monza Italia utk makan malam bersama Jendral Emilio Ponza. Pd waktu pemilik restoran menyambutnya, Raja Umberto I memperhatikan pemilik restoran memiliki kemiripan dgnnya. Raja Umberto I pun mengajaknya berbincang dan keduanya takjub mendapati kesamaan mereka yg luar biasa.

Pemilik restoran itu bernama Umberto Santini, Ia lahir pd 14 Maret 1844 sama dgn tgl lahir Raja Umberto I, keduanya memiliki istri yg sama2 bernama Margherita dan memiliki anak yg juga memiliki nama yg sama, Vittorio. Hari ketika Raja Umberto I naik tahta bertepatan dgn hari Umberto Santini membuka restorannya. Besoknya ketika Raja Umberto I tewas ditembak Bresci, Umberto Santini juga tewas karena kecelakaan senjata api, keduanya sama-sama tewas di Italia



Spoiler

 for "1902 Termos Lahir ke Dunia"


Mungkin untuk anak2 jaman sekarang, benda yg satu ini sudah jarang digunakan. Tetapi buat anak2 atau yg lahir thn 90s kebawah, keberadaan benda ini merupakan salah satu yg dibutuhkan

Ditemukan oleh Sir James Dewar, ahli fisika dan kimia dari Skotlandia. Pada 1902 James Dewar memiliki bayi dan ia menghadapi kesulitan menyangkut minuman bayinya. Ia ingin bayinya selalu meminum susu yg masih hangat, tetapi mempertahankan susu agar hangat dalam waktu yg lama merupakan masalah yg sulit pd waktu itu. Akhirnya James menciptakan botol vakum, yaitu wadah dari kaca ganda dgn ruang diantara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat2 agar panas tdk menjalar, sementara dinding sebelah dalam botol tsb dilapisi perak utk mempertahankan panasnya.

Meski botol vakum ciptaan James mampu mempertahankan temperatur isinya hingga tetap panas selama beberapa jam, tetapi ibu mertuanya meragukan hal itu. Oleh karena itu, si ibu mertua membuat rajutan wol utk menutup atau menyelimuti botol vakum tsb sehingga dpt mempertahankan panas dgn lebih meyakinkan. Botol vakum James dan penutup wol buatan ibu mertuanya itulah yg menjadi cikal bakal termos saat ini



Spoiler

 for "1903 Harley-Davidson Pertama di Produksi"


Awal pembuatan Harley-davidson bermula dari ide William Harley dan Arthur Davidson yg ingin membuat motor yg bisa menaiki tanjakan didaerah Milwauke,USA dgn mudah.

Ide itu lalu membuahkan terobosan penting dalam dunia motor, yaitu mesin berkonfigurasi V, yg kemudian juga dikenal dgn Knucklehead, Panhead, Shovelhead, Evolution, sampe Twin Cam.

Hasil kreativitas kedua anak muda tsb adalah mesin satu silinder dgn kapasitas 60cc yg dapat berjalan baik dan mampu melewati tanjakan seperti yg mereka inginkan. Kemudian karena kesuksesannya, dua saudara Arthur ikut join juga gan, si Walter sama William Davidson.

Kelima anak muda tsb termasuk ane lalu bersepakat membangun usaha bernama Harley-Davidson Motorcycles Co.Ketika berdiri perusahaan tsb mampu memproduksi 3 unit motor yg dibuat di "pabrik'' mereka --sebuah gubuk kecil dibelakang rumah keluarga Davidson.

Selain itu perusahaan mereka juga memproduksi motor untuk perang dunia, dan untuk kepolisian amerika karena motornya yg dapat melaju kencang..yah walaupun gak sekencang motor Revo ane

[img]Pic Motor Harley Davidson Pertama kali nih gan:



Spoiler

 for "8 Mei 1902 Gunung Pelee Meletus"


Pada 8 Mei 1902, pada 07.48 gunung api mont.Pelee Prancis yg telah lama tertidur akhirnya benar2 meletus. Letusan itu mengirimkan badai api yg sangat besar dgn temperatur 800 derajat fahrenheit (425 derajat celcius), berkecepatan 1 mil (kurang lebih 1,5km) per menit dan hanya membutuhkan waktu 3 menit untuk melenyapkan kota St.Pierre yg terletak dibawahnya. Selain menghancurkan kota secara total dan menewaskan lebih dari 40.000 warga yg berada dibawahnya, letusan Mont.Pelee juga menghancurkan 18 kapal yg berlabuh saat itu termasuk orang2 yg berada didalam kapal itu.

Satu-satunya nya org yg berhasil selamat dari bencana yg mengerikan itu adalah Auguste Ciparis, seorang narapidana yg telah dijadwalkan mejalani eksekusi mati keesokan harinya (9 Mei 1902). Pd wakktu bencana terjadi Auguste tengah terkurung didalam sel batu yg berdinding tebal. Sel itu hanya memiliki sebuah jendela kecil dan sebuah pintu yg berat, sel tsb begitu kecil dan memiliki atap yg rendah sehingga hanya bisa dimasuki dgn merangkak. Sel yg kecil dan kokoh itulah yg menyelamatkan hidupnya, ia terbakar parah di dalam sel dan terkubur dalam sel bersama puing-puing panas selama 3 hari sebelum regu penolong berhasil menemukan dan menyelamatkannya.

Auguste kemudian dibawa kerumah sakit dan hukuman matinya kemudian dicabut, kemudian setelah keluar dari rumah sakit ia bergabung dgn grup sirkus Barnum dan Bailey, dgn memerankan kisah hidupnya yg terkurung dlm replika sel sebagai 'Si Beruntung dari Pelee'



Spoiler

 for "1906 Hot Dog Diperkenalkan ke Dunia"


tau aja kan hot dog itu bijimane bentuknya gan ?

Sebenarnya hot dog itu udah ada di amerika sejak tahun 1860an, orang-orang disana biasa menyebutnya "Dachshund Sausages". Dachshund adalah sebutan untuk anjing Jerman yg bertubuh panjang dan berkaki pendek. Makanan ini sangat populer khususnya saat digelar pertandingan bisbol atau basket, biasanya pula para penjual makanan itu akan menjajakannya dgn berteriak "Get your hot dachshund sausages!"

Pd thn 1906, seorang kartunis bernama Tad Dorgan pergi menonton pertandingan basket dan melihat org menjajakan dachshund sausages tsb, keesokan harinya dia menggambar kartun mengenai makan itu dgn gambar seekor anjing daschshund dan dibawah kartun itu dibubuhi tulisan "Get your hot dog!", kartun itu dimuat dikoran dan menjadi sensasi. Harry Stevens adalah penjual pertama yg meneriakkan sebutan itu (Get your hot dog).



Spoiler

 for "1910 Dimulainya Abad Plastik"


Plastik inilah salah satu pemicu kerusakan alam yg terjadi abad 21 ini gan.
Leo Hendrik Baekeland, seorang ahli kimia warga amerika menemukan plastik tahan panas yg kemudian dinamai Bakeli. Ia memulai penelitiannya utk dpt menghasilkan plastik tahan panas tsb sejak thn 1905 di Yonkers,New York.

Baekeland mereaksikan 2 jenis bahan kimia, yaitu formaldehida (H2CO) sejenis bahan pengawet dan fenol, (C6H5OH) sejenis bahan pembasmi kuman. Hasilnya adalah suatu bahan baru yg dpt dibengkokkan, dipilin, dan dibuat berbagai bentuk. Ia menamainya Bakelit yg menjadi cikal bakal plastik sebagaimana kita kenal skrg.

Sejak digunakan pada abad 20, plastik berkembang luaar biasa dari hanya beberapa ratus ton pada 1930an, menjadi 150 juta ton/thn pada 1990an, dan 220 juta ton/thn pada thn 2005 dan sekarang kita-kita udah di 2015 entah berapa banyak plastik yg beredar..



Spoiler

 for "1902 Pengatur Suhu udara Ditemukan"


Willis Haviland Carrier menemukan prinsip kerja alat pengatur suhu udara yg kemudian dikenal sebagai AC (Air Conditioner). Pada mulanya, Carrier bekerja disebuah perusahaan percetakan yg mengalami hambatan produksi karena warna yg dihasilkan sangat kacau. Hambatan tsb akibat kelembapan dan suhu yg menyebabkan kertas mengembang dan mengkerut. Carrier berupaya mengatasi masalah tsb dgn cara mengontrol kelembapan udara. Itulah pertama kalinya carrier menemukan prinsip kerja AC.

Pada 1906 sebuah perusahaan mengalami masalah yg berbeda, yakni mengenai pengontrolan suhu mesin pemintal, kumparan mesin berputar cepat hingga menjadi panas dlm beberapa menit. Perusahaan itu lalu meminta Carrier mengatasi suhu mesin yg terlampau tinggi tsb sehingga sejak itu Carrier semakin mengembangkan penemuannya itu. Pada masa 20 thn pertama AC hanya digunakan utk mendinginkan mesin2 dipabrik. Namun inovasinya kemudian berkembang hingga digunakan sampai sekarang ini seperti di hotel,bioskop,restoran, rumah, wc, dll.



Spoiler

 for "1909 Penyedap Masakan MSG DiPerkenalkan"


Mononatrium glutamat (Monosodium glutamat / MSG) adalah garam natrium dari asam glutamat, yg berfungsi sebagai penyedap rasa. Manfaat asam amino glutamat sebagai penyedap rasa baru diketahui pada 1908 oleh seorang ilmuan Jepang bernama Dr.Kikunae Ikeda. MSG terdiri dari 78% glutamat, 12% natrium, 10 % air. Glutamat dan Natrium adalah pembentuk protein yg tedapat dalam makanan dan tubuh manusia.

Pada 1909, MSG mulai dipasarkan diJepang sebagai bumbu penyedap rasa.MSG diproduksi melalui proses ekstrasi gluten hingga thn 1960an. Kemudian proses produksi tsb diganti dgn inovasi teknologi fermentasi pada 1956 utk meningkatkan produksi MSG yg terus diterapkan hingga skrg.



Quote: Sekian dulu dari ane, kalo berkenan tinggalkan jejak kaki agan, dan kalo bisa kasih jgn plus kasih bumbu

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi