TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

Latte Art : Seni Menyajikan Kopi Dengan Melukis di Permukaan Latte

Seni latte

adalah cara menyiapkan kopi dengan menuangkan susu panas ke secangkir espresso dan menciptakan pola atau desain di permukaan latte. Selain itu bisa pula dengan langung "menggambar" di lapisan atas busa. Seni latte sulit dibuat secara konsisten, karena dibutuhkan kondisi yang tepat antara espresso dan susu. Hal ini dibatasi pula oleh pengalaman barista dan kualitas mesin espressonya. Tuangan itu sendiri kemudian menjadi tantangan terakhir bagi para seniman latte.
Sumber
Quote:
Contoh "Rosetta"- jenis seni latte yang umum.


Agan suka menyeruput kopi? Latte Art telah berkembang dan banyak menghasilkan karya-karya yang indah dan juga unik. Penasaran? Yuk, simak ulasannya!

Quote:
Latte Art
Membuat latte art membutuhkan kecermatan. Syarat penting dalam membuat latte art adalah latte (susu) yang dimasukkan haruslah dalam kondisi panas. Kondisi panas itulah yang menimbulkan foam (busa) yang bisa dikreasikan menjadi ilustrasi yang menarik. Agan bisa menggambar latte art secara manual menggunakan tusuk gigi atau mesin khusus.

Spoiler for

Spoiler for


Quote: 2D Latte Art
Latte art dalam bentuk 2D dapat digambar secara manual ataupun mesin. Para pemula bisa menggambar bentuk sederhana dengan menuangkan latte perlahan-lahan membentuk suatu gambar sederhana. Di Jepang, latte art telah berkembang dengan banyaknya gambar anime yang dilukis secara manual. Selain itu, ada juga latte art yang bergambar manusia atau hewan yang mirip aslinya.Keren sekali ya!
Spoiler for

Spoiler for

Spoiler for


Quote: Coloured Latte Art
Latte art kini dapat dinikmati dengan warna! Teknik ini pertama kali diperkenalkan oleh seniman Latte Art Jepang, Nowtoo Sugi. Dia menggunakan sirup sebagai pewarna dalam karya-karyanya. Minasan bisa melihat karya-karya Nowtoo Sugi yang unik, mulai dari Kartun Disney sampai karakter-karakter Anime Jepang.
Spoiler for

Spoiler for

Spoiler for


Quote: 3D Latte Art
3D latte art membutuhkan teknik tingkat tinggi dan kecepatan. Teknik ini menggunakan busa untuk kemudian dibentuk menjadi karakter yang kita inginkan. Setelah bentuknya sesuai keinginan, barulah kita menggambar detail-detail yang diperlukan dalam waktu cepat. Selain dapat dikerjakan dengan manual, 3D latte art juga bisa dikerjakan dengan mesin atau cetakan.
Spoiler for

Spoiler for

Spoiler for


Quote: Latte art printer
Pasti Agan penasaran dengan inovasi minuman kopi satu ini. Termasuk dalam ranah Latte Art dengan mengandalkan mesin printer sebagai alat pencetak foto di atas kopi. Mesin ini diperkenalkan pertama kali oleh perusahaan minuman kopi dari Taiwan yaitu Let's Coffee.Kemungkinan mesin ini juga akan menjadi saingan para seniman kopi di seluruh dunia.
Spoiler for

Spoiler for

Spoiler for

Spoiler for Mesin printingnya





Kalo ada yang pengen ngebuat nih ane kasih beberapa contoh peralatan yang dibutuhkan dalam membuat Latte Art
Berikut ini penjelasan secara rinci mengenai peralatan yang harus dimiliki oleh seorang barista untuk belajar mengaplikasikan latte art.

Quote: 1. Steam Pitcher
Steam pitcher adalah salah satu peralatan yang paling penting dalam pembuatan latte art. Steam pitcher berbentuk seperti gelas yang memiliki mulut. Steam pitcher digunakan sebagai wadah untuk mengolah susu cair segar menjadi microfoam proses ini disebut juga sebagai frothing (buih).
Spoiler for



Quote: 2. Thermometer
Thermometer dipakai untuk mengetahui suhu yang digunakan untuk melakukan proses frothing susu agar tidak terlalu panas. thermometer yang memiliki kait yang dapat dikaitkan pada steam pitcher, thermometer akan sangat membantu bagi barista yang baru belajar mengenai frothing susu.
Spoiler for


Quote: 3. Nozzle Steamer
Nozzle steamer adalah steamer yang umumnya sudah terdapat pada mesin espresso, nozzle steamer merupakan alat yang digunakan oleh gerai kopi untuk melakukan frothing susu hingga menjadi microfoam.
Spoiler for


Quote: 4. Latte Art Pen
Latte art pen adalah sebuah alat yang berbentuk seperti jarum namun dibagian ujung yang lainnya berbentuk seperti sendok. Latte art pen ini digunakan untuk membuat salah satu teknik latte art yaitu teknik etching (penggoresan), bagian ujung yang seperti jarum digunakan untuk membentuk pola gambar latte art yang berfungsi seperti kuas yang digunakan untuk melukis.
Spoiler for

Atau tusuk gigi
Spoiler for


Quote: 5. Latte Art Stencils
Latte art stencil adalah alat yang dapat digunakan untuk membuat pola gambar dengan cara dicetak, alat ini terbuat dari plastik ataupun stainless dan berbentuk lingkaran dan sudah ada pola gambarnya.
Spoiler for

Spoiler for



Quote: 6. Espresso
Espresso merupakan dasar dari semua macam olahan kopi. Espresso yang digunakan untuk membuat latte art haruslah espresso dengan crema yang sempurna yaitu crema yang tebal dan tidak memiliki lubang ataupun pecah, lapisan crema yang akan membuat kopi menjadi lebih kental dan mudah untuk dibentuk pada saat susu dituangkan.
Spoiler for


Quote: 7. Coklat Bubuk dan Teh Hijau Bubuk
Coklat bubuk dan teh hijau bubuk merupakan media aplikasi lain yang dapat dijadikan sebagai media gambar latte art, coklat bubuk dan teh hijau bubuk dapat digunakan untuk media aplikasi latte art karena coklat bubuk dan teh hijau bubuk memiliki tingkat kekentalan pada saat diseduh, sehingga akan mudah jika diaplikasikan latte art.
Spoiler for

Spoiler for


Quote: SEKIAN DARI ANE WASSALAM.
SUMBER


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi