TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

Hewan-hewan Yang Memiliki Tanduk Keren


Tanduk adalah bagian tubuh beberapa binatang, yang tumbuh dari kepalanya dan juga fungsi tanduk adalah untuk pertahan diri . Tanduk mengandung banyak keratin di dalamnya, protein yang juga ada di rambut dan kuku manusia. Keratin dan protein ini menggulung mengelilingi tulang yang terdapat di dalamnya.

Tanduk sejati dimiliki oleh hewan dari famili Artiodactyl. Struktur serupa namun tumbuh ditempat yang berbeda tidak disebut sebagai tanduk, misal pada badak disebut dengan cula. Setelah hewan bertanduk mati atau tanduk terlepas dari kepalanya, tanduk tersebut terdekomposisi dan menyatu dengan alam.



Quote: Markhor

Spoiler

 for


Markhor(Capra falconeri) adalah sejenis kambing liar yang ditemukan di sekitar timur laut Afghanistan, Pakistan,India,selatan Tajikistan dan selatan Uzbekistan.Markhor merupakan hewan nasional Afghanistan dan merupakan hewan yang terancam punah(endangered).Nama Markhor berasal dari bahasa persia yaitu mar yang artinya ular dan khor yang artinya pemakan. Tinggi bahunya 65-115 cm,panjang tubuhnya sekitar 132-186 cm,beratnya 32-110 kg.Tanduk markhor jantan bisa tumbuh mencapai 160cm dan tanduk betina bisa mencapai 25 cm.



Quote: Saiga
Spoiler

 for


Saiga memiliki penampilan seekor rusa yang memiliki belalai hampir seperti gajah. Saiga ini memiliki kemampuan khusus yaitu Saiga memiliki antitoxic yang kuat didalam tubuhnya, sehingga Saiga dapat memakan tanaman yang bersifat toxic (beracun) bagi hewan lain tanpa berefek apapun pada tubuh Saiga. Karena dari alasan itu pula lah yang menyebabkan Saiga diburu untuk diambil tanduk lilinnya sebagai pengobatan tradisional China. Namun penurunan populasi mereka bukan dipengaruhi dari perburuan bangsa China tetapi perburuan Uni Soviet lah yang meyebabkan populasi Saiga menurun drastis. Tetapi bila anda ingin melihat Saiga secara langsung, Saiga ini dapat ditemui di kawasan stepa Mongolia dan Rusia.



Quote: Nubian Ibex
Spoiler

 for


Nubian Ibex atau Capra nubiana adalah spesies kambing gurun yang tinggal ditemukan di daerah pegunungan dari Aljazair, Israel, Yordania, Arab Saudi, Oman, Mesir, Ethiopia, Eritrea, Yaman, dan Sudan.



Quote: Bharal
Spoiler

 for


Bharal adalah hewan sejenis kambing yang memiliki tanduk besar dan kuat. Bharal ini merupakan hewan yang dapat hidup di pegunungan dan habitat asli Bharal adalah di Himalaya. Bharal merupakan hewan dengan kemampuan melompat yang sangat baik dari kalangan hewan lainnya karena dia mampu untuk melompat dari tebing dan bukit. Hal tersebutlah yang membuat hewan ini mampu menyesuaikan diri untuk dapat hidup di dataran tinggi.



Quote: Addax
Spoiler

 for


Nama latin Addax adalah Addax nasomaculatus atau Screwhorn Antelope (Kijang Bertanduk Sekrup). Jenisnya sangat sedikit dan hanya dapat ditemui di Gurun Sahara. Panjang tanduk Addax betina adalah 55-80cm dan panjang tanduk jantan antara 70-85cm. warna bulu addax berubah-ubah menyesuaikan musim. Ketika musim dingin bulunya menjadi kecoklatan dan lebih gelap, ketika musim panas, bulunya berubah putih kepirangan. Addax dinyatakan resmi punah di daerah Algeria, Mesir, Sudan, dan Libia.



Quote: Mouflon
Spoiler

 for


Kalau dilihat penampilan fisiknya, domba Mouflon (Ovis Musimon) sangat mirip dengan domba Urial (Ovis Orientalis atau Ovis Vignei). Kedua spesies domba ini diyakini sebagai nenek moyang utama domba ternak modern yang kita jumpai sekarang ini. Domba Mouflon berasal dari kepulauan Korsika dan Sardinia di Italia, dan Cyprus, tapi belakangan ini telah dibawa ke sebagian besar wilayah Eropa.
Domba Mouflon jantan dan betina bertanduk, tapi tanduk domba Mouflon jantan lebih besar. Tanduk domba Mouflon yang melingkar berpilin biasanya mencapai panjang sekitar 64 cm, dan melengkung ke belakang di atas kepalanya. Tanduk domba Mouflon tidak merentang keluar pada bagian ujungnya sebagaimana kebanyakan tanduk domba liar. Ukuran tanduk domba Mouflon jantan menentukan statusnya di dalam kelompoknya.



Quote: Blackbuck
Spoiler

 for


Antelop adalah mamalia yang bentuknya menyerupai kambing dengan tanduk tegak lurus ke atas. Binatang ini mirip kijang tetapi bukan kijang. Ia termasuk jenis sapi. Hewan ini merupakan anggota dari famili bovidae dan termasuk hewan yang terancam punah. Antelop tersebar di Afrika, Asia, dan Timur Tengah. Mereka hidup berkelompok serta berpindah-pindah untuk mencari makanan.Salah satu antelop yang masih hidup yaki A. cervicapra ditemukan di Pakistan dan India, yakni dari wilayah Punjab dan Sind hingga Bengal dan Tanjung comorin



Quote: Scimitar-Horned Oryx
Spoiler

 for


Kijang pedang atau pedang bertanduk kijang (dammah Oryx), juga dikenal sebagai kijang Sahara, adalah spesies Oryx yang sekarang sudah punah di alam liar. Sebelumnya huniannya diseluruh Afrika Utara.




Quote: Giant Eland
Spoiler

 for


Giant eland (Taurotragus derbianus) merupakan kijang savana. Sebuah spesies dari keluarga Bovidae dan genus Taurotragus, pertama kali ditemukan pada tahun 1847 oleh John Edward Gray. Eland raksasa adalah spesies terbesar dari antelop, dengan panjang tubuh berkisar 220-290 cm (87-114 in)



Quote: Jackson's Chameleon
Spoiler

 for


Adalh salah satu spesies bunglon yang berasal dari wilayah penggunungan & hutan hujan tropis Afrika Timur, lebih tepatnya di daerah Kenya & Tanzania. Apa yang membuat bunglon ini unik & lain daripada bunglon yang lain adalah adanya 3 tanduk pada bagian atas kepalanya sehingga sepintas, bunglon ini seperti versi kecil dari dinosaurus Triceratops




Sumber
Sumber

Spoiler for BONUS
BALROG

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi