TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

[GATSUONE INFO] 10 Tips Saat Terjadi Gempa Bumi, Di simak Gan..

Sebelumnya terimakasih karena Thread ane yang kemarin jadi 'Past Hot Thread'


Selamat sore Gan....
Sekali lagi alam berduka, Beberapa pekan belakangan banyak terjadi gempa terutama di Tanah Air kita ini Gan. Yang terbaru Gempa di Papua dan Sulawesi Utara


Yang paling nakutin bencana ini sulit ditebak kedatangannya. Indonesia merupakan Negara yang terletak pada pertemuan tiga lempengan bumi, jadinya sering terjadi yang namanya goncangan gempa bumi.
Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi dipermukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi)

sumber : wikipedia


Berikut Ane kasih 10 Tips jika terjadi gempa;
Cekidot gaaan!!

Quote: 1.Pertama, kita harus tetap tenang gan, jangan panik. Kontrol emosi yang paling penting, jangan cuma teriak-teriak yang gak ada gunanya, lebih baik kita berdoa.


Quote: 2.Gempa pastinya terjadi dengan 'mendadak' dan gak kita sangka-sangka. Lagi enak-enak mantengin cewek cantik taunya semua bergetar.

Usahakan kita tahu posisi dan situasi disekitar kita gan. Ketika kita didalam gedung atau diluar gedung bahkan dijalan, prosedur penyelamatan pasti akan berbeda.


Quote: 3. Awal goyangan pertama, hindari dari jatuhan benda. Jika posisi Agan ada didalam rumah, upayakan keselamatan agan dan keluarga, Agan bisa masuk ke kolong meja atau kolong tempat tidur untuk melindungi tubuh Agan dari jatuhan benda-benda dan lindungi kepala agan dengan bantal/guling.

Agan yang lagi nyalain kompor, jangan lupa dimatikan gan, untuk mencegah terjadinya kebakaran. Setelah berhenti Agan bisa lari keluar rumah untuk nyari tempat yang lebih aman,tembok rumah yang mulai rapuh bisa aja rubuh.
Setelah kondisi aman, usahan untuk mengecek kondisi dalam rumah gan misalnya kebocoran gas, arus pendek, dan aliran pipa air.


Quote: 4. Jika Agan diluar rumah, sekali lagi..yang terpenting adalah menghindari kejatuhan benda. Jauhi juga gedung yang tinggi dan pohon besar, seringkali gedung berkaca bisa pecah gan dan bahaya buat kita yang lagi melintas.

Agan coba untuk lindungi kepala dengan tas atau apalah.

Dan coba cari tempat yang lebih aman. Tunggu sampai kondisi aman untuk masuk kedalam bangunan rumah, takutnya bangunan bisa runtuh saat terjadi gempa susulan.


Quote: 5. Gempa saat agan di kantor atau mall, kadang kalau kita lagi ditempat umum pasti kehebohan yang terjadi, semua orang berhamburan bahkan banyak yang jadinya malah terinjak, kalau emang mungkin..coba bantu juga tenangin orang-orang disekitar. Buat yang lagi di mall atau tempat umum lain, Agan bisa ikutin tuh arahan petugas.
Biasanya sih petugas-petugas pastinya udah terlatih deh tuh untuk kondisi-kondisi yang berbahaya. Nah buat Agan yang lagi kerja didalam gedung, Agan bisa terjun ke lantai (jangan terjun dari gedung gan), cari perlindungan di kolong-kolong meja, hindari berlindung dekat kaca gan.

Setelah aman usahakan turun dari gedung buat Agan yang kerja dilantai atas. Inget hindari penggunaan 'lift' karena berbahaya, kemungkinan lift tersangkut pasti terjadi (ya lebih baik kejebak dihati mantan daripada kejebak di lift kan?),Kalau posisi Agan didalam lift segera keluar Gan. Agan bisa turun melalui tangga darurat, Buat cewek yang suka pakai sepatu tinggi, harap hati-hati, takutnya panik malah kepeleset.
Setelah guncangan selesai Agan bisa bantu periksa apakah ada yang luka atau tidak,lakukan P3K, minta pertolongan kalau-kalau ada yang luka parah.


Quote: 6. Digunung atau Pantai, Jika Agan lagi ditempat ini menjauhlah langsung ke tempat yang aman gan. Kalau Agan lagi diperbukitan atau gunung coba carilah tempat yang lebih datar, kalau bisa cari informasi setelah terjadinya guncangan. Untuk Agan yang lagi menikmati liburan di Pantai, larilah ketempat yang lebih tinggi, yang paling ditakuti setelah gempa adalah 'tsunami' biasanya ini yang akan muncul dibenak kita saat terjadi gempa, buang jauh-jauh..tetep positif thinking sambil cari perlindungan gan. Coba cari informasi seberapa besar potensi gempa yang terjadi.

Quote: 7. Jika posisi Agan sedang dalam perjalanan, usahakan menepi gan tapi jauhi yang namanya jembatan, tebing curam, dan gedung-gedung tinggi. Agan bisa keluar dari kendaraan untuk mencari tempat aman jika diharuskan untuk mengungsi.

Quote: 8. Simak Informasi, ini jadi hal yang penting Gan. Coba cek informasi di media-media, takutnya berpotensi gempa susulan atau bahkan lebih bahaya daripada itu. Tapi jangan sampai terpancing dengan isue atau berita yang gak jelas sumbernya.

Quote: 9. Hubungi keluarga atau kerabat, Jika masih memungkinkan jangan lupa kasih kabar gan, setidaknya keluarga atau kerabat kita tau kalau kondisi kita baik-baik aja dan gak bikin mereka panik. Terutama Agan yang lagi sekolah,kuliah atau kerja..keluarga pasti akan kepikiran tuh. Kalau Agan gak sempet bawa ponsel, Agan bisa pinjem ke petugas, makanya dihafalin Gan nomor orang rumah.


Quote: 10.Waspada gempa susulan
Biasanya masa kritis gempa bumi cuma beberapa menit aja, tapi kalau terjadinya dipusat kota yang padat penduduk justru lebih bahaya, secara bangunan tinggi dimana-mana, beberapa bangunan juga kita gak tau masih sekokoh dulu atau nggak. Nah Agan mesti hati-hati banget, selesai gempa pertama jangan buru-buru beraktifitas lagi gan.. tunggu sampai dapet informasi jelas dari BMKG, karena banyak biasanya terjadi gempa susulan.


Intinya sih Gan, yang namanya bencana dan musibah kita gak tau kapan datangnya tapi yang pasti siap gak siap ya kita harus hadapi, perbanyak rasa syukur sama Tuhan, perbanyak ibadah dan kurangi ego yang bikin alam marah sama kita.
Semakin hari bumi kita ini semakin tua, populasi manusia makin banyak, gedung dimana-mana, kalau ada gempa kadang bingung mau berlindung dimana, negara kita udah padat sama gedung-gedung tinggi. Ibaratnya nih kayak kakek nenek, bumi kita udah batuk-batuk, udah ngos-ngosan.
Mari kita berfikir tentang kehidupan dan hikmah dibalik semua yang terjadi...


Sekian Gan Tips dari Ane, Semoga bermanfaat buat kita semua.
Jangan lupa gan follow :


Thanks
Salam Semangat!!!
GatsuOne


Quote: THREAD GATSUONE LAINNYA :
[GATSUONE INFO] Serba-serbi saat MOS yang dirindukan
[GATSUONE INFO] Filosofi tanaman yang belom Agan ketahui
[GATSUONE INFO] Ini dia Aplikasi Smartphone yang banyak digandrungi Abege
[GATSUONE INFO] Mengenang Perlombaan Saat 17 Agustus. Masih ada di daerah Agan?
[GATSUONE INFO] Oleh-oleh khas dari daerah, buat yang mudik jangan lupa nih Gan!
[ GATSUONE INFO ] Pertanyaan ekstrim saat Lebaran, Pernah ngalamin Gan??
[GATSUONE INFO] Tips mencegah mabuk perjalanan buat yang mudik nih..
[GATSUONE INFO] Buat Agan yang mau mudik, Beberapa hal yang mesti di prepare nih..
[GATSUONE INFO] Fashion dari Masa ke Masa. Masih inget gak gan??
[GATSUONE INFO] Selebriti Indonesia dengan gaya fashion yang nyentrik dan unik
[GATSUONE INFO] 6 Negara dengan kiblat fashion terbaik


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi