TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

Hey Anak Pramuka! Masih Ingat 'Kegilaan' di Setiap Momen Ketika Kalian Ikut Kemah?

Quote: Bahas yang secara umum saja.

Apa yang ada di pikiran kalian ketika mendengar kata 'kemah'?

Pramuka memang identik dengan berkemah, tapi kemahnya anak pramuka bukan sekedar kemah bangun tenda bongkar tenda. Banyak tujuannya, diantaranya mendekatkan para anggotanya dengan alam, mendidik mereka menjadi pribadi yang mandiri, melatih untuk bersosialisasi dengan kehidupan bermasyarakat, dll.

Bermacam-macam kegiatan yang dilakukan (tergantung jenis perkemahannya) yang setiap kegiatannya pasti menjadi momen berkesan karena setiap momen ada kegilaan tersendiri.


Quote: Mempersiapkan segalanya mulai dari perlengkapan pramuka sampai perlengkapan rumah tangga



Di buper kita dilatih untuk hidup mandiri, jadi kita harus tahu apa saja yang kita butuhkan selama berkemah. Mulai dari keperluan untuk makan, mandi, tidur sampai kesehatatan.
Ribet? Iya, jika kita banyak mengeluh.

Dari persiapannya saja, kita sudah bisa mengambil pelajaran,
bahwa hidup akan terasa sulit jika kita banyak mengeluh.


Quote: Persiapan dan keberangkatan memang melelahkan, tapi ketika sampai di bumi perkemahan..



Yang biasanya di rumah hanya melihat rumah, ketika di buper lain lagi ceritanya.
Alam dengan keindahannya siap menyambut kedatangan kita. Dan di sana lah petualangan kita dimulai.

Dari sini, tanpa kita sadari kita mulai belajar untuk mendekatkan diri dengan alam.


Quote: Saat mendirikan tenda..



Ini yang harus benar-benar diperhatikan. Peasn TS, seriuslah dalam mendirikan tenda, jangan asal-asalan,
kecuali kalau kalian mau tenda kalian rubuh saat kalian tidur.

Dibutuhkan kerja keras untuk bisa mencapai hasil terbaik.


Quote: Asalkan mata bisa terpejam, itu sudah lebih dari cukup



Tak masalah tidur di dalam tenda beralaskan tikar dengan orang banyak,
asalkan mata bisa terpejam sampai subuh nanti.
Tapi.. apakah teman satu tenda semuanya bisa tidur dengan diam tanpa igauan tanpa suara sumbang dan tanpa tendangan kaki?

Ah sudahlah, anggap saja itu hiburan tengah malam


Quote: Mandi? Duh, jawab jujur nggak yaa?



TS sih nggak yakin kalo mandinya 2 kali sehari,
pastilah pernah sehari cuma sekali atau malah mungkin sama sekali tidak menyentuh air?
Tapi terserah kalian aja deh, yang penting kalian dan teman-teman kalian sama-sama merasa nyaman.

Bagaimanapun keadaannya kita harus pandai memposisikan diri agar di terima di tengah kehidupan bermasyarakat.


Quote: Saat memasak makanan sendiri, saat itulah kita akan merindukan masakan ibu



Makan hasil masakan sendiri, apapun makanannya, pasti akan terasa enak.
Bukan karena kepepet, tapi karena kebersamaan dan perjuangan ketika masak itulah yang menjadi masakan kita enak.

Dengan begitu, tidak ada alasan lagi bagi kita untuk mencaci makanan yang dirasa kurang cocok dengan lidah kita.


Quote: Soal siapa yang bangunnya kesiangan, jawabannya.. ayam



Kemah bangun siang? Mustahil. Sebelum adzan shubuh kita harus sudah bangun.
Sholat shubuh, senam pagi, mandi terutama yang jarang mandi, dan.. lanjut kegiatan lainnya. :rain

Rugi bagi mereka yang bangun kesiangan karena tidak bisa menikmati keindahan suasana di pagi hari.
Matahari terbit, tetesan embun, kicauan burung, udara segar, sayang untuk dilewatkan.


Quote: Penjelajahan / lintas alam memang melelahkan, tapi sayang jika dilewatkan



Dari sini, banyak pengetahuan dan pengalaman yang kita dapatkan.
Mendaki gunung, lewati lembah, menyeberangi sungai bukanlah tantangan yang mudah, tapi bukan berarti menyerah begitu saja. Justru itu menjadi tantangan menarik yang harus bisa ditaklukkan.

Kegiatan lintas alam itu sendiri diantaranya memecahkan sandi dan isyarat, tanda jejak, menaksir,
membuat peta pita, halang rintang, dll.
Ada yang punya cerita menarik saat mengikuti kegiatan lintas alam?

Kegiatan di alam terbuka bisa mengembangkan kecintaan kita terhadap alam. Masih ingat Dasa Darma kedua?


Quote: Ketika api unggun..



Ini juga momen yang paling ditunggu ketika berkemah. Upacara api unggun, menyalakan obor satu persatu dengan pengucapan Dasa darma, setelah 10 obor Dasa Darma menyala, baru lah menyalakan api unggun dengan obor utama, dilanjtkan dengan 10 obor Dasa Darma.
Gara-gara dulu TS pegang obornya ke 7, jadi ya Dasa Darma yang paling diinget Dasa Darma yang ketujuh.

Dalam acara api unggun, biasanya ada kegiatan pentas seni.
Di sini peserta pramuka bebas berekspresi menunjukkan bakatnya.
Masih ingat dulu pentas seni apa yang kalian tampilkan?

Kehangatan, kebersamaan, dan kegembiraan bisa kita rasakan sekaligus ketika kita berada di tengah-tengah keluarga dan kemah pramuka.


Quote: Masih ingat betapa 'gilanya' outbound pramuka?



Banyak permainannya, biasanya permainan yang membutuhkan kerja sama dan kekompakan
dari semua anggotanya. Tapi yang jelas kegiatan ini selalu mengundang tawa.
Masih ingat permainan gila apa yang kalian mainkan?

Manusia tidak bisa hidup sendiri, sehebat apapun dia pasti membutuhkan orang lain.


Quote: Kemah pelantikan tuh rasanya..



Yang berbeda dari kemah lainnya, yaitu kemah pelantikan. Momen yang paling berkesan yaitu ketika upacara pelantikan. Selalu ada kejutan yang tak terduga yang mengundang haru dalam acara ini.
Tapi dulu TS cuma sampe laksana aja
Oh iya, palet yang ada dipundak kita bukan sekedar embel-embel seragam aja, melainkan sebuah tanggung jawab

Keberhasilan adalah pengakuan yang bernilai


Quote: Jangan heran jika orang tua kalian pangling melihat kalian pulang dari kemah



Wajar jika penampilan ketika pulang tak seperti ketika berangkat.
Tambah jelek? Iya
Tenang, itu hanya efek lelah dan kotor saat lintas alam dan outbound karena 'nggak sempet' mandi.
Besok juga udah pulih lagi kok.

Ada perubahan lain yang diharapkan, perubahan sikap dan perilaku menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
Semoga nilai-nilai yang ada di Dasa Darma benar-benar kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari.


Quote: Kemah memang melalahkan, tapi tenang.. semua rasa lelah kalian terbayar lunas dengan momen - momen 'gila' saat di buper.



Banyak yang kita dapatkan selama berkemah, yang tidak kita dapatkan di sekolah. Tidak ada yang sia-sia. Setiap kegiatannya menjadi pembelajaran yang bermakna untuk kita. Bagaimana kita bersosialisasi dengan orang sekitar, berinteraksi dengan alam, melatih untuk selalu bersyukur..


Udah itu aja, TS udah cape ngetik. Lagipula, cuma itu yang TS ingat
Kalo ada yang punya pengalaman unik selama ikut kemah pramuka, share aja. Dengan senang hati, TS akan membacanya.
Oke cukup. Kalau ada kritik saran atau pertanyaan, sampaikan saja. Terima kasih.

"Pengetahuan, wawasan dan pengalaman menjadikan manusia bijak





SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi