TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

Voyager 1, Wahana Antariksa Terjauh Dalam Sejarah Manusia

Quote:


Salam sejahtera




Quote:


Voyager 1, wahana antariksa terjauh dalam sejarah manusia.

Check it out:


Quote: Quote:
Latar belakang
Spoiler

 for 1




Diluncurkan pada pagi hari, 37 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 5 September 1977, wahana antariksa ini masih beroperasi sampai sekarang. Misi utama dari Voyager 1 ini adalah menyelidiki Planet Jupiter dan Saturnus beserta bulan-bulan milik kedua planet tersebut. Misi tersebut telah selesai dilaksanakan pada 20 November 1980. Karena misi utamanya telah selesai, maka Voyager 1 ini menjalankan misi tambahan yaitu menyelidiki heliosphere bagian luar dan mengeksplorasi wilayah interstellar atau wilayah luar tata surya kita ini.


Quote:
Piringan Emas Voyager

Spoiler

 for 2




Hal yang unik dari Voyager 1 ini adalah wahana ini juga membawa sebuah piringan emas, atau biasa dikenal dengan "Voyager Golden Record".

Apakah keistimewaan dari piringan emas ini?

Ada dua hal yang mendasari disertakannya piringan emas ini. Pertama, piringan emas ini digunakan sebagai alat komunikasi searah bila mana ada makhluk asing yang kebetulan menemukan piringan emas. Kedua, sebagai semacam "mesin waktu" bagi siapa saja yang melihat kembali isi dari piringan emas ini.

Bagaimanakah penampakan dari piringan emas ini?

Untuk mencegah korosi dan dimaksudkan agar dapat bertahan sampai jutaan tahun, piringan emas ini dibuat dari bahan tembaga berpelat emas (gold-plated copper). Piringan emas ini diletakkan di bagian tengah sebelah bawah dari Voyager 1, seperti dalam gambar di bawah ini:



Apakah isi dari piringan emas ini?

Isi dari piringan emas ini dibuat oleh sebuah tim yang dipimpin oleh Carl Sagan dari Cornell University. Adapun isinya terdiri dari berbagai macam gambar dan berbagai macam suara. Gambar-gambar yang disertakan, antara lain: gambar tentang semua hal yang berhubungan dengan sains, dari rumus-rumus matematika dan fisika, gambar tata surya dan planet-planetnya, reaksi kimai, sampai gambar DNA, gambar anatomi tubuh manusia dan lain-lain. Lalu mengenai kemanusiaan, ada gambar kegiatan manusia sehari-hari, kebudayaan, wajah orang, makanan, arsitektur dan lain-lain. Selain itu ada juga gambar mengenai alam, tanaman, binatang, serangga, pemandangan dan lain-lain. Jumlah keseluruhan dari gambar-gambar tersebut yaitu 116 gambar. Gambar-gambar tersebut diubah ke dalam bentuk analog yang berbentuk 512 garis vertikal. Seperti yang ada di gambar di bawah ini:



Untuk suara-suaranya juga sangat bervariasi. Ada suara hembusan angin, deburan ombak, petir, denyut jantung manusia, berbagai macam suara binatang dan lain sebagainya. Ada juga ucapan salam/sapaan dari 55 bahasa di dunia (bahasa Indonesia termasuk tidak ya?). Selain itu ada berbagai macam musik dan lagu yang disertakan, misalnya musik karya musisi: Bach, Mozart, Beethoven, Stravinsky, Guan Pinghu, Blind Willie Johnson, Chuck Berry, Kesarbai Kerkar dan Valya Balkanska.





Quote:
Epilog

Spoiler

 for 3




Voyager 1 ini tercatat sebagai wahana antariksa yang paling jauh dalam sejarah manusia sampai saat ini dan diperkirakan akan kehabisan tenaganya pada tahun 2025. Sehingga secara otomatis Voyager 1 ini tidak dapat lagi menyelesaikan misinya. Meskipun demikian, Voyager 1 ini akan terus bergerak menjauhi tata surya kita, dan akan mencapai kabut-bintang Oort dalam 300 tahun mendatang, diperkirakan perlu waktu 30.000 tahun untuk melewati kabut-bintang tersebut. Lalu pada waktu 40.000 tahun yang akan datang, Voyager 1 ini diperkirakan sudah menempuh jarak 1.6 tahun-cahaya, tepatnya berada di bintang Gliese 445, yang ada di kontelasi Camelopardalis. NASA mengatakan, "The Voyagers are destined—perhaps eternally—to wander the Milky Way."



Itulah sekilas mengenai Voyager 1.
Kalo ada yang mau menambahkan silakan ...



Quote:


Spoiler for Sumber


Thread ane yang lain:

Pelajaran Hidup dari Sebuah Layang-Layang  (www.kaskus.co.id)
Inilah Rasanya Kalo IDnya Dilaporin di Thread Sticky  (www.kaskus.co.id)
Tipe Orang Berdasarkan Cara Menggeser Layar Smartphone  (www.kaskus.co.id)
Benda-Benda Ini Aja Pada Happy, Kok Kalian Nggak?!  (www.kaskus.co.id)
Kamu Perfeksionis? Masuk Sini!  (www.kaskus.co.id)
Dan banyak yang lain  (www.kaskus.co.id)



SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi