TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

4 Kendaraan Unik Jaman Dulu di Indonesia

Quote: Selamat Siang agan dan sistah, Pakabar Gan? Semoga dalam keadaan baik-baik saja ya gan tanpa kurang satu apapun.
Quote: Sekarang kan lagi bulan puasa ya gan, dan sebentar lagi kita-kita akan menjumpai hari LEBARAN yang sangat dinanti-nantikan tentunya oleh kita semua. Dan bagi agan-agan yg hidup sebagai pengembara tentu akan pada mudik kan ke kampung halaman masing-masing dengan alat transportasi baik itu bus/bis, kereta api, pesawat terbang dll.
Pada postingan kali ini ane mau share kan kendaraan-kendaraan umum jaman dulu yang pernah ada di Indonesia. Kalau dilihat dari jaman sekarang sih unik gan. Sok atuh gan, cekibrot gan ke bawah kalau agan pengen tahu mah!!!!


cek repsol dimari gan : No Repsol

Quote: 1. Trem Batavia

Dimulai dengan Trem kuda pada 1869. Buku 'Kisah Betawi Tempo Doeloe: Robin Hood Betawi' karya Alwi Shahab menyebut, trem kuda berupa kereta panjang yang memuat 40 penumpang.
Sesuai namanya, kereta tersebut ditarik tiga atau empat kuda. Sang kusir biasanya menggunakan terompet sebagai klakson. Trem kuda lewat lima menit sekali dan beroperasi setiap hari mulai pukul 05.00-20.00 dengan tarif 10 sen.

Pada 1881, keberadaan trem kuda digantikan Trem uap. Kereta tak lagi ditarik kuda melainkan lokomotif yang dijalankan dengan ketel uap. Rutenya pun lebih panjang yaitu dari Pasar Ikan sampai Jatinegara. Jalur trem bercabang di kawasan Harmoni. Selain ke arah Tanah Abang, jalur trem juga menjalar ke Jatinegara melintasi Pasar Baru – Gunung Sahari – Kramat – Salemba – Matraman.

Sekitar 20 tahun kemudian, seiring perkembangan teknologi, trem uap pun tergeser oleh trem listrik. Namun, trem uap masih mengiringi kemunculan trem listrik hingga akhirnya dihapus pada 1933. Selama 27 tahun, trem listrik pun merajai jalanan Jakarta hingga akhirnya tergusur oleh bus-bus PPD.


Quote: 2. Helicak

Helicak merupakan singkatan dari helicopter dan becak. Bentuknya yang mirip dengan helikopter dan becak membuat kendaraan umum satu ini bernama helicak. Kendaraan unik satu ini mulai beroperasi di Jakarta pada Maret tahun 1971, yaitu di saat pemerintahan Gubernur Ali Sadikin.

Layaknya becak biasa, penumpang bisa duduk di depan tepatnya di dalam kabin dengan kerangka besi dengan penutup yang terbuat dari serat kaca di bagian depan yang berfungsi untuk melindungi penumpang dari panas terik, hujan, dan debu jalanan. Sedangkan, pengemudi berada di bagian belakang. Kendaraan yang memang mirip dengan becak ini muat untuk 2 penumpang dewasa. Namun, sayangnya kendaraan yang berasar dari skuter Lambretta asal Italia ini dilarang beroperasi lagi pada tahun 1987 lantaran jika terjadi kecelakaan penumpanglah yang akan menjadi korban terlebih dahulu. Selain itu, helicak tersingkirkan karena munculnya bajaj saat itu.


Quote: 3. Oplet

Di tahun 1950-an terdapat kendaraan unik yang mirip dengan mobil. Kendaraan ini tercipta karena terinspirasi dengan mobil sedan merek Morris buatan Inggris. Perbedaanya adalah ban yang di modifikasi. Kendaraan ini mempunyai 2 bagian, yaitu bagian untuk supir dengan pintu samping dan bagian belakang untuk penumpang. Lantai dan jendela kendaraan ini terbuat dari kayu. Di bagian jendela terdapat bentang plastic yang padt dinaikkan dan diturunkan. Sedangkan atapnya terbuat dari seng.

Kendaraan umum ini sudah ada sejak tahun 1950-an. Rata-rata oplet bermerek Austin. Sehingga sebagian orang betawi lebih menyebutnya dengan sebutan Austin. Oplet ini semakin terkenal di masa film 'Si Doel Anak Sekolahan' yaitu di era 1990-an. Namun, di era tersebut kendaraan umum ini sudah tidak mempunyai ijin beroperasi. Ijin operasi kendaraan ini sudah dicabut sejak tahun 1979. Sejak tahun tersebut pula, muncul mikrolet sebagai gantinya. Mikrolet ini sebenarnya adalah evolusi dari oplet.


Quote: 4.Kancil

Kendaraan ini muncul sebagai ganti dari bajaj yang menimbulkan polusi. Kendaraan ini mulai diusulkan pada tahun 2000. Pada tahun 2004 ijin operasi Kancil disetujui oleh Gubernur DKI Jakarta yaitu Fauzi Bowo. Kancil adalah singkatan dari . Kendaraan unik ini diproduksi oleh PT. Karunia Abadi Niaga Citra Indah Lestari. Kendaraan ini mirip dengan bentuk mobil yang dimodikasi dengan bajaj. Sehingga bentuknyamenjadi seperti mobil mungil.

Namun, kemunculan dari kancil ini menuai pro kontra lantaran kancil bisa beroperasi jika pembeli membeli bajaj untuk dimatikan operasinya. Selain itu, kancil hanya mempunyai ijin melewati jalan-jalan tertentu saja. Oleh karena itulah, kendaraan umum ini tak lama beroperasi dan akhirnya tidak berkembang biak karena aturan tang berlaku terbilang rumit.




Sekian dulu ya gan info dari ane, semoga manfaat deh buat nambah pengetahuan gan

Quote: Sumur Mbah Google, Om Wiki sama Lain-Lain Gan

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi