TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

[GATSUONE INFO] Trik menyimpan uang agar Agan tidak gigit jari diakhir bulan!

Selamat sore Agan-Aganwati.
Hem gimana nih rasanya ngehadapin tanggal tua? Buat yang udah dapet kiriman transfer sih enak dong yah pastinya, tapi yang belum? Apa kabarnyaaa??? *ngemutsendal



Yang namanya NABUNG itu susah banget banget..apalagi jaman sekarang banyak keperluannya.

Tapi kalau gak pinter-pinter nyimpen uang, yang ada kita menderita di akhir bulan. Keadaan yang sungguh menyakitkan, apalagi kalau ada ajakan temen buat nongkrong dikala uang lagi tipis-tipisnya. Jangankan buat nongkrong gaes, buat makan aja susah..

Berikut GatsuOne kasih Agan-Aganwati tips menabung ala mahasiswa;
Yuuuuk disimak!!


Quote: 1. Buat Persentase Penyisihan Uang

Jangan langsung nabung kalau emang Agan sama sekali gak terbiasa nabung. Coba deh bikin persentase dari uang yang kita sisihin, misalnya saat dapet pemasukan kita sisihin deh tuh sekitar 30% dari uang kita, seterusnya bertahap..misalnya 35%, ya sekiranya Agan perlu aja sih..jangan sampai 100% juga, diawal bulan bingung sendiri mau keluarin uang. Kalau emang gak bisa nyisihin juga ya berarti Agan emang gak niat. Bukan penghasilan yang bikin kita kaya Gan, tapi gimana caranya kita gunain uang tersebut.


Quote: 2. Jangan Suka Pamer

Poin ini yang kadang bikin boros, misalnya si A beli baju baru terus kita ikut-ikutan pengen juga pamer baju baru. Beli ya kalau emang kita suka banget. Gak perlu lah uang dihamburin cuma buat menuhin rasa gengsi. Kalau Agan terutama Aganwati yang demen belanja nih...perlu diperhatiin banget poin ini. Percaya gak sih gan kalau kita beli sesuatu yang gak perlu-perlu banget, suatu saat kita bakal jual barang yang kita butuhkan. Kalau pun mau belanja mending searching online shop aja Gan, faktanya kalau kita ngemall banyak pengeluaran yang gak keduga lho..


Quote: 3. Hindari Godaan

Terkadang paling susah deh ngehindarin ajakan temen buat hangout, padahal sekalinya pergi kita bisa ngabisin banyak uang, misalnya ke mall, terus nonton, makan, belum lagi kepincut barang yang lagi diskon, apalagi kalau temen kita highclass banget. Kalau emang Agan gak kepengen, ya harus berani bilang "nggak". Jangan takut dibilang gak gaul Gan..Gaul itu bukan berarti harus maksain. Buat Agan yang sekiranya mau ngapel malam minggu juga perlu waspada nih sama isi dompet, cari tempat yang gak perlu biaya mahal Gan..yang namanya malam mingguan kan terpenting moment sama si pacar.


Quote: 4. Tanam Rasa Menghargai

Rasa syukur perlu banget Gan.. Coba hargai yang namanya uang, susah payah orangtua menghidupi kebutuhan kita. Apalagi kalau uang yang kita punya dari hasil jerih payah kita sendiri. Bersyukur aja atas apa yang kita miliki, Kalau kita fokus sama apa yang gak kita punya, kita agak akan merasa cukup. Terutama buat Agan yang masih berstatus Mahasiswa/i, diirit-irit aja dulu sampai kuliah kelar dan bisa kerja dengan penghasilan yang lebih dari cukup. Dan jangan lupa kumpulin uang receh gan, biasanya 100 atau 500 perak suka kita buang gitu aja, padahal uang satu juta kurang 100,- gak akan jadi satu juta kan? Lumayan kalau sisa-sisa kembalian kalau dikumpulin.


Quote: 5. Buat Tempat Penyimpanan Lain

Agan perlu nih tempat penyimpanan lain selain dompet, misalnya dilemari, bawah tempat tidur atau celengan ayam. Hal ini supaya Agan menghindari kebiasaan mengambil uang tanpa dikontrol. Atau Agan bisa buka dua rekening, satu untuk transaksi transfer mentransfer yang satu lagi buat nabung tentunya, nah ATM tabungan sebaiknya disimpan, jangan dibawa kemana-mana. Inget ya Gan.."Rekening" bukan "Credit Card"..Pengunaan Credit Card sih kadang perlu tapi kalau buat mahasiswa kayaknya belom deh, jadi hindari aja penggunaannya ya Gan..


Quote: 6. Buat Buku Pengeluaran

Kadang kita suka bingung, ngabisin duit tapi gak tau kemana abisnya..tau-tau dompet udah sepi padahal suka ngerasa gak pernah beli apapun. Untuk mencegah hal ini terjadi, Agan butuh buku laporan keuangan sendiri, beli aja yang kecil gitu Gan, jadi kita bisa bawa kemana-mana. Awalnya emang ribet dan ngebosenin karena dikit-dikit mesti dicatet, belom lagi pasti bisa jadi bahan tertawaan temen-temen, tapi lama-kelamaan Agan kebiasa dan tahu betapa pentingnya catatan itu buat Agan. Dengan catatan itu kita bisa tahu kemana larinya uang kita selama ini dan tentu aja bisa jadi acuan kita supaya nggak boros, terkadang pengeluaran-pengeluaran kecil justru yang ngabisin banyak uang kayak beli alat-alat kuliah, biaya print tugas, biaya foto copy dan lain-lain.


Quote: 7. Buat Target

Akan lebih menyenangkan kalau kita punya target. Misalnya nabung buat "travelling" atau buat beli barang yang udah kamu incar selama ini. Pasang target buat memotivasi kita buat nabung Gan!


Quote: 8. Buat Memo Pengingat

Nah buat menghindari ego dan rasa gatal buat belanja di awal bulan, Agan perlu bikin yang namanya memo pengingat. Bisa Agan tempel di tempat penyimpanan uang semacam celengan gitu lah, atau dimading belajar. Bisa juga didepan lemari.

"Jangan digunakan, atau elo bakal jadian sama si Jono anak fakultas hukum yang cupu itu.."


Nah itu dia Gan tips dari Ane..Kalau bermanfaat boleh di Share ke yang lain gan

-sumber foto :mbah google

Jangan lupa follow :


Thanks
Salam Semangat
GatsuOne



Quote: THREAD GATSUONE LAINNYA :
[GATSUONE INFO] 10 Tips Saat Terjadi Gempa Bumi, Di simak Gan..
[GATSUONE INFO] Serba-serbi saat MOS yang dirindukan
[GATSUONE INFO] Filosofi tanaman yang belom Agan ketahui
[GATSUONE INFO] Ini dia Aplikasi Smartphone yang banyak digandrungi Abege
[GATSUONE INFO] Mengenang Perlombaan Saat 17 Agustus. Masih ada di daerah Agan?
[GATSUONE INFO] Oleh-oleh khas dari daerah, buat yang mudik jangan lupa nih Gan!
[ GATSUONE INFO ] Pertanyaan ekstrim saat Lebaran, Pernah ngalamin Gan??
[GATSUONE INFO] Tips mencegah mabuk perjalanan buat yang mudik nih..
[GATSUONE INFO] Buat Agan yang mau mudik, Beberapa hal yang mesti di prepare nih..
[GATSUONE INFO] Fashion dari Masa ke Masa. Masih inget gak gan??
[GATSUONE INFO] Selebriti Indonesia dengan gaya fashion yang nyentrik dan unik


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi