TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

6 Hidangan yang ada Film Harry Potter dan Cara Bikin nya!

Quote: -WELCOME TO MY THREAD-

Quote:
Buat kamu para penggemar buku serial dan film super laris Harry Potter, pastilah pernah merasa penasaran dengan aneka makanan unik yang dijabarkan dalam buku tersebut. Mulai dari permen, minuman, sampai makanan yang diceritakan sebagai hidangan khas dari dunia sihir itu memang bikin kita bertanya-tanya seperti apa rasanya.

Sayangnya karena cuma berasal dari buku fiksi, kemungkinan kamu untuk bisa mencicipi santapan-santapan unik a la dunia sihir itu nggak mudah. Ada sih beberapa makanan yang dijual di taman wisata bertema Harry Potter, tapi harganya lumayan menguras isi dompet (selain karena taman-taman wisata tersebut letaknya jauh di luar negeri). Jangan khawatir, bagi kamu yang penasaran sama makanan khas Harry Potter! Bikin saja makanan-makanan itu sendiri, kamu pasti bisa!


1. Udah siap dikejutkan oleh Kacang Segala Rasa Bertie Bott's?
Spoiler

 for



Kamu pasti tahu dong sama Kacang Segala Rasa Bertie Bott's yang terkenal karena rasanya super aneh-aneh itu. Dari rasa normal kaya karamel sampai rasa kotoran kuping pun ada! Nah sebenernya kamu juga bisa coba buat kacang ini sendiri lho. Berikut bahan dan Caranya

Bahan dan Peralatan yang kamu butuhkan:
  • 180 ml air

  • 280 gram gula kastor atau gula halus

  • 7 gram gelatin bubuk

  • Pewarna-pewarna dan ekstrak-ekstrak perasa makanan yang kamu sukai (sebaiknya pilih juga warna-warna yang aneh biar kacang segala rasamu semakin seru! Misalnya warna hitam, ungu atau merah menyala)
    Cooking oil spray
    Campuran gula icing sederhana dari gula halus yang dicampur dengan beberapa tetes air (untuk melekatkan 'kacang'nya).

  • Panci stainless-steel yang tebal.

  • Termometer gula.

  • Cetakan jelly bean, cetakan kecil-kecil membentuk biji kopi yang berbahan silikon.


Cara membuatnya :

  • Pertama-tama masukkan air ke dalam panci, kemudian tuangkan gula lalu aduk hingga gulanya benar-benar larut ke dalam air. Singkirkan gula yang menempel di dinding panci dengan kuas pastri basah dan pastikan semua gula sudah larut ke dalam air.

  • Setelah gulanya larut merata, masukkan gelatin bubuk ke dalam larutan gula tersebut.

  • Masukkan termometer gula ke dalam panci dan panaskan larutan gula plus gelatin tadi hingga mendidih pada suhu 110°C (kurang lebih butuh waktu 20 menit di atas api sedang).

  • Sementara adonan permennya sedang dididihkan, semprot cetakan jelly bean dengan cooking spray.

  • Siapkan mangkuk-mangkuk dan sendok-sendok yang banyaknya sesuai dengan jumlah varian warna dan rasa Kacang Segala Rasa yang ingin kamu buat. Langkah ini penting karena adonan gula cepat mengeras, jadi kamu harus bekerja cepat saat mencampur warna nantinya.

  • Setelah adonan permen mencapai suhu yang diinginkan segera bagi ke dalam mangkuk-mangkuk yang sudah disiapkan tadi, lalu beri pewarna dan perasa makanan yang berbeda-beda dalam setiap mangkuknya. Ingat semua harus dilakukan dengan cepat.

  • Jika kamu tidak ingin adonan permen lekas mengeras, letakkan panci di atas kompor dengan api kecil sambil terus diaduk.

  • Setelah selesai diberi warna dan perasa, langsung tuang adonan gula ke dalam cetakan-cetakan yang sudah disemprot cooking spray. Tuang setiap varian rasa & warna ke lubang cetakan dalam jumlah genap ya agar dua cetakan bisa membentuk satu biji 'kacang' nantinya. Diamkan cetakan tersebut selama semalaman. Keesokan harinya lepaskan satu persatu dari cetakan.

  • Untuk membuat satu kacang yang utuh, tangkupkan dua bagian permen dan lem menjadi satu menggunakan pasta dari gula halus yang diberi beberapa tetes air




2. Cokelat Kodok yang ini memang nggak benar-benar bergerak tapi legit rasanya bakal menggoyang lidahmu!
Spoiler

 for



Coklat kodok yang berhadiah koleksi kartu-kartu penyihir tersohor ini juga populer banget di kalangan murid-murid Hogwarts. Harusnya sih coklat-coklat berbentuk hewan amphibi ini bisa lompat-lompat bagaikan kodok hidup, dan sayangnya di kenyataan kita nggak bisa begitu. Tapi resep yang akan kamu buat ini nggak kalah enak dari segi rasa kok.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:
  • 8 sdm gelatin

  • 75 ml milk

  • 2 sdt esens vanila

  • sejumput garam

  • 200 mL coklat bubuk (dark cocoa)

  • 145 ml gula putih

  • 355 ml susu cair

  • Cetakan puding berbentuk kodok yang paling realitsis yang bisa kamu dapatkan.


Cara Membuatnya:
  • Campurkan susu yang 75 ml dan gelatin bubuk dalam sebuah mangkuk. Sisihkan.

  • Campurkan susu yang 335 ml, gula putih bubuk cokelat dan garam menjadii satu dalam sebuah panci ukuran sedang.

  • Aduk hingga semuanya benar-benar tercampur merata, kemudian panaskan di atas kompor dengan api sedang hingga larutan tersebut mulai mengeluarkan gelembung di bagian tepinya.

  • Setelah larutannya mulai mengeluarkan gelembung, kecilkan api kompor dan masukkan esens vanila, masukkan juga gelatin bubuk perlahan-lahan, dan kemudian aduk hingga semua bahan tersebut larut.

  • Matikan kompor, diamkan larutan tersebut selama beberapa menit agar tidak terlalu panas. Setelah itu tuang adonan cokelat ke dalam cetakan kodok yang sudah kamu siapkan dengan hati-hati.

  • Masukkan cetakan ke dalam kulkas selama 20 sampai 30 menit agar mengeras. Jika sudah, perlahan-lahan lepaskan coklat kodokmu dari cetakan.

  • Jadi deh! Sajikan!




3. Jus Labu khas dunia sihir Harry Potter bisa kamu nikmati di dapurmu sendiri.

Spoiler

 for



Jus labu hampir selalu ada dalam setiap kesempatan dan acara dalam dunia sihir Harry Potter. Di rumah makan ada, di sekolah ada, di rumah para keluarga sihir pun ada. Penasaran nggak kenapa para penyihir doyan banget sama minuman satu ini?

Bahan Yang Kamu Butuhkan
  • 150 gram labu kuning kukus yang sudah dihaluskan

  • 960 ml sari jus apel

  • 38 gram buah apricot yang sudah dihaluskan atau 60 ml sari buah peach

  • 1/4 sdt bubuk kayu manis

  • 1/4 sdt bubuk pala
    gula sesuai selera


Cara Membuatnya:
  • Biarkan es krimnya meleleh selama 30 menit dan biarkan butternya berada dalam suhu ruangan selama kurang lebih 2 jam.

  • Campurkan butter, gula dan rempah-rempah menjadi satu dalam sebuah mangkuk besar. Tambahkan campuran ini ke dalam es krim dan bekukan dalam freezer.

  • Panaskan krim soda dalam sebuah panci hingga suhunya cukup hangat namun masih berkarbonasi (paling nggak 3 menit).

  • Atau kamu juga bisa langsung menggunakan krim soda yang sangat dingin untuk mendapatkan tekstur seperti slushie. Terserah selera kamu, mau dingin atau hangat.

  • Isi setiap gelas dengan satu sekup campuran es krim dan rempah tadi, lalu tuangkan krim soda yang sudah dihangatkan atau krim soda yang masih dingin di atasnya.






SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi