TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

Offshore Guys. beberapa profesi di anjungan Kilang Minyak

Based on Article by Boediharjo Tricahyanto


Inget film armageddon yang main Bruce willis, ben afflect, liv tyler etc?


Dikisahkan bumi kita yang tercinta akan segera tamat karena adanya asteroid yang mengarah ke bumi. Nah NASA akhirnya minta bantuan sama Harry Stamp dkk buat "Ngebor" Asteroid yang rencananya bom akan di tanam di dalam nya dengan harapan asteroid itu terbelah dan tidak menabrak bumi. sisanya tonton sendiri gan.
Gw ga bakal ngomongin soal film di trhread ini, tapi Gw bakal ngomongin tentang profesi si Harry Stamp DKK.
Di film Armageddon, Si harry ini berperan sebagai boss Anjungan lepas pantai. Nah ternyata banyak lho gan profesi - profesi yang ada di anjungan lepas pantai .

Pendahuluan

Sedikit info tentang agan - agan yang belum tahu tentang Anjungan Lepas Pantai

Anjungan lepas pantai adalah struktur atau bangunan yang di bangun di lepas pantai untuk mendukung proses eksplorasi atau eksploitasi bahan tambang. Biasanya anjungan lepas pantai memiliki sebuah rig pengeboran yang berfungsi untuk menganalisa sifat geologis reservoir maupun untuk membuat lubang yang memungkinkan pengambilan cadangan minyak bumi atau gas alam dari reservoir tersebut. . Wikipedia



Untuk kelengkapan alat pengeboran sama dengan RIG darat, hanya saja menara dan sistem pengeboran ditempatkan di atas Ponton. Ponton ini akan duduk di dasar rawa saat operasi pengeboran berlangsung. Biasa beroperasi di perairan dengan kedalaman sekitar 5 M. Biasanya Rig ini melakukan pengeboran di daerah rawa, tidak terlalu dalam

Adalah Model yang paling sering digunakan untuk pengeboran Minyak dan gas. Biasanya memiliki 3 Kaki yang pada saat berada di titik yang akan di lakukan pengeboran maka ke tiga kaki ini akan menginjak ke dasar lautan. kedalaman yang bisa dibor oleh rig ini bermacam2, untuk model ultra premium jack up bisa dalam kedalaman 150 meters . Gambar diatas adalah rig Maersk Xl yang termasuk Jenis Ultra Premium Jack up. Di dalem Bisa Nampung 150 orang, dengan berbagai macam fasilitas
Ini ilustrasi nya gan

Rig yang menurut ane paling unik, salah satu andalan operator oil and gas dalam peneboran di laut yang dalam, hampir sama dengan Jack up, bedanya Si "Semi-Sub" ini harus "digendong" oleh kapal special untuk beroperasi ke suatu titik pengeboran . ini gan Si "Semi-Sub" lagi digendong

Bisa mengebor sampai kedalaman 12,200 m/40,000 ft. atau lebih, biasanya di pake operator oil and gas di laut yang dalam gan, dan bedanya sama 3 rig diatas, rig ini dapat berjalan sendiri tanpa bantuan vessel lain.



Sebenernya masih banyak jenis2 Rig gan, ada land rig, submersible rig, platform, dll, biar lebih jelas silaken tanya om google.
Oke, itu tadi Jenis - jenis anjungan lepas pantai yang biasa beroperasi, tapi tahukah agan profesi apa aja yang bekerja di anjungan lepas pantai?

Here we go.
1. Company Man/Woman :

sebagai wakil dari Oil company, tanggung jawabnya sangat besar dan merupakan posisi tertinggi di Rig. Dia bertugas memastikan agar operasi Rig berjalan dengan lancar & aman, sesuai dengan program yang diberikan oleh Drilling Superintendent/Drilling Engineer di kota. Biasanya ada 2 orang : Day Company Man/Woman dan Night Company Man/Woman .Bisa dibilang Yang punya hajatan gan. Biasanya co man mendapatkan "pundi-pundi" paling besar di rig.


2. Rig Superintendent / OIM/ Drilling Superintendent/ Senior Toolpusher

Rig Superintendent / OIM/ Drilling Superintendent/ Senior Toolpusher or whatever you put the lable on it, pada dasarnya tugas nya sama, hanya berbeda nama disetiap rig yang tugasnya sebagai pimpinan tertinggi wakil dari Drilling Contractor di Rig, tanggung jawabnya sangat besar, membawahi supervisor-supervisor Rig dan posisinya hampir sama dengan Company Man/Woman.


3. Barge Engineer

Barme Maste, Barge Engineer, Captain, bertanggung jawab pada aktifitas di dek, memastikan semua keperluan Rig masih mencukupi membantu Cementer waktu melakukan penyemenan, menyiapkan Rig move dan lain2. Merawat/memperbaiki jika ada kerusakan di dek.


4. Chief Mechanic, Chief Electrician, Chief Engineer, Electronic Technician

Mempunyai tugas sesuai jabatannya,biasanya mereka memiliki assistant


5. Toolpusher

bertanggung jawab agar program harian dari Rig Supt dan Company Man/Woman berjalan dengan lancar.


6. Driller

inilah orang yang paling pegang peranan penting lancarnya operasi di Rig. Dia berhubungan langsung dengan rig kru, dek kru dan Company Man/Woman.


7. HSE/ RSTC/ Safety Officer/ STO/ HSQE / Operating Engineer

Beda nama di setiap rig akan tetapi memiliki tugas yang sama yaitu memastikan semua pekerjaan di Rig dilakukan dengan aman & mengikuti prosedur Keselamatan, memastikan semua kebutuhan peralatan keselamatan di Rig masih layak pakai, menyampaikan Masalah Keselamatan waktu Pretour meeting kepada kru, melaksanakan Weekly Safety Meeting & Drill dan lain2. Bisa dibilang tugasnya Susah susah gampang (susah nya ada 2 gampang nya ada 1, jadi tetep susah ) karena berhubungan langsung dengan supervisor dan seluruh crew. Biasanya pada saat selepas meeting mereka memiliki slogan yang akan di ucapkan bersama-sama "septi peerst...yess"




Lanjut Kebawah


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi