TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

Inilah 10 Hewan yang Paling Banyak Dikonsumsi di Dunia


Quote:
Ketika siang hari tiba makanan yang biasanya Anda cari mungkin biasanya merupakan makanan berkalori tinggi dan biasanya makanan ini tentu menyajikan hidangan daging sebagai bahan pokoknya. Dapatkah Anda mengingat daging apakah yang biasanya Anda konsumsi dan lihat setiap harinya ?.

Umumnya hewan yang dijadikan bahan pokok makanan yang dapat Anda temukan dengan mudah berasal dari hewan yang diternakkan dan dikhususkan untuk dikonsumsi seperti Ayam, sapi, ikan ataupun kambing. Walaupun begitu di negara lain seperti Amerika mengkonsumsi Kelinci ataupun Guinea pig (hamster) merupakan hal yang umum.

Berikut merupakan 10 Hewan yang paling banyak dikonsumsi di Dunia :




Quote:

10. Kelinci


Walaupun daging kelinci tidaklah begitu populer di Indonesia dan hanya beberapa daerah di Indonesia yang menjual daging kelinci, namun ternyata daging kelinci menjadi salah satu hidangan makanan di beberapa negara Eropa, China, Utara dan Selatan Amerika.

Daging Kelinci ternyata memiliki kandungan protein yang tinggi dibandingkan daging lainnya, sedangkan kadar lemak jenuhnya ternyata lebih rendah dibandingkan oleh daging ayam, sapi, kambing. Sedangkan bagi orang yang memiliki penyakit jantung ternyata aman dalam mengkonsumsi daging kelinci.



Quote:

9. Guinea Pig


Hewan yang lebih dikenal sebagai hamster ini ternyata menjadi salah satu makanan pokok di beberapa negara bagian dunia, paling umumnya dapat ditemukan di bagian selatan Amerika seperti di Peru dan Bolivia. Dikatakan bahwa setidaknya setiap tahun di Peru terdapat 65 juta hamster dikonsumsi.

Daging dari hamster inipun tergolong populer dikarenakan digunakan sebagai salah satu daging dalam bahan diet, dikarenakan daging dari hamster tergolong "White Meat" (Memiliki kadar lemak dan kolestrol yang rendah). Pengembang biakkan dari hamster pun tergolong mudah dan tidak memakan banyak tempat.

Fakta mengejutkan ternyata pengembiakkan dari hewan hamster berawal untuk ditujukan sebagai konsumsi dan bukan dijadikan hewan peliharaan. Namun pada akhirnya hamster ini menjadi salah satu hewan yang populer untuk dipelihara.




Quote:

8. Bebek


Bebek menjadi hewan domestik yang digunakan sebagai konsumsi pertama kali oleh negara China. Berbeda dengan daging ayam yang berwarna keputihan ketika dimasak matang, daging bebek memiliki warna yang kehitaman dan memiliki kadar kolestrol yang cukup tinggi dibagian pahanya.

Salah satu hidangan bebek yang terkenal dari China adalah Bebek Peking yang dibuat dari jenis Bebek Pekin, hidangan ini biasanya menyajikan bebek secara utuh baik dipanggang ataupun direbus. Sedangkan di Peranics terdapat Foie grass merupakan hidangan yang berasal dari hati Bebek ataupun Angsa. Cara pembuatan hidangan Foie grass ini tergolong kontroversial dikarenakan bebek digemukkan dengan cara dipaksa makan sebanyak 2 kali dalam 1 hari sehingga volume dari hati bebek membesar hingga 10 kali lipat.



Quote:

7. Kalkun


Ayam kalkun ternyata memiliki warna daging putih dan hitam, Warna hitam dari daging ayam kalkun berasal dari darah yang mengikat oksigen dan terdapat di dalam otot menyebabkan warna daging menjadi hitam. Dikatakan bahwa kalkun domestik sebagian besar tidak memiliki warna daging hitam, berbeda dengan kalkun yang hidup di alam liar, biasanya dagingnya berwarna hitam dibagian kaki ataupun dada dan rasanya lebih nikmat.

Hidangan ayam kalkun paling banyak disajikan ketika menjelang perayaan Thanksgiving ataupun Natal, biasanya hidangan ini umumnya disajikan di Amerika.

Ternyata dibandingkan dengan ayam, kalkun lebih suka di pegang oleh manusia, bahkan kalkun dapat duduk selama berjam-jam didekat Anda jika Anda membelai bulu-bulunya. Walaupun ayam kalkun terlihat sebagian besar berjalan di tanah, namun kalkun ternyata dapat terbang.



Quote:

6. Ikan


Ikan sudah menjadi salah satu makanan pokok di beberapa negara yang memiliki wilayah perairan yang luas. Ikan merupakan salah satu bahan pokok makanan yang dapat disajikan dalam berbagai macam bentuk baik mentah, kukus, goreng, tumis, rebus, dan lain-lain.

Salah satu hidangan dari ikan yang paling terkenal di dunia adalah Sushi, hidangan dari sushi yang berasal dari jepang menggunakan ikan salmon sebagai sajiannya. Hidangan lain dari ikan yang tergolong unik yaitu Sashimi, ikan mentah yang dimakan langsung biasanya diberikan beberapa saus sebagai bumbu penyedap.

Fakta menyehatkan ternyata ikan memiliki kandungan omega-3 yang tinggi sehingga baik untuk jantung maupun hati Anda. Sedangkan dikatakan bahwa mengkonsumsi ikan secara teratur ternyata menyehatkan



Quote:

5. Domba


Daging yang berasal dari domba ternyata dapat dikategorikan menjadi 3 macam yaitu Lamb, Hogget dan Mutton. Lamb merupakan jenis daging domba yang berumur kurang atau 1 tahun, sedangkan Hogget berumur lebih dari 1 tahun, dan Mutton merupakan jenis daging domba yang telah berumur. Harga daging dari Lamb tergolong mahal dikarenakan rasanya yang halus, empuk dan gurih. Berbeda dengan daging domba yang telah berumur dimana daging lebih berbau.

Salah satu hidangan populer yang mendunia dan dibuat dengan daging domba merupakan Kebab. Kebab merupakan hidangan khas yang berasal dari negara turki, biasanya daging yang digunakan berasal dari domba yang telah berumur lebih dari 1 tahun.

Fakta mengejutkan, berbeda dengan daging kambing ternyata daging domba memiliki kadar lemak jenuh yang sangat tinggi, dalam 110 gram daging domba terdapat setidaknya 331 kalori dan 10 gram lemak jenuh. Sehingga jika Anda terlalu sering memakan daging domba dapat mengakibatkan resiko kadar kolestrol tinggi dan penyakit jantung.



Quote:

4. Kambing


Kambing telah dijadikan hewan perternakan sejak 9000 tahun yang lalu di bagian wilayah barat Asia. Kambing dijadikan salah satu hewan perternakan dikarenakan susu dan dagingnya, bahkan tulang dan kulit dari kambing dapat digunakan sebagai pakaian dan bahan untuk alat-alat.Kambing paling umum dijadikan sebagai bahan dalam penyajian makanan sop dan sate di Indonesia.

Menurut legenda, ternyata kopi ditemukan pertama kali oleh hewan kambing. Seorang pengembala kambing bernama Kaldi sedang mengembalakan kambingnya dibagian tepi gunung, hingga ia melihat kambingnya menjadi aktif setelah memakan rerumputan hijau dengan buah beri merah, hingga akhirnya ia mencoba buat tersebut dan kemudian ketika ia bangun di pagi hari ia merasa segar dan penuh energi.

Fakta mengejutkan walaupun beredar mitos bahwa daging kambing memiliki kadar kolestrol yang tinggi dan dapat menyebabkan darah tinggi, ternyata daging kambing memiliki lemak jenuh yang lebih sedikit dibandingkan daging ayam maupun daging sapi.



Quote:

3. Sapi


Salah satu hidangan terenak di dunia yang berasal dari Indonesia ternyata berasal dari daging sapi yaitu Rendang. Hidangan lain yang biasanya dikonsumsi dalam sajian makanan yang berasal dari sapi adalah Steak.

Sapi ternyata terbagi menjadi 2 yaitu sapi perah dan ternak. Sapi perah memiliki struktur tubuh yang lebih bertulang dengan sedikit daging dan hanya sapi perah betina digunakan untuk menghasilkan susu. Sedangkan sapi ternak digunakan untuk konsumsi memiliki daging yang lebih tebal dan besar.

Tahukah Anda bahwa Daging sapi yang paling terkenal di dunia merupakan Kobe Beef yang berasal dari jepang bagian daerah perfektur Hyogo. Harga dari daging kobe pun terbilang fantastis dengan harga Rp 1,400,000 (per 450 gram). Walaupun terdapat variasi daging kobe yang terbilang lebih murah berasal Amerika dan dikenal sebagai American Kobe.



Quote:

2. Babi


Babi merupakan hewan ominvora dan merupakan salah satu hewan yang memiliki kepintaran tinggi. Bahkan babi dapat di latih secara spesifik untuk mengerjakan beberapa pekerjaan maupun trik. Daging babi kebanyakan digunakan sebagai hidangan Bacon maupun Ham, walaupun di beberapa negara memasak babi secara utuh merupakan hidangan eksotis.

Perlu diperhatikan bahwa terdapt mitos yang mengharuskan Anda untuk memasak daging babi hingga matang kebagian dalam daging, walaupun pada kenyataannya hal ini benar adanya dikarenakan kemungkinan adanya parasit atau bakteri. Namun saat ini dengan standar daging yang tinggi daging babi saat ini dapat dimasak setengah matang seperti yang disajikan pada hidangan steak.

Fakta unik bahwa ternyata di Eropa, babi digunakan untuk mencari salah satu jamur termahal di dunia yaitu Truffle dengan menggunakan penciumannya yang tajam.



Quote:

1. Ayam


Siapa yang tidak mengenal hewan satu ini, ayam merupakan hewan yang paling mudah diternakkan dan ayam juga memberikan hasil ternak berupa daging dan telur.

Daging ayam dapat diolah menjadi berbagai macam makanan seperti dikukus, goreng, bakar, rebus, dan panggang. Sedangkan telur ayam menjadi salah satu bahan dasar dalam pembuatan adonan seperti kue dan roti, bahkan dapat dimakan langsung maupun digoreng dikarenakan telur ayam memiliki kandungan Omega 3 yang tinggi. Akan tetapi lebih baik Anda membatasi konsumsi telur ayam per-hari dikarenakan kuning telur ayam memiliki kandungan kolestrol yang tinggi.

Tahukah Anda bahwa ternyata Ayam yang telah ada sekarang merupakan jenis sub spesies dari Red junglefowl, dapat dikatakan bahwa nenek moyang dari hewan Ayam domestik yang telah ada sekarang berasal dari Red junglefowl. Bahkan hewan ini telah menjadi salah satu hewan yang populer untuk diternakkan sejak 5000 tahun yang lalu.

SUMBERNYA BUKAN DARI BOOMBASTIS LOH BRAY   (www.tahupedia.com)





SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi