TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

10 Jenis Batu Akik yang Cocok Untuk Anak Muda

Tren batu akik yang akhir-akhir ini melanda Indonesia tidak hanya berpengaruh terhadap kalangan dewasa, namun juga anak muda. Kaum remaja serta muda-mudi yang tadinya tidak terlalu berminat terhadap gemstone, kini mulai aktif memburu batu mulia untuk dijadikan koleksi atau bahkan bisnis. Namun tentu saja patut diingat bahwa tidak semua batu akik cocok digunakan oleh anak muda.

Lantas bagaimana mengetahui apakah sebuah batu akik pas dipakai oleh seseorang yang masih berusia 30 tahun ke bawah? Sebenarnya tidak ada kriteria khusus mengenai ini, karena berkaitan dengan selera masing-masing.

Namun beberapa faktor yang biasanya menjadi pertimbangan adalah motif batu, warna, berat, dan juga ukuran. Pasalnya, kaum muda identik dengan asesoris yang praktis dan tidak terlihat berlebihan.

Tertarik menggunakan batu akik? Berikut 10 jenis batu akik yang cocok untuk anak muda.

1. Batu akik lavender / spirtus



Batu akik yang berasal dari Baturaja ini merupakan salah satu yang direkomendasikan untuk remaja. Alasannya, batu lavender punya warna yang amat menarik. Selain itu, batu akik jenis ini juga memiliki tingkat kekerasan yang cukup kuat, mencapai 6 hingga 7 mochs. Cocok untuk mereka yang punya segudang aktivitas dalam satu hari. Warna batu lavender yang terlihat amat alami membuatnya pas digunakan sebagai aksesoris di berbagai macam kesempatan.

2. Batu bacan doko



Banyak ditemukan di Pulau Bacan, Kecamatan Doko, batu bacan termasuk jenis batu akik yang sanggup membius kalangan dewasa dan juga kaum muda yang tengah rajin-rajinnya mengoleksi batu mulia. Jika kamu masih berusia di bawah 30 tahun, batu akik jenis ini sangat cocok untuk menjadi pilihan.

Selain nilai jualnya yang masih amat tinggi, warna hijau alami yang dimiliki batu akik ini juga terlihat amat sedap dipandang. Istimewanya lagi, batu bacan sanggup memancarkan warna yang berbeda jika terkena cahaya. Pemakainya dipercaya bakal merasa lebih percaya diri dan terlihat lebih elegan. Soal tingkat kekerasan kristal, batu bacan memiliki nilai antara 6 hingga 7 mochs.

3. Batu akik hijau Garut



Sama seperti namanya, batu akik satu ini banyak ditemukan di daerah Garut. Anak muda yang tertarik dengan koleksi batu akik kerap memburu batu akik satu ini karena warnanya yang tidak jauh beda dengan batu bacan doko. Namun patut diingat bahwa jenis batu akik ini tidak bisa memancarkan cahaya yang berbeda meski terkena pancaran sinar dari luar. Ini yang membuat batu bacan doko lebih istimewa, karena bisa terlihat seperti berwarna biru jika diekspos oleh cahaya.

4. Batu akik kecubung



Batu akik kecubung merupakan salah satu jenis batu akik yang tengah digemari di Indonesia. Warnanya cukup mirip dengan batu akik lavender, ungu dengan sedikit kombinasi biru. Amat cocok jika digunakan untuk datang ke acara resmi, karena akan membuat pemakainya terlihat lebih elegan. Tak sedikit pula orang yang percaya bahwa batu akik kecubung bisa membawa keberuntungan.

5. Batu akik Kalimaya



Batu akik jenis ini berasal dari Banten, dan tengah menjadi primadona di kalangan kolektor. Di pasaran, batu akik Kalimaya bisa ditawarkan dengan harga mencapai puluhan juta Rupiah. Warnanya terlihat cukup modern, serupa dengan spektrum warna pelangi. Diyakini mereka yang menggunakan batu akik ini akan merasa jauh lebih percaya diri, oleh karena itu amat cocok digunakan oleh anak muda.

Jika ingin mengetahui lebih dalam mengenai batu akik Kalimaya, kalian bisa mencarinya di Internet dengan nama lain batu akik black opal, yakni sebutan yang diberikan untuk batu ini di pasaran Internasional. Reputasi batu akik Kalimaya di luar negeri juga cukup diperhitungkan. Kabarnya, di Jepang batu dengan jenis ini merupakan salah satu yang kerap digunakan sebagai mas kimpoi.

6. Batu akik gambar



Mengusung nama yang sedikit unik, batu akik gambar merupakan batu akik yang di dalamnya memiliki motif natural dan jika diperhatikan dengan seksama, membentuk gambar atau pola tertentu.

Jika kamu pergi ke sentra penjualan batu mulia, batu akik ini juga dikenal dengan sebutan batu kolang-kaling, lantaran memiliki warna putih bening. Batu akik gambar cocok digunakan oleh kalangan dewasa dan anak muda. Namun patut diingat bahwa tinggi rendahnya harga ditentukan oleh seberapa unik motif yang ada di dalamnya.

Pacitan, Garut, dan Nusa Kambangan merupakan daerah-daerah di Indonesia yang banyak menghasilkan batu akik gambar atau juga dikenal dengan nama lain Agate. Nilainya amat tinggi, lantaran tidak sedikit orang yang percaya bahwa gambar di dalamnya mengandung mitos atau kekuatan sihir tertentu.

7. Batu giok



Batu giok merupakan salah satu jenis batu alam yang memiliki warna dominan hijau. Catatan sejarah menunjukkan bahwa batu ini sudah populer dari zaman kerajaan kuno, terutama di daerah Asia Timur seperti Jepang dan Tiongkok. Selain dimanfaatkan sebagai perhiasan, kekuatan batu Giok juga dipercaya memiliki manfaat untuk pengobatan, meningkatkan ketenangan, jimat dalam perjalanan, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia, batu giok juga bisa ditemukan di daerah Aceh. Beberapa bulan silam, sempat muncul kabar mengenai penemuan batu giok dengan berat mencapai 20 ton di negeri Serambi Mekah tersebut.

8. Batu topaz



Topaz merupakan salah satu batu mulia yang dikenal memiliki tingkat kekerasan tinggi, mencapai nilai delapan jika menggunakan skala mochs. Di Indonesia, ada banyak istilah yang digunakan untuk menyebut batu topaz. Ada daerah yang menyebutnya sebagai batu Daud, mirah cempaka, atau bahkan selong. Namun meski dikenal sebagai batu yang keras, jika berbenturan dengan objek yang sama kerasnya atau mengalami perubahan suhu ekstrem, batu topaz akan mengalami retak dan bahkan rusak.

Topaz sangat cocok dikenakan oleh golongan anak muda, karena kilaunya yang bervariasi. Smoky topaz misalnya, memiliki warna coklat. Namun selain itu, masih ada jenis topaz lain yang memiliki warna cerah seperti biru, merah keemasan dan jingga. Carilah jenis yang sesuai dengan selera atau karaktermu.

9. Batu akik kalsedon



Batu kalsedon atau dikenal dengan nama kaladen / kaleden, merupakan salah satu yang paling sering diburu para penggemar dan kolektor batu akik di Indonesia. Hal tersebut lantas membuat harga batu akik jenis ini melambung tinggi di pasaran.

Kalsedon juga menjadi primadona tersendiri di pasaran Internasional. Warnya begitu indah dan mempesona, biasanya cukup banyak ditemukan di daerah Pacitan, Jawa Timur. Ada empat motif utama yang sering muncul di batu jenis ini: punggung kura, moonstone, cat's eye, dan bi-color atau bahkan tri-color . Tergantung pada selera dan karakter masing-masing orang, batu ini cocok untuk semua jenis kalangan, dewasa atau bahkan anak muda.

10. Batu zamrud



Batu zamrud juga dikenal dengan nama emerald di dunia internasional. Fisiknya didominasi oleh warna hijau. Batu ini dipercaya bisa membawa manfaat positif bagi mereka yang memiliki gangguan fungsi hati / liver dan masalah di bagian kepala. Oleh karena itu zamrud amat cocok bagi orang yang sudah mulai pelupa. Tak hanya sampai di situ saja, batu ini juga dikenal sebagai penawar racun gigitan binatang berbisa. Kolombia, Siberia, Afrika Selatan, Zimbabwe, dan Brasil, merupakan daerah utama yang dikenal sebagai penghasil zamrud.

Batu zamrud memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Satu batu berukuran besar dengan warna yang terbilang sempurna bisa ditaksir mencapai 10.000 Dollar Amerika Serikat per karat. Tak heran jika di zaman lampau, batu ini hanya terbatas digunakan sebagai perhiasan oleh golongan bangsawan dan raja.

SUMBER: 10 Jenis Batu Akik yang Cocok Untuk Anak Muda


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi