TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

Kuliner Legendaris: Ikan Kayu!

IKAN KAYU?????

Quote: sejarah ikan kayu

Apa yang ada di benak anda saat mendengar kata ikan kayu ?? Mungkin anda dan kita semua berpikir bahwa itu adalah kayu yang diukir hingga bentuknya seperti ikan.


Namun sebenarnya Ikan kayu adalah istilah indonesia bagi produk olahan ikan yang telah mengalami rangkaian proses seperti perebusan dan pengasapan bertingkat, hingga teksturnya menjadi sekeras kayu, dan berwarna coklat tua kehitaman .

Pengolahan ikan kayu memang original jepang, yang diadopsi oleh indonesia. Dimana ilmu ikan kayu sendiri telah berumur ratusan tahun di negara induk. Konon, produk ikan kayu selalu di bawa tentara jepang saat perang dunia ke-2. Karena selain bisa bertahan lebih dari setahun, produk tersebut juga cocok dalam segala kondisi.

Orang jepang sendiri menyebut produk tersebut sebagai katsuobushi . Dari produk ikan kayu dan turunannya orang jepang dapat meracik puluhan, hingga ratusan jenis makanan dan bumbu penyedap.

Ironisnya, karena perubahan jaman, unit-unit pengolahan ikan kayu yang dulu menjamur, kini mulai LANGKA!!.. Hanya sekitar 40% saja yang mampu disuplai ke konsumen, sedangkan sisanya harus diimport dari negara lain, seperti indonesia, philiphina, vietnam, thailand dan china.


Bahan Baku Utama Pembuatan IKAN KAYU Quote: Bahan baku utama dalam pembuatan Ikan kayu yang unik ini adalah Tuna, Tongkol ataupun cakalang.

Daging ikan - ikan tersebut sangat gurih, padat dan mudah diolah menjadi berbagai menu makanan sehingga ikan ini menjadi pilihan yang tepat untuk menjadi menu makanan sehari-hari. Selain itu, ikan- ikan ini juga memiliki kandungan protein yang tinggi dan sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan.

KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT IKAN KAYU BAGI KESEHATAN

Salah satu kandungan gizi yang sangat penting pada ikan laut adalah omega 3 . Beberapa jenis ikan laut dengan kandungan omega 3 yang banyak dijual di pasaran Indonesia adalah ikan tuna, ikan tongkol, ikan tenggiri, ikan layang, ikan kembung dan ikan lemuru.

Kandungan gizi lainnya yang terdapat dalam Ikan kayu per 100 gram adalah: Quote: Kalori : 111 Protein : 24 Lemak : 1 Kolesterol : 46 Zat besi : 0.7

Khasiat Ikan Kayu:

Selain lezat dan bergizi, ikan kayu juga memiliki khasiat yang cukup spesifik, yaitu merangsang pertumbuhan sel-sel darah merah dan menghambat proses penuaan. Makannya, jika ingin awet muda, disarankan untuk mengkonsumsi ikan kayu. Jika dikonsumsi secara rutin, minimal tiga kali dalam seminggu sebagai menu utama, penyakit semacam rheumatic dan anemia akan sulit mengganggu anda.

Quote: Khasiat ikan kayu lainnya adalah untuk mengobati penyakit antara lain :

1.Rheumatic dan Linu Tulang
2.Anemia atau Lesu Darah
3.Mencegah Ejakulasi Dini
4.Kulit Kusam



Quote: Sumber 


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi