TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

[Nostalgia] Ponsel-ponsel yang Tergolong Unik di Tahun 2000-an


Quote: PEMBUKAAN

Ponsel atau handphone atau telepon genggam atau ponsel sekarang telah menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Hampir semua orang di dunia memiliki benda yang satu ini. Benda ini sekarang juga sudah melenceng dari fungsi aslinya yaitu sebagai alat komunikasi dan kini malah lebih menonjolkan fungsi multimedia dan konektivitas. Ponsel juga terus mengalami penyempurnaan dari waktu ke waktu. Di akhir tahun 1990-an, ponsel tercanggih dan termahal sekalipun masih berukuran besar, berlayar kecil dan monokrom, berfitur terbatas, dan masih dilengkapi antena luar. Kini, ponsel sudah semakin kecil, berlayar besar, berfitur lengkap, dan tentu saja tidak berantena luar. Di antara sekian banyak ponsel yang beredar di pasaran, ada beberapa tipe ponsel yang bisa dibilang cukup unik di zamannya. Apa sajakah itu?

Spoiler for Siemens SL-45
Siemens SL-45

Sekarang, ponsel yang bisa memutar lagu itu biasa. Namun di tahun 2001, itu adalah hal yang luar biasa. Hal itu yang dilakukan oleh produsen ponsel Jerman, Siemens, saat meluncurkan Siemens SL-45 tahun 2001. Ponsel in tergolong maju di zamannya. Bagaimana tidak, ponsel ini sudah memiliki pemutar mp3, inframerah, bahkan slot kartu memori jenis MMC. Namun, untuk mendengarkan lagu, kita harus mencolokkan headset ke port 3,5 mm. Meskipun demikian, ponsel berbobot 88 gram ini tetaplah merupakan ponsel dengan pemutar mp3 pertama di dunia.
Spoiler for Nokia N-Gage
Nokia N-Gage

Bagi penggemar game ponsel, tentu pernah memiliki atau ingin memiliki ponsel yang satu ini. Ya, ponsel keluaran Nokia tahun 2003 ini merupakan sebuah ponsel yang dikhususkan untuk bermain game. Desain gembung yang unik dan keypad-nya yang berada di samping ketimbang di bawah layar menambah keunikan ponsel ini. Menggunakan Symbian Seri 60 6.1, kita dapat memainkan berbagai game dengan serunya dan juga bermain dengan orang lain lewat konektivitas bluetooth. Penerusnya, N-Gage QD, diluncurkan pada 2004.
Spoiler for Nokia 3200
Nokia 3200

Ponsel keluaran Nokia tahun 2004 yang bersegmen anak muda ini memang biasa dalam segi fitur. Kamera beresolusi CIF, radio FM, dan lampu senter sudah sering ditanamkan di ponsel zaman itu. Yang membuatnya tidak biasa adalah cover (penutup) yang digunakan. Cover luarnya adalah plastik bening dan desain dalamnya dapat kita ganti sesuka hati. Sebuah hal yang jarang dimiliki ponsel bahkan hingga saat ini.
Spoiler for Nokia 3650
Nokia 3650

Ponsel Nokia yang diriilis 2003 ini memiliki keunikan dari segi desain. Bagian atasnya berbentuk kotak biasa manakala bagian bawahnya berbentuk setengah lingkaran. Struktur keypad-nya juga unik karena melingkar seperti telepon zaman dahulu. Fiturnya sendiri tergolong standar untuk ponsel kelas menengah zaman itu : kamera VGA, bluetooth, dan WAP. Bentuk keypad-nya yang melingkar sering dikeluhkan konsumen karena merepotkan. Akhirnya, diluncurkan penerusnya yaitu Nokia 3660 yang memilih struktur keypad biasa.
Spoiler for Nokia 6600
Nokia 6600

Ponsel sejuta umat Nokia ini diluncurkan pada 2003 dan merupakan salah satu smartphone pertama di dunia. Ponsel memiliki keunikan dari segi desain yang terlihat gembung. Ponsel ini juga merupakan ponsel sejuta umat dan merupakan ponsel terlaris keenam sepanjang masa dengan penjualan 150 juta unit di seluruh dunia. Ponsel ini berhenti diproduksi pada 2007.
Spoiler for Nokia 9500
Nokia 9500

Ponsel Nokia ini tergolong mahal ketika diluncurkan pada 2004. Kala itu, harganya sama dengan sebuah sepeda motor bebek atau mencapai lebih dari Rp10 juta! Sebagai perbandigan, harga ponsel kelas atas saat itu (menurut pengalaman dan ingatan ane) berkisar antara Rp5 juta dan Rp7 juta. Namun, ponsel seri Communicator ini tetap saja laris di pasaran. Ponsel ini cukup tebal karena memiliki layar di dalam dan bagian samping kanannya dapat dibuka seperti laptop. Memiliki ponsel ini di zaman itu, agan bakal dikira bos-bos!
Spoiler for Nokia 7610
Nokia 7610

Ponsel yang bernuansa fesyen ini memiliki desain belah ketupat yang unik. Ketika dikeluarkan pada 2004, Nokia 7610 adalah ponsel Nokia pertama yang mengusul kamera beresolusi 1 megapiksel manakala ponsel zaman itu masih berkutat di resolusi QCIF, CIF, dan VGA.
Spoiler for iPhone
iPhone

Sebagai penutup ada smartphone keluaran Apple, iPhone. Salah satu mahakarya almarhum Steve Jobs selain MacBook dan iPod ini pertama kali dliuncurkan pada 2007 dan menjadi penanda dimulainya perjalanan Apple di industri ponsel. Ponsel ini menggunakan sistem operasi eksklusif yaitu iOS dan memiliki tampilan yang khas. Penutup baterai tidak bisa dibuka dan pengoperasiannya agak sulit (berdasarkan pengalaman pribadi ane menggunakan iPhone milik teman). Ponsel ini memiliki harga yang cukup mahal untuk smartphone sejenis dan memiliki daya tahan baterai yang kurang karena terlalu banyak fitur yang dimilikinya. Saat ini, iphone sudah mencapai generasi ke-6 yaitu iPhone 6 dan 6 Plus.

Demikian ponsel-ponsel unik pada tahun 2000-an. Perkembangan teknologi adalah kehendak zaman yang tidak dapat ditolak atau dihindari. Tinggal kita sebagai pengguna yang berusaha menggunakannya dengan bijak. Terima kasih telah berkunjung ke thread ane.

Quote: Referensi
Situs ke-1  (en.wikipedia.org)
Situs ke-2  (en.wikipedia.org)
Situs ke-3  (en.wikipedia.org)
Situs ke-4  (en.wikipedia.org)
Situs ke-5  (en.wikipedia.org)
Situs ke-6  (en.wikipedia.org)
Situs ke-7  (en.wikipedia.org)
Situs ke-8  (en.wikipedia.org)
Situs ke-9  (en.wikipedia.org)


MINAMI CREATIVE WORKS
MADE IN JAKARTA, REPUBLIC OF INDONESIA
2015


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi