TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

10 Fakta Unik Tentang Pizza

Quote: Cek sini repost atau tidak
Spoiler for CEK


Quote: Siapa yang tak suka pizza? Adonan roti pipih berbentuk bundar yang dipanggang dengan olesan saus tomat ini diberi beragam topping. Dari keju​ keju dan irisan paprika hingga daging sapi. Sangat digemari oleh banyak orang di dunia.

Rasanya empuk gurih dengan racikan topping sesuai selera menjadi keunggulan pizza. Mudah dimakan dan cukup mengenyangkan. Selain punya beragam varian, pizza di duia juga punya fakta unik. Inilah 10 fakta yang dirangkum dari foxnews (20/07), yang mungkin belum Anda ketahui.


Quote:
Spoiler for Pic

1. Ada organsisasi untuk verifikasi keaslian, Neapolitan Pizza di seluruh dunia

Didirikan pada tahun 1984, Associazione Verace Pizza Napoletana (True Neapolitan Pizza Association) telah menetapkan aturan khusus yang harus diikuti jika pizzeria (restoran khusus pizza) ingin menyebut produk pizza mereka sebagai otentik Neapolitan.

Adonan Pizza harus dipanggang di dalam oven yang terbuat dari kayu, dan harus dibuat seluruhnya dengan tangan (tanpa bantuan alat bahkan rolling pin). Selain itu, diameter pizza tidak boleh lebih dari 35 cm, dan tidak boleh 1/3 cm lebih tebal​ di bagian tengah.


Quote:
Spoiler for Pic

2. Tak ada yang tahu darimana asal kata 'pizza'

Terdapat beberapa teori yang bersaing mengemukakan asal emotologi kata pizza. Masyarakat Yunani kuno menyebut kata pizza berasal dari kata pikte yang berarti kue difermentasi dan pitta yang berarti roti gandum.

Menurut warga Itali, menyebut pizza berasal dari pizzacare yang berarti memetik dan mengeluarkan dengan cepat dari oven. Sedangkan masyarakat Jerman dulunya menyebut pizza dari kata pizzo yang artinya sesuap. Pizza dibawa ke Itali oleh Lombard pada abad keenam.


Quote:
Spoiler for Pic

3. Tomat tak selalu jadi bahan penting

Tomat dulunya adalah komponen yang dibawa oleh penjelajah Eropa di akhir tahun 1500-an yang ditaburkan​ di atas adonan pie yang kita kenal sekarang dengan nama pizza.

Namun sampai saat ini, tidak ada yang tahu persis siapa orang yang pertama menambahkan tomat ke pizza. Meskipun begitu, hal tersebut menjadi sebuah perkembangan yang telah dilakukan orang zaman dahulu pada sebuah makanan.


Quote:
Spoiler for Pic

4. Lapisan luar pizza disebut Cornicione

Jika Anda dan teman-teman makan pizza maka jangan tinggalkan bagian sisi renyah pizza. Sisi ini bukan dinamakan sebagai kerak, namun Cornicione (dibaca: cor-nee-cho-nay) yang berarti cornice atau cetakan. Cornicione adalah nama dari dasar adonan pizza yang diatasnya diberi aneka topping.


Quote:
Spoiler for Pic

5. Tak ada pizza potongan di Italia

Pizza di Itali hanya disajikan utuh (bahkan untuk pizza Neapolitan ukuran kecil) atau dengan bentuk pizza kotak atau segitiga yang disajikan di wadah besar, pizza ini disebut dengan Pizza Al Taglio.

Neapolitan Pizza yang dijual di New York juga berukuran besar dan satu ukuran Neapolitan pizza besar dijual dengan harga sekitar 5 cent (Rp 7.000). Tapi, bagi mereka yang menginginkan ukuran yang lebih kecil, penjual pizza di New ​York bisa memotong pizza tersebut menjadi bentuk potongan kecil.


Quote:
Spoiler for Pic

6. Penyebaran Pizza dimulai sejak Perang Dunia II

Tentara GI ditempatkan di Italia selama perang dunia II yang menemukan pizza di negara yang terkenal dengan menara pisa tersebut. Dan sejak saat itu, para tentara GI ketagihan dengan adonan pipih bercita rasa lezat itu.

Saat ​mereka kembali ke Amerika Serikat mencari lingkungan warga Itali​a​ yang dapat membuat hidangan pizza. Hal ini menjadi​ sebuah fenomena nasional.


Quote:
Spoiler for Pic

7. Banyak jenis pizza dengan ciri khas daerah

Anda mungkin akrab dengan New York dan Chicago Pizza, tapi bagaimana dengan Detroit Pizza yang berbentuk persegi dan dipanggang di sebuah oven tua? Atau New Haven pizza "Apizza", pizza tipis bertekstur sedikit kenyal yang hangus di bagian sisi luar pizza.

Ada juga St. Louis Pizza yang merupakan pizza tipis berbentuk potongan persegi yang ditaburi dengan keju Provel. Variasi pizza tersebut adalah pizza yang sengaja dibuat dengan ciri khas daerah asalnya.​


Quote:
Spoiler for Pic

8. Pizza terbesar di dunia ukurannya hampir 4 meter

Berdasarkan Guinness Book of Records​, pizza terbesar sepanjang sejarah dibuat pada tanggal 8 Desember tahun 1990 di Johannesburg, Afrika Selatan. Dibuat dengan 1.100 pound (5kg) tepung, 1.800 pound (815 kg) keju dan 2.000 pound (906 kg) saus tomat. Ukuran pizza ini sepanjang 123 kaki atau sepanjang 4 meter. Ini adalah pizza yang terpanjang yang pernah ada di dunia.​


Quote:
Spoiler for Pic

9. Bulan Oktober adalah bulan pizza nasional

Hari pizza nasiaonal​ sudah ada sejak tahun 1984. Bulan nasioanal pizza pertama jatuh pada bulan Oktober tahun 1984. Hal ini diciptakan oleh Gerry Durnell, seorang penerbit majalah bernama "Pizza Today". Jadi, jangan lupa untuk selalu merayakan hari pizza nasioanal di tiap bulan Oktober dengan keluarga atau kerabat!​


Quote:
Spoiler for Pic

10. Restoran Khusus Pizza (Pizzeria) Amerika tertua ada di Trenton, N.J.

Lombardi mungkin menjadi pizzeria pertama di Amerika, namun restoran itu tutup pada tahun 1984 dan tidak beroperasi selama hampir 10 tahun. Namun setelah tutup sangat lama, restoran tersebut buka kembali di lokasi yang baru dan dibawah manajemen yang baru.

Papa's Tomato Pies yang didirikan oleh Giuseppe Papa di tahun 1912 di South Clinton Avenue, Trenton – New Jersey, telah beroperasi sampai saat ini sejak hari pembukaan dan masih dimiliki dan dioperasikan oleh keluarga Papa.​


Quote: Ijo Ijo Yes, merah merah No
yang mau rekomen HT Rekom HT atau ratenya juga boleh


Quote:
Spoiler for Sumber
Detikdan Detik Foto : Thinkstock

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi