TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

SUPERFOOD ITU APA SIH?



Superfood adalah setiap jenis makanan yang mengandung nutrisi lengkap. Ada banyak sekali jenis buah-buahan dan sayuran yang termasuk dalam superfood, dan beberapa di antaranya dapat dengan mudah Anda temukan di supermarket ataupun pedagang sayur keliling.

Acai berry memang diakui memiliki tingkat antioksidan dan kandungan mineral yang luar biasa, tetapi tidak mudah untuk menemukannya di pasaran. Jenis rumput laut seperti spirulina adalah salah satu makanan super, tapi beberapa dari Anda mungkin sedikit kesulitan untuk menemukan spirulina yang masih segar.

Meskipun tidak ada penyataan hukum secara medis, bahwa "Superfood tidak memiliki kelompok makanan mereka sendiri," kata Despina Hyde, seorang ahli diet terdaftar dengan program manajemen berat badan di New York University Langone Medical Center. "Sebagai ahli gizi, saya pikir 'superfood' lebih dari istilah pemasaran untuk makanan yang memiliki manfaat kesehatan."

Dokter dan ahli gizi setuju bahwa makan berbagai buah-buahan dan sayuran berwarna dan membatasi natrium, lemak hewan, tepung halus, dan gula adalah kunci untuk kesehatan yang baik. Oleh karena itu mengkonsumsi superfood merupakan salah satu cara yang dapat membantu kita untuk menangkal penyakit, hidup lebih lama dan hidup sehat.

Berikut ini adalah daftar superfood murah yang bisa Anda dapatkan di supermarket, toko buah dan sayur, bahkan pedagang sayur keliling sekitar Anda.

TEMPE



Tempe bisa dijadikan alternatif pengganti daging. Sebab, tempe merupakan bahan pangan berprotein nabati yang bernilai tinggi. 100 gram tempe mengandung 18,3 protein, sedangkan 100 gram daging mengandung 18,8 dan 100 gram telur mengandung 12,2 protein. Karena proteinnya yang hampir sama dengan daging, maka tempe bisa dijadikan pilihan tepat sebagai superfood murah meriah.

WORTEL



Wortel adalah salah satu sumber vitamin A terbaik yang sangat bermanfaat untuk organ penglihatan. Selain itu, wortel juga merupakan sumber dari beberapa vitamin dan gizi lainnya, yaitu vitamin K, vitamin C, serat, kalium, mangan, dan vitamin B6. Vitamin C dan A merupakan sumber antioksidan penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

STRAWBERRY



Sebenarnya semua jenis berry telah memiliki kemampuan yang baik sebagai antioksidan, tetapi jenis berry lainnya agak sulit untuk ditemukan di pasaran di Indonesia. Strawberry kaya akan vitamin A, C, dan K serta mengandung mineral penting seperti folat, kolin, serat, fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium.

BAYAM



Kandungan gizi dari superfood berwarna hijau tua ini telah diakui sebagai salah satu yang terbaik. Bayam merupakan "gudang" zat-zat penting yang berguna bagi tubuh, seperti: mangan, folat, magnesium, besi, kalsium, kalium, dan tryptophan. Bayam juga mengandung vitamin A, K, C, dan B2. Warna hijau tua dari bayam memiliki keistimewaan karena mengandung antioksidan yang sangat khas.

JAMUR



Jamur adalah ciptaan alam yang paling unik karena mereka bukanlah tanaman sungguhan yang bahkan tidak memiliki akar. Jamur adalah anggota dari keluarga fungi. Anda tidak perlu meragukan kehebatan jamur karena semua jenis jamur mengandung kandungan gizi yang tinggi seperti selenium, vitamin B kompleks, tryptophan, tembaga, dan kalium bersamaan dengan fitonutrien. Jamur memiliki kekuatan antioksidan hebat untuk membersihkan tubuh dari radikal bebas berbahaya.

UBI JALAR



Jenis umbi-umbian yang satu ini memang termasuk makanan yang sangat bergizi. Warna oranye di dalamnya mengandung beta-karoten yang berguna untuk pengolahan vitamin A dalam tubuh. Ubi jalar juga merupakan sumber vitamin C, kolin, dan serat, serta memiliki kandungan protein-antioksidan yang sangat berkualitas tinggi. Ubi jalar sangat mudah untuk diolah sebagai menu makanan yang bergizi, salah satunya bisa direbus maupun digoreng.

WHEATGRASS



Yang saat ini populer di kota besar adalah membuat minuman kesehatan dari Juice rumput gandum (Wheat Grass Juice). Banyak manfaat yang bisa didapat dari juice ini, antara lain mempercepat pembentukan darah merah, memperlambat proses penuanan, mengandung banyak serat yang bermanfaat bagi pencernaan serta dalam 28 ml juice rumput gandum mengandung vitamin dan mineral setara dengan 1 kg sayuran segar.

BLACK CHIA



Biji dari tanaman mint yang banyak tumbuh di Amerika Latin. Mengandung banyak serat, protein, antioksidan, dan lemak tak jenuh. Di sisi lain, bahan ini termasuk gluten free.

Meskipun dipromosikan sebagai sumber lemak omega-3, chia seed hanya mempunyai satu dari empat asam lemak omega-3, yaitu ALA (alfa-linolenatalpha-linolenic).

Untuk itu, kandungan lemak baik dalam chia seed tidak bisa disamakan dengan kandungan lemak baik pada ikan salmon. Bahan ini juga baik untuk mereka yang sedang menjalani detoks, karena keampuhannya dalam membantu mengeluarkan racun dari empedu dan usus.

BIJI LABU



Biji labu atau biasa dikenal dengan PEPITAS atau RAW PUMPKIN SEEDS. Memiliki berbagai macam nutrisi mulai dari magnesium, mangan tembaga, protein dan seng, biji labu adalah powerhouses gizi yang dibungkus dalam satu paket ukuran yang sangat kecil.

Mereka juga mengandung senyawa tanaman yang dikenal sebagai pitosterol dan antioksidan pemulungan radikal bebas, salah satu pilihan alternatif yang dapat Anda konsumsi untuk menunjang kesehatan Anda.

DAFTAR MAKANAN YANG TERMASUK SUPERFOOD

TELUR



Telur, Setiap telur memiliki 6 gram protein tetapi hanya 72 kalori. Tidak heran para peneliti di Pennington Biomedical Research Center di Baton Rouge, Louisiana, menemukan bahwa makan telur untuk sarapan (sebagai bagian dari diet rendah kalori) membantu Anda untuk tetap langsing.

SAUS TOMAT



Saus tomat, Ini sarat dengan likopen, yang membuat kulit Anda terlihat lebih muda dan menjaga jantung Anda sehat. Bahkan, sebuah penelitian Harvard menemukan bahwa wanita dengan paling likopen dalam darah mereka mengurangi risiko serangan jantung sebesar 34%.

BUAH PLUM KERING



Buah plum kering, Mereka dikemas dengan polifenol, bahan kimia tanaman yang telah terbukti meningkatkan kepadatan tulang dengan merangsang sel-sel pembentuk tulang Anda.

KENARI



Kenari, Hanya 14 bagian walnut memberikan lebih dari dua kali dosis harian Anda dari alfa-linolenat, omega-3 lemak yang telah ditunjukkan untuk meningkatkan memori dan koordinasi.

KUBIS BRUSSEL



Kubis brussel, Mereka memiliki glucosinolates lebih (senyawa yang memerangi kanker dan detoksifikasi tubuh kita) dibandingkan sayuran lainnya. Untuk lauk yang akan membuat Anda bertanya-tanya mengapa Anda telah menghindari mereka, mengiris masing-masing menjadi empat, kemudian tumis dalam minyak zaitun dengan cincang manis Vidalia bawang.

JUS ACAIBERRY



Jus acaiberry, Segelas atau dua kaya antosianin ini jus berry secara dramatis dapat meningkatkan jumlah antioksidan dalam darah Anda, mengatakan Texas A & M University peneliti.

APEL

Apel, Mereka mengandung quercetin, antioksidan yang dapat mengurangi risiko kanker paru-paru.

SAYUR PAK CHOY

Sayur pak choy, sayuran yang kaya kalsium ini dapat melindungi tulang Anda dan bahkan mungkin mencegah gejala PMS.

OAT MEAL

Oat meal, Karena mereka kurang diproses dari gandum tradisional, mereka dicerna lebih lambat dapat menjaga kondisi lapar tubuh Anda penuh sepanjang pagi.

IKAN SALMON

Ikan salmon, Anda akan mendapatkan semua omega-3 yang Anda butuhkan dalam satu hari dari hanya 3 oz.

ALPUKAT

Alpukat, mengandung lemak sehat mereka membuat Anda puas dan membantu Anda menyerap nutrisi lainnya. Untuk u twist baru, sikat alpukat dibelah dua (pit dihapus) dengan minyak zaitun dan panggangan 1 menit. Sajikan dengan bawang merah, iris jeruk dan cuka.

SAYUR BAYAM

Sayur bayam, mengkonsumsi setengah cangkir sayur bayam dapat menyediakan lebih dari lima kali dosis harian vitamin K, yang membantu bekuan darah dan membangun tulang yang kuat.

BIJI LABU

Biji labu, atau biasa dikenal dengan PEPITAS atau RAW PUMPKIN SEEDS. Memiliki berbagai macam nutrisi mulai dari magnesium, mangan tembaga, protein dan seng, biji labu adalah powerhouses gizi yang dibungkus dalam satu paket ukuran yang sangat kecil.

Mereka juga mengandung senyawa tanaman yang dikenal sebagai pitosterol dan antioksidan pemulungan radikal bebas, salah satu pilihan alternatif yang dapat Anda konsumsi untuk menunjang kesehatan Anda.

KEMBANG KOL

Kembang kol putih merupakan makanan sangat baik untuk Anda! Yang satu ini dikemas dengan glucosinolates melawan kanker.

KERANG

Kerang, mengkonsumsi kerang sebanyak 3-oz per porsi memiliki 14 gram protein tetapi hanya 75 kalori.

COLLARD GREENS

Collard greens adalah salah satu tanaman yang masih sekeluarga dengan kangkung dan kebanyakan tumbuh di Brazil. Mereka meledak dengan nutrisi seperti vitamin A, zeaxanthin dan lutein, yang menjaga mata Anda sehat.

MINYAK ZAITUN

Minyak zaitun, Mereka memberikan jantung sehat yang sama tak jenuh tunggal lemak yang Anda dapatkan dalam minyak zaitun, tetapi hanya 7 kalori per jumbo zaitun!

BERAS MERAH

Beras meraha, Ini adalah sumber utama dari magnesium, mineral tubuh Anda menggunakan lebih dari 300 reaksi kimia (seperti membangun tulang dan mengubah makanan menjadi energi).

TIRAM

Tiram, ini menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat. Sebuah 3-oz porsi (sekitar 6 tiram) piring sampai seperempat dari besi harian Anda, ditambah hampir dua kali seng dan selenium semua yang Anda butuhkan dalam sehari.

KACANG EDAMAME

Kacang Edamame, mengkonsumi kacang edamame mengandung 22 gram protein nabati, serta banyak serat, folat dan pitosterol penurun kolesterol.

STRAWBERRY

Strawberry, Mereka sarat dengan ellagitannins, phytochemical yang dapat menghentikan pertumbuhan kanker serviks dan usus.

KACANG LENTIL

Kacang lentil, merupakan sebuah sumber protein bebas daging, setengah cangkir lentil dimasak juga memberikan hampir setengah folat harian Anda, vitamin B yang melindungi bayi perempuan yang belum lahir dari cacat tabung saraf.

BRAN ATAU KULIT ARI

Bran atau kulit ari adalah bagian luar yang keras dari tanaman biji-bijan/grain seperti padi, gandum, jagung, oat, barley atau millet. Serpih biji mereka seluruh menjaga jantung Anda dalam kondisi prima dengan mengurangi peradangan dan meleleh lemak perut.

KIWI

Buah kiwi, menurut para peneliti Italia kandungan dalam buah kiwi dapat mengurangi asma terkait mengi, berkat kandungan vitamin C yang tinggi (satu kiwi memiliki 110% vitamin c dari kebutuhan harian Anda).

KEDELAI HITAM

Kedalai hitam, Mereka sarat dengan protein, serat, dan flavonoid-antioksidan yang membantu arteri Anda tetap santai dan lentur.

BIJI BUNGA MATAHARI

Biji bunga matahari, Seperempat cangkir memberikan setengah hari Anda vitamin E, yang membuat jantung Anda sehat dan melawan infeksi.

IKAN SARDEN

Ikan sardern, mengkonsumsi 3 oz ikan sarden menyediakan lebih dari 100% vitamin D harian Anda. Sarden juga merupakan sumber atas lemak omega-3. Coba tambahkan tumbuk sarden kalengan untuk saus marinara dan melayani lebih dari pasta gandum.

ASPARAGUS

A setengah cangkir pasokan 50% dari harian tulang-bangunan vitamin K dan sepertiga dari hari Anda folat, itu adalah diuretik alami sehingga mengusir kembung, juga.

PISANG

Mereka sarat dengan beberapa jenis yang baik-untuk-Anda fiber, termasuk pati resisten (yang membantu Anda langsing).

BROKOLI

Mereka memiliki 10 kali lebih dari pencegah kanker senyawa glucoraphanin dari brokoli biasa.

SUSU BEBAS LEMAK

Dengan sepertiga dari kalsium dan setengah vitamin D yang Anda butuhkan dalam sehari, ditambah 8 gram u protein otot-bangunan, itu adalah minuman energi utama.

KENTANG

Masing-masing bungkus dosis tinggi dari tekanan darah penurun kalium-bahkan lebih dari pisang.

UBI JALAR

Setengah dari kentang manis panggang besar memberikan lebih dari 450% dari dosis harian vitamin A, yang melindungi visi Anda dan sistem kekebalan tubuh Anda.

FLAXSEED

Tidak hanya biji rami sarat dengan tanaman omega-3, juga memiliki lignan lebih (senyawa yang dapat mencegah endometrium dan kanker ovarium) dari makanan lain. Toko ground flaxseed dalam lemari es Anda dan taburi pada yoghurt, sereal dingin atau oatmeal.

YOGHURT YUNANI

Memiliki kandungan dua kali protein yogurt biasa.

CERI KERING

tart Para peneliti di Michigan State University menemukan ampuh anthocyanin bantuan gula darah, mengurangi insulin dan menurunkan kolesterol.

WHEAT GERM

Seperempat cangkir memberi Anda lebih dari 40% dari harian Anda vitamin E dan selenium meningkatkan kekebalan tubuh.

GANDUM

utuh Inggris muffin Anda mendapatkan 4 ½ gram serat hanya 134 kalori.

TEH

Baik teh hijau dan hitam mencegah pengerasan pembuluh darah, menurut para peneliti di University of Scranton.

SELAI KACANG

menyebar pintar ini memiliki arginin, asam amino yang membantu menjaga pembuluh darah yang sehat.

BLACKBERRY RAJA

Raja dari keluarga berry menawarkan lebih banyak antioksidan daripada stroberi, cranberry atau blueberry.

MUSTARD HIJAU

ini "hijau" (sebenarnya sayuran cruciferous) merupakan sumber utama vitamin K. Untuk pesto lezat, memotong mereka dalam food processor dengan bawang putih, kenari, Parmesan dan minyak zaitun.

ANGGUR

Mereka adalah sumber utama resveratrol, senyawa kimia tanaman yang bertanggung jawab atas manfaat kesehatan jantung dari anggur merah.

SUSU KEDELAI

Sebuah sumber yang baik dari protein nabati, susu kalsium diperkaya kedelai memiliki banyak kalsium dan vitamin D seperti susu sapi.

KACANG BRAZIL

Mereka memiliki lebih banyak selenium dari makanan lain. Satu kacang memberikan bernilai sepanjang hari Anda!

MINYAK CANOLA

Sebuah sendok makan minyak jantung sehat ini memiliki semua asam alfa-linolenat yang Anda butuhkan dalam sehari, ditambah dua bentuk yang berbeda dari vitamin E.

BLUEBERRY

Mereka meningkatkan memori dengan melindungi otak Anda dari peradangan dan meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak.

JERUK

persediaan Satu jeruk lebih dari 100% dari vitamin C yang Anda butuhkan dalam sehari. Ini juga merupakan sumber kalsium yang baik dan folat.

SELADA AIR



Dengan hanya 4 kalori per cangkir, sayuran silangan ini memberikan dosis besar dan kuat dari vitamin K, zeaxanthin, lutein, beta-karoten dan phytochemical pelawan kanker.

DADA AYAM TURKI



Memiliki 20 gram protein memuaskan tetapi hanya 90 kalori per 3-oz melayani.

BARLEY



Sumber atas beta-glucan, serat yang menurunkan kolesterol dan membantu mengontrol gula darah.

JAMUR SHITAKE



Satu porsi (sekitar ¼ lb) menyediakan lebih banyak vitamin D yang Anda akan dapatkan dari segelas susu.

Semoga info bermanfaat ini berguna bagi Agan semua

sumber : SUPERFOOD ITU APA SIH?

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi