TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

Setelah Batu Akik, Kini Ayam -Ayam Unik yang Jadi Ajang Bisnis

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh





Mungkin perawakannya biasa saja, tiada beda dengan ayam pada umumnya. Eits jangan terjebak! Meski terlihat biasa, ayam ini sangat istimewa karena bisa tertawa layaknya manusia.

Ayam ketawa, begitulah orang biasa menyebutnya. Pasalnya, suara kokok ayam ini cukup unik dan khas, panjang, serta bernada seperti orang yang sedang tertawa. Bayangkanlah suara kokok ayam saat pagi hari yang berbunyi kukuruyuuk. Nah, ayam yang berasal dari Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, ini bisa berkotek mirip suara tawa Mak Lampir, tokoh imajiner sandiwara radio legenda Gunung Merapi yang terkenal di tanah Jawa, nan menyeramkan.

Hanya itu? Tunggu dulu, ada juga suara kuik-kuik, dangdut, dan gretek. Disebut suara kuik-kuik lantaran ayam akan memamerkan bunyi kuik-kuik secara berulang-ulang dengan nada panjang. Suara dangdut berbunyi standar kokoooook kokokok, sedangkan suara gretek dibunyikan secara cepat.


Quote:
Konon Pemilik Ayam Ketawa pada zaman dahulu sangatlah langka, mengingat pemiliknya rata-rata kaum bangsawan. Etika dan rasa hormat kepada kaum bangsawan khususnya anggota kerajaan membuat Ayam Ketawa disegani dan menjadi simbol pada masyarakat tertentu.

Asal muasal ayam ketawa berasal dari daerah Sidrap atau Sidenreng Rappang (Sulawesi Selatan).Di daerah Sidrap inilah terdapat Satu Jenis Ayam yang berbeda suaranya daripada Ayam yang lain.Walaupun secara umum menyerupai Ayam yang lain,tetapi pada ujung berkokoknya menyerupai suara orang ketawa.Ada juga yang menyerupai burung gagak sehingga disebut Ayam Gagak.


Adapun tahapan ternak ayam ketawa populer ini antara lain :

Quote:
Quote: Persiapan Kandang
Quote:

Quote: Lokasi ternak ayam ketawa dapat dilakukan di mana saja. Pertama, kita harus persiapkan kandang pemeliharaan berukuran 2,6m x 2,1m x 0,75m. Ada baiknya kandang dibuat beberapa tingkatan yang masing-masing tingkatan disekat menjadi 4 bagian. Kandang sebaiknya terbuat dari kayu dan triplek yang diberi kawat dan potongan pipa dan bambu diikat di luar kandang untuk tempat makanan, serta tempat minum plastik diletakkan di dalam kandang.

Lokasi yang baik untuk pemeliharaan ayam ini berada di tempat yang teduh dan hangat dengan ketinggian antara 500-1500 mdpl. Dengan lokasi yang teduh diharapkan ayam ini hidup nyaman sehingga menghasilkan suara yang baik. Suhu optimal pemeliharaan berkisar dari 22-30°C. Untuk suhu penetasan telur 37-38 °C, dan kandang biasanya diberi lampu listrik 5 watt.



Quote:
Quote: Indukan
Quote:

Quote: Indukan jantan dan betina harus rutin dikimpoikan pada masa reproduksi. Syarat jantan yang siap dikimpoikan sebaiknya berumur 1 tahun, dengan kondisi sehat, warna bulu bagus dan jengger tegak berdiri, kualitas irama suara terbaik. Induk betina sebaiknya berumur di atas 6 bulan dan dipilih yang menunjukkan siap kimpoi seperti pasrah saat dipegang. Perbandingannya 1 ekor indukan ayam jantan bisa mengawini 2 ekor indukan ayam betina.

Indukan ayam diletakkan di kandang perkimpoian berukuran 5mx1mx0,75m yang bisa berisi 3 ekor ayam, yaitu 1 jantan 2 betina.

Proses mengawinkan ayam ini mudah. Selain dengan cara alami (ditempatkan di 1 kandang), perkimpoian juga bisa dilakukan dengan bantuan manusia. Caranya ayam jantan dan betina dikeluarkan dari kandang, lalu saling didekatkan. Tak lama kemudian betina akan langsung dikimpoii induk jantan.



Quote:
Quote: Penetasan Telur
Quote:

Quote: Setelah kimpoi, indukan betina dimasukkan ke kandang pemeliharaan untuk bertelur. Indukan betina biasanya mampu bertelur sampai 15 butir. Telur kemudian dibersihkan dan diberi label untuk membedakan dengan telur sebelumnya.

Untuk memperbanyak telur ayam ketawa dapat dilakukan dengan cara setelah semua telur keluar sekitar 11-13 butir, pindahkan semua telur ke mesin penetas telur (inkubator telur) dan sisakan satu butir di tempat induk ayam itu bertelur. Dengan demikian induk ayam itu akan bertelur lagi.

Telur yang telah dipindahkan dari sarang induk ayam ketawa betina kemudian dieramkan di inkubator telur. Sebaiknya gunakan 2 buah inkubator telur. Telur disimpan dalam inkubator telur yang pertama selama 3 hari, kemudian dipindah ke inkubator yang kedua di rak bawah selama kurang lebih 18 hari, dan dipindah ke rak atas selama 3 hari sampai telur menetas.

Telur dapat ditetaskan dalam mesin penetas telur otomatis sehingga memberikan kemudahan dalam proses penetasan telur dibandingkan cara konvensional. Alat ini biasanya berkapasitas ± 50 telur yang dilengkapi dengan 1 buah lampu bohlam 5-10 watt dan sistem pengatur suhu otomatis. Untuk suhu optimal penetasan diatur di suhu 37 ÂșC. Keberhasilan penetasan dengan alat ini cukup tinggi sekitar 80 %.



Quote:
Quote: Pemeliharaan
Quote:

Quote: Setelah 21 hari di inkubator, telur akan menetas, kemudian anak ayam yang baru menetas dipindahkan ke kandang khusus anak ayam yang bisa menampung 20-30 ekor. Kandang tersebut dilengkapi dengan lampu dan tempat makan serta botol minum. Perawatan anak ayam setelah mencapai umur 1 bulan juga harus hati-hati, misalnya perlu dijemur tetapi hanya sepintas, cukup 10-15 menit.

Ciri-ciri anak ayam ketawa yang bagus sudah dapat dideteksi pada usia 1,5 bulan, karena pada usia tersebut anakan ayam sudah mulai belajar berkokok. Suaranya hampir mirip dengan kokok Ayam Ketawa dewasa, namun dengan interval nada pendek dan kecil. Ciri lainnya bentuk jengger bagian belakang menempel dengan tempurung kepala.

Pakan yang diberikan berupa pur halus/pur starter untuk anak ayam umur 0-3 bulan, dan umur di atas 3 bulan diberikan pakan berupa beras merah dosis sekenyangnya (ad libitum). Selain gizinya lebih baik, beras merah juga tidak mengandung lendir.

Untuk menunjang masa kesuburan (masa bertelur) induk betina ayam ketawa harus banyak diberi makan pur dengan diselingi kacang hijau matang untuk meningkatkan daya tetas dan memproduksi telur lebih banyak.

Vitamin yang diberikan merek Vitaplex sebanyak 1 kapsul per ekor ayam dicampur dengan air minum ayam. Selain itu Eko juga memberikan jamu berupa jahe dan kencur khusus untuk Ayam Ketawa jantan. Dosis pemberian jamu ini ½ sdt per ekor ayam tiap sore hari. Pemberian jamu ini dipercaya bisa meningkatkan kualitas suara ayam ketawa.

Pemeliharaan lain rutin memandikan dan menjemur ayam tiap hari untuk meningkatkan kualitas suara ayam.



Quote:
Quote: Panen
Quote:

Quote: Panen Ayam Ketawa sudah bisa dilakukan setelah anak ayam berumur satu bulan.



Quote:
Quote: MASUK DI HITAM PUTIH
Quote:
0.jpg


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi