TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

[GATSUONE INFO] Oleh-oleh khas dari daerah, buat yang mudik jangan lupa nih Gan!

Selamat siang gan.
Ada yang udah libur belom gan? Atau masih sibuk beresin kerjaan kantor?
Hem...padahal nyawa udah datang duluan ke kampung halaman ya


Nah temanya masih seputar mudik dan lebaran gan. Kayaknya kurang kalau yang namanya oleh-oleh khas dari kampung gak kita bahas, secara hidup dikota lebih banyak makanan-makanan junk food, paling ya cemil-cemil juga udah lebih modern. Negara kita memang kaya dengan berbagai macam khas termasuk makanan gan, apa aja ada didesa, makanan yang rasanya jauh beda sama makanan kota.
Biasanya yang namanya pulang kampung selalu ditagih deh tuh oleh-oleh. Berikut ane mau kasih tau agan beberapa oleh-oleh khas daerah nih;

*gambar ane spoiler ya gan, takut menggoda iman
Ini dia liputannya...........

Quote: Mochi
Mochi ada berbagai macam gan. Ada mochi lampion, Mochi kenari dan Mochi Pandawa (inget,bukan kelima pandawa loh gan...), isinya itu biasanya kacang.
Spoiler for Mochi


Quote: Wajit Cililin
Terbuat dari gula kawung atau gula aren, kelapa, gula putih, beras ketan dan vanilli. Wajit yang sudah dimasak lalu dibungkus dengan daun jagung kering lalu dijemur hingga kering. Nah karena dijemur itu teksturnya agak kering dibagian luarnya.
Spoiler for Wajit Cililin


Quote: Simping
Makanan khas Purwakarta, bentuknya tipis berupa lembaran, bundar, biasanya warnanya putih. Rasanya gurih-gurih gitu. Makanan ini terbuat dari tepung beras yang diberi beberapa bumbu. Kalau pernah tau makanan SD yang gulali bentuk rambut-rambutan,nah yang jadi penjepitnya itu mirip simping. simping terdiri dari beberapa rasa antara lain: keju, kencur, jahe, strawberry, coklat, nangka, pandan, dll
Spoiler for Simping


Quote: Chocodot
Agan yang berasal dari Garut pasti tau deh. Ini merupakan oleh-oleh khas dari Garut. Chocodot, Cokelat dengan dodol Garut. Chocodot sekarang memiliki berbagai macam rasa. Jadi buat agan yang mudik ke Garut gak ada salahnya buat membawa chocodot ini sebagai buah tangan.
Spoiler for Chocodot


Quote: Wingko babat
Makanan yang berasal dari sebuah kecamatan di Lamongan, Babat. Ada yang tahu gan rasanya? Ane dulu pernah dapet oleh-oleh dari rekan kerja, rasanya itu perpaduan antara kelapa sama gula, khas banget sih. Ada juga rasa lainnya kayak nangka,cokelat dan durian. Makanan satu ini terkenal banget di Semarang, yang paling dikenal itu "Wingko Babat Cap Kereta" (kirain cap k*ki t*ga hehe)
Spoiler for Wingko Babat


Quote: Opak
Merupakan cemilan khas Blitar. Rasanya manis dan renyah. Ada dua versi bentuk, pertama memanjang, kedua contong atau mengerucut. Bentuknya tipis jadi kalau dimakan kriuk-kriuk gitu gan.
Spoiler for Opak Blitar

Spoiler for Opak Blitar


Quote: Almond Crispy
Jajanan yang lagi ngehits banget gan diSurabaya, terbuat dari telur, tepung, gula, susu bubuk, keju dan almond yang jadi toppingnya. Terdiri dari 3 variasi rasa; original cheese,cokelat dan green tea. Ane sih sukanya yang Greentea.
Spoiler for Almon Crispy



Quote: Rengginang Tenggiri, Siwalan dan Macho
Buat agan yang mudik ke Madura perlu nih bawa oleh-oleh khas Madura ini.
Rengginang Madura juga terkenal karena rasanya yang khas dan gurih. Direngginangnya itu ada ikan kecil-kecil gitu, lumayan nih buat cemil-cemilan ringan. Selain itu, ada juga Siwalan. Pernah denger gak Gan? Biasanya disepanjang pesisir Pantai Madura banyak yang jual. Rasanya manis seger, airnya juga enak, semacam kolang kaling gitu. Terakhir ada Macho, tapi bukan machonya cowok seksi gan haha. Macho ini kue khas Madura, rasanya manis. Biasanya disukain banget sama anak-anak. Terbuat dari ketan dan gula merah.
Spoiler for Rengginang Tenggiri

Spoiler for Siwalan

Spoiler for Macho


Quote: Kripik Buah
Kripik buah merupakan Khas Kota Malang, beragam buah bisa diracik menjadi keripik. Beberapa keripik buah yang bisa Anda temukan di antaranya adalah keripik apel, nangka, salak, kelengkeng, rambutan dan semangka. Jajanan ini banyak dijual ditempat-tempat wisata di Malang.
Spoiler for Keripik Buah


Quote: Jenang krasikan
Makanan satu ini khasnya Purworejo. Jenang dalam bahasa jawa itu bubur, tapi makanan ini beda gan, lebih mirip dodol, teksturnya lebih lembut. Bahan utamanya ketan dan gula. Biasanya Jenang krasikan dijual dengan potongan-potongan kecil yang dibungkus plastik tipis. Jenang krasikan bisa jadi pilihan oleh-oleh yang menarik gan, agan bisa beli di pasar-pasar tradisional Jawa tengah dan Yogyakarta.
Spoiler for Jenang Krasikan


Quote: Bakpia Pathuk dan Yangko
Bakpia asalnya itu dari kata bak (babi) dan pia (kue pia). Kue ini berasal dari cina gan, namun seiring berjalannya waktu dan percampuran budaya, kini bakpia yang terkenal didaerah Yogyakarta identik dengan isi kacang hijau tanpa campuran bab*i. Jogja juga punya oleh-oleh khas lain nih gan, Yangko misalnya, makanan ini terbuat dari tepung ketan, berbentuk persegi kecil warna-warni yang dibaluri tepung terigu. Teksturnya kenyal-kenyal gitu. Pernah sih nyobain tapi kenapa ngerasa kayak makan permen yupi yah?
Spoiler for Bakpia Pathuk

Spoiler for Yangko


Quote: Wajik Kletik
Salah satu makanan khas didaerah Jawa Tengah, terbuat dari beras ketan ditambah gula merah dan parutan kelapa. Rasanya sih pasti manis ya....
Spoiler for Wajik Kletik


Quote: Intip Solo
Intip merupakan kerak nasi yang dijemur sampai kering kemudian digoreng dalam minyak panas. Terus dibungkus dengan tambahan garam atau gula merah. Rasa khas dari makanan ini beraneka ragam; manis,asin,gurih,gula jawa. Pernah ada yang nyobain gan?
Spoiler for Intip Solo


Quote: Kue Moho Khas Pati
Moho? Eemmm kirain ho*mo #eh
Namanya aneh ya gan? Tapi ini jajanan asli Pati yang bisa dijadikan oleh-oleh karena bisa bertahan selama 2 minggu. Jajanan ini biasanya akrab dijumpai di Pasar-pasar Tradisional. Jajanan moho terbuat dari tepung beras, terigu dan gula pasir. Menyerupai kue, rasanya manis tapi moho jauh lebih lengket dimulut.
Spoiler for Kue Moho


[quote] Jenang Kudus
Jenang kudus merupakan sejenis dodol seperti dodol Garut. Bahan dasarnya tepung beras ketan, gula pasir,gula kelapa,santan, dan lemak nabati. Makanan dengan tekstur kenyal ini juga memiliki aneka varian rasa, seperti coklat, susu, capuccino, mocca, durian, nangka, pandan, dan cocopandan. Agan bisa menemui makanan ini disekitar Menara Kudus.

Spoiler for Jenang Kudus


Quote: Dangke, Kacang Sembunyi dan Kue Baruasa
Makassar, ini makanan juara kodong....(?) Dangke merupakan khas Makassar, berasal dari fermentasi susu kerbau. Kacang Sembunyi juga khas Makassar, cemilan berbahan kacang tanah yang dibalut tepung terigu dibentuk seperti pisang molen mini. Kue Baruasa khas Bugis Makassar dan udah jadi maskot kuliner Bugis. Bentuk kue ini cirinya pecah seribu, pecah-pecah gitu gan teksturnya. Yang Bugis mah tau lah pastinyaaaa..........
Spoiler for Dangke

Spoiler for Kacang Sembunyi

Spoiler for Kue Baruasa


Quote: Karupuak Sanjai
Keripik Sanjai atau keripik balado ini berasal dari Sanjai di Bukittinggi. Namun kini di Padang juga sudah banyak yang memproduksi keripik balado ini. Keripik ini dari ubi kayu yang diiris tipis membujur panjang, digoreng kering, lalu diolesi saus pedas dari racikan cabai, bawang merah, merica, dan gula
Spoiler for Karupuak Sanjai


Quote: Kue Bangkit
Kue bangkit sebenarnya merupakan kue khas Melayu. Kue putih kekuningan dengan noktah merah diatasnya. Teksturnya halus dan mudah remuk dimulut. Nah kue bangkit ini banyak ditemui dengan mudah di toko oleh-oleh Riau.
Spoiler for Kue Bangkit


Quote: Halua Kenari, Kacang Goyang, dan Cakalang Fufu.
Yang dari Manado mana SUARANYAAAAA???
Nah ini yang termasuk oleh-oleh khas dari Manado.
Halua Kenari, Cemilan yang jadi favorite masyarakat Manado dan wisatawan. Halua kenari terbuat dari gula khas Manado yaitu gula merah yang dicampur dengan buah kenari.
Kacang Goyang, duh udah kayak inul gan. Namanya kacang goyang karena pembuatannya harus digoyang-goyang diatas bara api. Bentuknya seperti batu-batu kecil yang berwarna-warni. Kacang goyang benar-benar bikin lidah berasa digoyang (katanya sih gitu...)
Cakalang fufu adalah makanan dari ikan cakalang yang dibumbui, diasap kemudian dijepit dengan bambu, banyak yang bilang enak *secarabelompernahnyobain, Sebenernya makanan ini khas dari Minahasa Utara tapi dapat ditemukan di Manado.
Spoiler for Halua Kenari

Spoiler for Kacang Goyang

Spoiler for Cakalang fufu


Quote: Bika Ambon
Sedikit aneh memang dengan embel-embel Ambon dibelakangnya, padahal makanan ini merupakan khas dari Medan. Teksturnya unik berbentuk jaring-jaring, rasanya manis dan legit serta aroma nya yang harum. Nah buat yang mudik ke Medan gak lengkap rasanya tanpa membawa oleh-oleh satu ini.
Spoiler for Bika Ambon


Quote: Kue Bhoi dan Kopi Aceh
Kue Bhoi merupakan kue bolu khas Aceh yang bentuknya beragam,biasanya dicetak dalam bentuk ikan,bunga,bintang,dll. Bedanya tekstur dalam kue bhoi lembut tapi luarnya kering karena dipanggang dalam oven. Kue ini banyak disajikan pas hajatan, tapi sekarang kue ini jadi favorite wisatawan untuk oleh-oleh. Selain Kue Bhoi, Kopi Aceh juga merupakan jenis kopi kebanggan Indonesia, apalagi masyarakat Aceh. Kopi Aceh bisa jadi oleh-oleh menarik nih gan..lumayan kan sebelum kembali ke aktivitas bisa ngopi-ngopi cantik dengan kopi racikan agan sendiri.
Spoiler for Kue Bhoi

Spoiler for Kopi Aceh


Quote: Kerupuk Amplang
Kalimantan punya cemilan sejenis kerupuk yang dikenal dengan sebutan amplang. Dengan tekstur olahan yang renyah dan lembut, plus aroma dan rasa ikan yang menggoda, hhmm….maknyuus! Dijamin bikin Agan ketagihan!
[CENTER]
Spoiler for Kerupuk Amplang


Nah itu gan, referensi dari ane. sebenernya masih banyak, secara Indonesia banyak daerahnya, banyak pula khasnya...Agan yang mau nambahin yuk mongggoooooooooooooooo.................
Sekian Gan dari ane.


[CENTER]Selamat berlibur ya gaaaaaaan.....



Salam
GatsuOne


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi