TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

6 Fakta Unik Dari Kentut Yang Perlu Diketahui



Biasanya, karena makan makanan tertentu seseorang bisa mengalami buang angin atau kentut terlalu sering. Berbicara mengenai kentut, tidak sedikit orang menjadikan kentut sebagai bahan guyonan. Namun tidak sedikit pula yang menganggapnya sebagai aib karena dianggap jorok atau tidak sopan.

Tapi tahukah Anda, sebenarnya kentut memiliki beberapa fakta menarik dan unik serta mengejutkan. Menurut beberapa ahli kesehatan, ketika seseorang kentut, maka hal ini adalah suatu yang wajar dan tubuh berfungsi dengan baik untuk mengeluarkan sisa pencernaan di dalam tubuh. Dilansir dari laman buzzfeed.com, ada beberapa fakta unik dari kentut. Apa saja faktanya? Simak ulasannya berikut ini.


1. Makanan Penyebab Kentut

Ada beberapa jenis makanan yang dipercaya bisa menyebabkan seseorang kentut lebih sering. Makanan tersebut adalah makanan yang mengandung banyak sulfat atau gas. Dan makanan tersebut adalah brokoli, kembang kol, almond, jengkol, daging ataupun produk olahan susu. Makanan ini juga dikatakan mampu membuat kentut berbau tidak sedap.

2. Siapa Saja Yang Kentut

Pada dasarnya, semua orang mengalami kentut dalam dirinya. Laki-laki, perempuan, anak kecil, orang dewasa bahkan orang tua akan mengalami kentut setiap harinya. Sadar atau tidak, dalam sehari orang yang sehat bisa kentut lebih dari 10 kali karena setiap hari seseorang akan buang gas sedikitnya dua liter.

3. Sering Wanita Atau Laki-Laki Yang Kentut

Jika ada yang mengatakan laki-laki lebih sering kentut jika dibandingkan wanita. Anggapan ini salah. Study mengatakan bahwa laki-laki dan perempuan akan kentut dengan jumlah yang sama. Jika pun di antara laki-laki atau wanita ada yang jarang kentut, kemungkinan besar mereka kentut dengan sembunyi-sembunyi atau menahannya.

4. Waktu Kentut

Seseorang akan kentut kapan saja. Tapi, biasanya seseorang akan lebih sering kentut di pagi hari sebelum ia buang air besar. Seseorang juga akan lebih sering kentut ketika ia mengalami masalah pada lambung dan usus.

5. Asal Kentut

Mungkin sebagian besar dari kita bertanya-tanya dari mana asal kentut. Perlu kita tahu, kentut berasal dari udara yang tertelan. Selain udara yang tertelan, makanan yang mengandung banyak gas, makan dengan buru-buru, makan tanpa mengunyah dengan sempurna juga akan memicu timbulnya gas dalam lambung dan memicu munculnya kentut.

6. Suara Kentut

Tidak jarang, saat seseorang kentut maka kentut yang ia keluarkan akan bersuara. Lalu, dari mana suara kentut itu berasal? Suara yang dihasilkan kentut berasal dari getaran di anus saat kentut keluar. Semakin cepat kentut yang keluar, bisa dibilang suara kentut juga akan semakin keras. Biasanya, jika kentut yang keluar tidak bersuara, maka ia akan lebih bau. Bau ini sendiri berasal dari campuran kandungan hidrogen sulfida dan merkaptan serta sulfur. Karena senyawa inilah yang menyebabkan kentut menjadi berbau.

Vemale



SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi