TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

Berani Mencoba?! Cara Memancing Ikan Ala Orang Sri Langka [PICT]


Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Selamat Datang Di Thread Unitedd
Mudah"han Tidak Repost




Quote: Quote: Quote: Kegiatan memancing memang disukai banyak kalangan, baik kalangan muda maupun tua pasti pernah memancing baik di tempat pemancingan, danau maupun di laut dan biasanya memancing ikan di pinggir laut ataupun di atas kapal. Sensasi memancing yang begitu mengasyikkan memang sering dialami oleh para penikmat kegiatan ini. Alat pancingnya pun bisa berbeda-beda, mulai dengan peralatan sederhana yakni mata pancing, benang yang diikat pada sebatang kayu, ataupun dengan menggunakan alat pancing profesional yang dapat menahan bobot dan kekuatan ikan sampai beberapa puluh kilometer. Quote:
Spoiler for unik

Sri Langka sejak berabad-abad lampau telah menggoda banyak orang untuk datang. Bahkan Marco Polo menggambarkan negara ini sebagai pulau terbaik di dunia, sehingga mereka, orang-orang Eropa, India, dan Arab datang berbondong-bondong. Selain mengagumi keindahannya, para pelancong ini juga tertarik dengan laporan melimpahnya rempah langka, batu mulia, dan eksotika binatang liar. Quote:

Spoiler for unik

Sri Langka juga menyimpan kebudayaan bahari yang menarik. Akan tetapi, apakah Agansista tahu bahwa di Sri Lanka ada cara unik untuk memancing di laut, yakni mereka memancing dengan cara bergelantungan pada tiang penyangga yang ditanam di tengah laut. Kegiatan memancing ini dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat yang berada di Distrik Galle sebelah barat daya Sri Lanka, khususnya Kathaluwa dan Ahangama. Tradisi ini sudah dimulai sejak jaman Perang Dunia II. Quote:

Spoiler for unik

Mulai pada pagi hari saat matahari terbit, diantaranya menggunakan tiang-tiang besi bekas perang dengan menanamnya di terumbu karang untuk pijakan. Karena besi makin lama makin jarang, mereka akhirnya juga menemukan bahwa kayu juga cukup kuat untuk ditanam dan dijadikan pijakan memancing, masing-masing pemancing beramai ramai berpijak pada tiang-tiang kayu ini panjangnya 3-4 meter dengan sekitar 1,5 meternya tertanam di terumbu karang yang telah terikat oleh batang vertical yang ditanam pada terumbu karang ini. Dengan peralatan yang cukup sederhana, mereka memancing dengan menggunakan satu tangan dan tangan yang lainnya memegang tiang yang disebut Petta untuk menjaga keseimbangan agar mereka tidak jatuh ke laut dan wadah penampung ikan telah dipersiapkan dan diikat pada sisi tiang penyangga. Ikan Baring atau masyarakat setempat menyebutnya Koraburuwa dan ikan Mackerels atau Bolla menjadi target tangkapan mereka. Ketika mereka mendapat ikan, ikan tersebut dimasukkan kedalam karung yang diikat disisi tiang penyangga. Quote:

Spoiler for unik

Menjadi nelayan seperti ini juga berarti bahwa hidup mereka harus mengikuti pula cara hidup ikan-ikan buruan mereka. Ikan-ikan di sini akan muncul pada awal angin musim barat daya dan biasanya pada pagi-pagi sekali dan sore hari, sehingga paling tidak nelayan-nelayan ini akan bekerja dua kali sehari. Tradisi ini terus diwariskan dari para orangtua kepada anak-anaknya. Quote:

Spoiler for unik

Kenapa mereka tidak menggunakan jala ? Menurut mereka
Tradisi ini cukup unik dan berhasil menjaga persediaan ikan di laut karena menurut mereka bahwa teknik memancing menggunakan cara lebih modern yakni dengan menggunakan jala atau metode memancing modern lainnya akan menyebabkan persediaan ikan cepat habis, mengingat jika menangkap ikan dengan cara menjala atau dengan teknik modern yang lain, ikan akan cepat habis, dan ekosistem laut bisa terganggu. Ekses positif dari kearifan lokal menangkap ikan dengan cara unik ini adalah terjaganya ekosistem laut. Metode ini sempat hilang setelah terjadinya bencana Tsunami di Sri Lanka beberapa tahun yang lalu, namun setelah itu tradisi ini mulai dimunculkan kembali oleh masyarakat setempat.



Quote: Quote: Ni GanSis Foto - foto Gokil Mancing Ala Sri Langka

Spoiler for KEREN GILA




































































































Quote: Memancing sambil menyatukan diri dengan alam, love it
Spoiler for BONUSSS

Mencari ikan dengan menggunakan tradisi Petta memberi pesan agar manusia tidak serakah agar nelayan dapat tetap bertahan hidup.
Nelayan-nelayan tradisonal seperti ini seperti barang seni yang hampir sekarat dimana banyak pihak justru memburu ikan dengan cara-cara yang justru membuat ikan-ikan "menjauhi" manusia. Tidak banyak masyarakat yang punya pemikiran untuk membuat ikan-ikan buruan ini merasa tidak "terganggu".

sedikit editan TS
sumur
sumber
sumber





Kalo Trhead Ini Menarik&Menginspirasi, Boleh Dijadiin Rekomendasi HT

Recomend HT


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi