TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

Nostalgia 6 Memory Card Lawas yang Pernah Ada




Gamer sejati pasti mengenal istilah dari kata Memory Card. Kartu ini merupakan alat untuk menyimpan data dari game yang sedang dimainkan. Memory card biasanya berukuran kecil sehingga dapat dibawa-bawa oleh pemiliknya. Apabila sang pemilik ingin bermain game di rumah teman maka ia pasti akan membawa memori cardnya agar data yang ia simpan dapat dikeluarkan di konsol temannya. Karena perannya yang sangat penting, hilangnya Memory Card bisa membuat gamers kebakaran jenggot.

Memory Card sendiri mulai digunakan semenjak munculnya Nintendo 64 sampai dengan PS2. Konsol-konsol next gen seperti Xbox One dan PS4 sudah tidak lagi menggunakan Memory Card melainkan sistem Cloud. Berikut adalah evolusi Memory Card dari berbagai konsol:


Inilah bentuk Memory Card pertama untuk konsol Nintendo 64. Untuk penggunaan, Controller Pak ini harus ditempelkan pada slot yang ada di stik kontroler N64. Meskipun terlihat besar, kapasitas memori yang dimiliki oleh memory card ini hanya mencapai 256KB sampai dengan 4MB.


Tidak ingin tertinggal oleh Nintendo dan Sony, Sega juga meluncurkan memory card yang ditujukan untuk konsol Sega Dreamcast. SVMU milik Sega ini memiliki konsep yang cukup unik. Tidak hanya digunakan untuk menyimpan data saja, SVMU juga memiliki layar LCD kecil, speaker serta tombol. Fungsi dari fitur-fitur ini adalah agar SVMU dapat pula digunakan sebagai handheld. Kapasitas dari SVMU adalah 128KB dan cara penggunaannya adalah dengan menempelkannya pada stik kontroler.


Tidak hanya N64 saja, Nintendo juga mengimplementasikan memory card pada konsol GameCube. Konsep dari memory card untuk GameCube ini sama seperti PlayStation. Untuk menggunakannya, memory card ini harus dipasangkan pada port yang berada di konsol GameCube. Memory card GameCube memiliki tiga jenis, versi 59 dengan kapasitas 512KB, versi 251 dengan kapasitas 2MB dan versi 1019 dengan kapasitas 8MB.

[center]
Ini dia memory card yang pasti Kotakers ingat. Memory card untuk konsol PlayStation ini merupakan benda yang paling penting ketika Indonesia dilanda demam PSX. Versi original dari memory card ini biasanya berwarna abu-abu namun banyak juga versi lain yang memiliki warna-warna berbeda. Kapasitas untuk memory card PlayStation ini biasanya mencapai 1MB.

[center]

Nintendo, Sega dan Sony telah meluncurkan memory card-nya masing-masing. Microsoft tentunya tidak mau ketinggalan dengan memperkenalkan Xbox 360 memory unit. Memory card untuk konsol Xbox 360 ini terdiri dari tiga versi yaitu yang berkapasitas 64MB, 256MB dan 512MB. Sayangnya Xbox 360 Memory Unit ini tidak bertahan lama. Microsoft memutuskan untuk menghentikan proses produksi memory card ini setelah konsol Xbox 360 S muncul.


Memory card warna hitam ini merupakan produk memory card terakhir karena setelah seluruh konsol game mulai menggunakan sistem cloud. Sama seperti versi PSX-nya, cara penggunaan memory card ini adalah dengan meletakkannya di port khusus memory card yang berada di konsol PS2. Kapasitas dari memory card ini mencapai 8MB namun ada pula yang memiliki kapasitas lebih besar.


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi