TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

Kopi dan Kafein menjaga kesehatan fisik dan mental

KOPI DAN KAFEIN MENJAGA KESEHATAN FISIK DAN MENTAL ANDA



Apakah Anda seorang penggemar kopi? Jika ya, Anda mungkin pernah dinasihati atau diledek dengan perkataan seperti 'kopi membuat Anda tidak bisa tidur nyenyak,' 'kafein dalam kopi bisa membuat ketagihan,' 'kopi membuat gigi Anda kuning dan jelek,' dan sebagainya.
Kenyataannya, hal-hal itu hanya terjadi jika Anda minum kopi secara berlebihan, misalnya sampai 5-6 cangkir besar dalam sehari. Padahal, apapun yang dilakukan secara berlebihan pasti tidak baik. Sebaliknya, jika Anda bisa mempertahankan kebiasaan minum kopi hanya sampai di batas yang sewajarnya, Anda malah akan mendapat berbagai manfaat kesehatan, baik untuk fisik maupun mental.

Kandungan kafein dan antioksidan dalam kopi memang dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, termasuk kesehatan fisik dan mental Anda. Tidak percaya? Berikut beberapa penjelasan tentang manfaat kesehatan dari kopi untuk syaraf, mental dan tubuh Anda secara keseluruhan.

Kopi Membantu Menurunkan Resiko Alzheimer

Alzheimer adalah kondisi yang sangat ditakuti siapapun yang menuju usia lanjut, sebab penyakit degeneratif ini akan perlahan memengaruhi memori dan kemampuan kognitif kita, sehingga orang yang menderita Alzheimer biasanya menjadi kurang responsif terhadap interaksi atau percakapan biasa dengan orang yang dikenalnya, kikuk dalam melakukan tugas sehari-hari, merasa kesulitan melakukan hal-hal seperti menyetir atau memasak, bahkan sampai bisa lupa wajah anggota keluarga sendiri. Ternyata, konsumsi kopi secara teratur dapat menurunkan resiko terkena penyakit tersebut.

Khasiat stimulan serta kandungan antioksidan dalam kopi dapat membantu menurunkan resiko Alzheimer, hal tersebut diungkapkan dalam penelitian Dr. Chuanhai Chao dari University of San Fransisco, serta proyek penelitian di Universities of Florida and Miami. Menurut semua penelitian tersebut, terdapat hubungan antara tingkat keberadaan kafein dalam darah dengan penurunan resiko terkena Alzheimer dan penyakit berat lain seperti diabetes, stroke dan penyakit jantung. Walau kopi memang bukan obat utama dalam penyembuhan Alzheimer, paling tidak kopi bisa menjadi salah satu penurun tingkat resiko terkena penyakit ini.

Tentu saja, antioksidan tidak bisa hanya didapat dari kopi, melainkan juga dari sumber lain seperti buah dan sayuran. Akan tetapi, tidak ada salahnya menambah khasiatnya dengan meminum secangkir kopi setiap hari.

Kopi Membuat Anda Bahagia

Ada banyak hal yang membuat orang mengasosiasikan kopi dengan kebahagiaa, bisa karena rasa kopi yang khas, bisa karena aromanya yang memang membangkitkan semangat, bisa juga karena situasi sosial yang mengelilingi aktfitas minum kopi, misalnya budaya warung kopi atau kafe dimana orang bisa minum sambil mengobrol, melakukan aktifitas kesukaan, dan bersosialisasi . Bahkan, mencoba berbagai racikan minuman unik di kedai kopi bisa membuat orang merasa lebih bahagia. Akan tetapi, ternyata fakta bahwa kopi bisa membuat Anda bahagia telah dibuktikan secara ilmiah, dan hal ini berkaitan dengan produksi hormon pemicu kebahagiaan.

Honglei Chen, peneliti dari National Institutes of Health, menemukan kaitan antara konsumsi kopi secara teratur setiap hari mampu mengurangi kemungkinan mengalami depresi hingga 10%. Hal ini karena kerja antioksidan alami dalam kopi yang membantu merangsang produksi hormon yang merangsang perasaan bahagia. Hal ini ikut dibuktikan oleh penelitian Harvard School of Public Health, dimana konsumsi minimal 1 hingga 2 cangkir kopi hitam sehari berkaitan dengan menurunnya keinginan untuk bunuh diri. Hal ini karena kopi merangsang produksi 'hormon kebahagiaan' seperti dopamine, serotonin dan non-adrenaline. Hormon inilah yang sangat penting untuk mencegah Anda tenggelam dalam depresi.
Jadi, minumlah kopi secara teratur agar Anda tidak mudah terserang depresi, akan tetapi ingat agar tidak berlebihan.

Kopi Bisa Memperpanjang Usia Anda

Siapa yang tidak ingin selalu sehat serta berumur panjang? Selain berolahraga dan makan makanan bergizi, minum kopi secara teratur ternyata menjadi salah satu kunci agar kita berumur panjang. Hal ini karena gabungan berbagai faktor yang telah dijelaskan di atas; kopi merangsang keluarnya berbagai hormon yang memicu perasaan bahagia dan positif, menstimulasi syaraf sehingga bisa mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular, mengurangi resiko terkena diabetes, serta mengandung antioksidan alami seperti polyphenol yang bisa mencegah karang gigi dan penyakit jantung koroner.

Akan tetapi, jika Anda ingin mendapat semua khasiat kopi yang telah disebutkan di atas, minumlah kopi dengan cara yang benar. Jangan minum kopi dengan terlalu banyak gula, dan sebaiknya hindari menggunakan krim. Malah, sebaiknya Anda jangan minum kopi sachet sama sekali, karena kopi ini biasanya mengandung kadar gula berlebih. Jika mungkin, minumlah kopi yang bukan kopi instan, atau kopi yang Anda giling sendiri, agar kadar kafein dan antioksidannya tetap banyak. Untuk takarannya, minimal 1 hingga 2 cangkir kopi dan maksimal 4 cangkir untuk mendapat khasiat maksimal kopi .

Kesimpulan

Kopi memang memiliki berbagai khasiat kesehatan, dan bahkan berbagai studi ilmiah telah mendukungnya. Akan tetapi, hal ini tidak berarti bahwa Anda bisa berlebihan dalam mengonsumsi kopi, karena konsumsi berlebihan tetap ada dampak negatifnya, misalnya gejala kecanduan kafein seperti pusing dan gemetaran jika tidak minum kopi sehari saja, sakit kepala, sembelit, hingga gigi yang bernoda kekuningan. Dampak negatif juga bisa terjadi jika Anda minum kopi dengan ditambah bahan lain secara berlebihan seperti gula dan krim.

Jadi, jika Anda ingin mendapat khasiat positif dari kopi tanpa terkena gangguan kesehatan tambahan, minumlah kopi dalam bentuk 'aslinya,' dan minumlah dalam takaran sekedarnya tanpa berlebihan.

Sumber info: Otten Coffee
Otten Coffee, online store kopi terbesar dan terlengkap serta termurah di Indonesia


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi