TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

"BATU AKIK" - Hal paling fenomenal dan fantastis di tahun 2015



Quote:

Virus batu akik kini menyebar bagaikan "flu burung" yang cepat menular kemana saja. Menteri, eksekutif, dosen, supir, bahkan mahasiswa. Desas-desusnya sih batu itu punya daya magis besar. Let's say, mengundang rezeki, menambah kharisma dan mengubah nasib. Bahkan mereka (re: para pemburu batu akik) rela merogoh kocek cukup dalam untuk mendapatkan corak dan ragam yang langka, seperti corak macan dan api.

Coba aja ketikkan "batu akik" di Google, berbagai artikel terkait fenomena ini kebanyakan ga masuk akal. Ada orang yang bisa menawar satu cincin batu akik sampai 5 miliar, hanya karena motifnya mirip Nyi Roro Kidul! Penjualnya sih ngakunya, ini motif asli dari alam, gak dilukis ataupun dipahat oleh si yang punya batu.

Kalau kata psikologi keuangan, fenomena batu akik ini biasa disebut dengan "ekonomi gelembung" yang artinya suatu gejala ketika kita semua tenggelam dalam antusiasme yang lebay atau Irrational Exuberance. Analoginya kayak balon yang terisi udara yang makin lama makin membesar kemudian pecah dan tidak berisi apa-apa, kosong.

Irrational exuberance ini menurut Robert Shiller, salah seorang Profesor di Yale University, adalah sebuah euforia di mana kita terbawa arus membeli sesuatu secara berjamaah yang sering kali… tidak rasional.



Quote:
Berikut adalah Daftar Batu Akik Paling Popular dan Fenomenal:

Spoiler for 1. Batu Akik Bacan


Batu bacan adalah jenis batu mulia/akik asal Indonesia dan banyak ditemukan di daerah Halmahera Selatan Maluku Utara tepatnya di pulau bacan. Jenis batu bacan paling populer dan banyak dicari jenis batu bacan doko dan batu bacan palamea. Kedua jenis batu ini memang tengah menjadi incaran, baik bagi penghobi maupun kolektor. Perbedaan batu bacan doko dan palamea terletak pada warnanya. Doko memiliki warna hijau gelap sedangkan jenis palamea berwarna hijau kebiruan. Harga batu bacan sendiri mulai dari ratusan ribu puluhan juta rupiah.


Spoiler

 for 2. Batu Akik Lavender


Batu akik lavender adalah spritus baturaja masuk dalam kategori batu terbaik dan berhasil memenangkan kontes, dalam sebuah kontes nasional yang pernah diadakan beberapa waktu lalu. Sehingga batu ini menjadi buruan banyak kolektor. Harga batu akik lavender yang berhasil memenagkan kontes ditawar Rp 175 juta namun sang pemilik belum melepasnya. Sejak saat itu batu akik lavender menjadi incaran banyak kolektor dan masuk dalam jajaran batu terpopuler baik di Indonesia maupun di pasaran internasional.



Spoiler

 for 3. Batu Akik Blue Safir


Batu akik safir adalah batu permata yang untuk menenangkan pikiran dan memancarkan aura positif untuk mengembangkan daya pikir bagi pemakainya. Batu akik safir banyak diminati berbagai kalangan baik di Indonesia maupun di berbagai negara. Namun harganya yang mahal tidak semua orang mampu memiliki jenis batu alam yang indah ini. Safir termasuk mineral yang dikenal sebagai korundum dan secara umum digunakan sebagai permata cincin yang indah atau untuk perhiasan jenis lainnya. Batu akik safir memiliki banyak variasi warna seperti warna biru, jingga, kuning, merah muda, kehijauan dan ungu dan sebagainya.



Spoiler

 for 4. Batu Akik Kalimaya


Batu akik kalimaya adalah jenis batuan mulia yang paling banyak dicari baik oleh penghobi maupun kolektor. Keindahan batu ini sudah tidak diragukan lagi, bahkan mereka yang baru mengenal batu mulia sekalipun akan tertarik dengan pesona batu yang mampu mengeluarkan aneka macam warna tersebut.



Spoiler

 for 5. Batu Akik Giok


Batu akik giok adalah batu permata yang memiliki warna khas hijau yang banyak dijadikan sebagai perhiasan, seperti mata cincin, kalung, liontin dan lain-lain. Namun sebagian orang masih percaya bahwa batu yang sudah dikenal sejak ribuan tahun sebelum masehi di China itu dipercaya bisa membawa keberuntungan, ketentraman dan kedamaian bagi pemiliknya. Tidak hanya bagi masyarakat China saja, namun seiring berkembangnya zaman batu akik giok telah dipercaya banyak orang.



Spoiler

 for 6. Batu Akik Topaz


Batu topaz adalah batu permata yang memiliki warna seperti kuning, biru dan jingga agak kemerahan. Jenis batu ini banyak ditemukan di banyak negara seperti Sri Lanka, Rusia, Brazil, Meksiko dan masih banyak lagi negara penghasil batu yang banyak diguakan sebagai perhiasan ini. Batu akik topaz dipercaya menandung energi alam yang bermanfaat bagi pemakainya baik yang berkaitan dengan kesehatan jasmani maupun rohani seperti menghilangkan depresi, memaksimalkan
daya kerja otak serta dipercaya bisa membawa kedamaian dan lain sebagainya.



Spoiler

 for 7. Batu Akik Sungai Dareh


Batu akik sungai dareh adalah batu permata yang berasal dari Sumatera Selatan. Batu akik sungai dareh kini tengah menjadi incaran para penghobi maupun kolektor. Popularitas batu akik sungai dareh mulai menanjak sejak Presiden SBY dan Barak Obama diduga mengenakan batu tersebut di jari tangan mereka. Batu sungai dareh memiliki harga berkualitas tentu saja sangat mahal. Untuk kualitas sedang yang banyak dijual di pasaran lokal harganya cukup terjangkau, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung kesulitan pembuatan dan keunikannya.



Spoiler

 for 8. Batu Akik Kecubung



Batu akik kecubung adalah batu permata yang memiliki warna khas ungu. Warna ungu inilah yang terdapat yang membuat batu yang biasa disebut Amethyst di pasaran intenternasional itu terlihat mempesona dan elegan. Selain itu, batu akik kecubung juga dipercaya sebagai batu pembawa keberuntungan bagi pemakainya.



Spoiler

 for 9. Batu Akik Pigeon Blood Ruby


Batu akik ruby adalah batu permata yang memiliki warna merah yang khas dengan kilauan yang mempesona. Batu akik ruby sering juga disebut batu merah delima. Batu akik ruby memiliki harga yang bervariasi tergantung tingkat keunikan dan kualitasnya. Batu akik ruby dipercaya sebagai simbol kekuatan dan keberanian bagi si pemakainya.



Spoiler

 for 10. Batu Akik Zamrud


Batu akik zamrud adalah jenis permata yang memiliki warna hijau bening sampai hijau tua dan sudah dikenal banyak orang sejak ribuan tahun. Sebagai permata yang indah, batu akik zamrud dijual dengan harga mahal. Selain itu, batu akik zamrud memiliki kekerasan 7.5 pada skala mohs dan permata ini dianggap sebagai lambang kemakmuran dan kedamaian bagi siapa saja yang memakainya.



Spoiler

 for 11. Batu Akik Star Ruby Tanzania


Batu akik Star Ruby Tanzania adalah batu akik yang berwarna merah muda yang khas dengan beberapa garis ditengahnya. Batu akik Star Ruby Tanzania jauh beda dengan harga diatas, untuk batu cincin yang satu ini dijual dengan harga sekitar 32 jutaan. Harga akan berubah bergantung pada besarnya ukuran atau keunikan lainnya.



Spoiler

 for 12. Batu Akik Super Giant Green Fluorite


Batu akik super giant green fluorite adalah batu permata yang berwarna khas seperti daun muda dengan tingkat transparan yang kecil sehingga Nampak seperti klorofil dalam daun. Tidak jauh beda pula dengan batu akik yang ini, harganya hampir menyerupai diatas sekitar 30 jutaan untuk menikmati keindahan batu hijau yang mempesona dan elegan ini.



Spoiler

 for 13. Batu Akik Sparkling London Blue Topas


Batu akik sparkling london blue topas adalah batu permata dengan warna biru yang khas. Batu akik yang satu ini harganya lumayan terjangkau bagi konsumen yang sangat menginginkannya cukup mengeluarkan uang sekitar 12 jutaan. Harga tersebut dikalim banyak orang sesuai dengan kwalitas barangnya.



Spoiler

 for 14. Batu Akik Super Green Chalcedony


Batu akik super green chalcedony adalah batu permata yang berwarna hijau transparent yang hamper mirip dengan batu akik super giant green fluorite. Batu akik hijau yang halus dan bening ini dipatok seharga sekitar 8 jutaan. Batu akik ini sangat cocok digunakan untuk kalangan menengah.



Spoiler

 for 15. Batu Akik Green Safir


Batu akik green safir adalah jenis permata yang memiliki corak motif sama seperti batu akik safir pada umumnya, namun yang membedakannya dilihat dari warna hijaunya yang elegan. Batu akik ini dijual dengan harga yang sedikit lebih murah lagi sekitar 6 jutaan.



Jika pengen tau lebih banyak jenis lagi ini daftarnya:

Spoiler

 for Daftar batu akik





Quote:

Batu akik sudah sangat banyak dikenakan oleh berbagai macam kalangan. Banyak macam batu akik yang terdapat di pasaran. Harga yang dipatok juga bermacam-macam tergantung dari tingkat kelangkaan dan juga pola yang terbentuk dari batu akik tersebut. Semakin unik pola yang dihasilkan dari batu akik tersebut, maka harga yang ditawarkan tentunya akan semakin mahal. Bahkan ada beberapa batu akik yang memiliki harga hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah dikarenakan uniknya pola yang dihasilkan dari batu akik itu sendiri.

Yang termahal adalah batu akik Sigori Lafau
Spoiler

 for Sigori Lafau, Batu Akik Fenomenal yang Dibandrol Rp 15 Miliar


Sebenarnya apa sih keistimewaan batu Sigori Lafau ini?

Yang pertama adalah adanya kandungan logam dan batuan mulia dalam satu batu tersebut. Sang pemilik menyampaikan bahwa kemungkinan batu yang telah berumur ribuan tahun tersebut mengandung material emas, perak dan berlian di dalamnya. Jika dilihat sekilas memang nampak berkas kilau warna seperti emas, putih seperti perak serat kilauan layaknya berlian. Inilah alasan utamanya mengapa Karsani mematok harga fantastis untuk mendapat batu tersebut.

Kelebihan berikutnya mungkin lebih ke arah kepercayaan. Menurut warga nias, dengan memiliki batu tersebut akan bisa menjadi tameng dari berbagai hal negatif baik penyakit atau nasib buruk. Selain itu kelebihan lainnya yakni dikabarkan batu akik Sigori Lafau tersebut dapat dapat membantu mencegah terjadinya longsor. Entah ditinjau dari sisi keilmuan atau sebatas kepercayaan lokal, yang pasti banyak yang mengamini bahwa keguanaan batu tersebut untuk mencegah tanah longsor memang benar adanya.





Quote:

Kepopuleran batu akik saat ini bak seorang artis yang tengah naik daun. Tak terbatas dari kalangan tertentu, batu akik menyihir berbagai kalangan, dari rakyat biasa sampai para pejabat pun ikut menyemarakkan hiruk pikuk bisnis #batu akik. Tidak berbanding lurus dengan ramainya bisnis batu akik, masih banyak pelaku bisnis batu mulia ini tidak membekali diri dengan keilmuan yang mumpuni di bidan per akik an.

Hal ini tak jarang menimbulkan masalah yang tidak sedikit. Tak sedikit para konsumen yang merasa dirugikan oleh penjual batu akik. Baik disebabkan karena kurangnya pengetahuan dari konsumen sendiri maupun kekurangtahuan penjual batu itu sendiri. Nah, untuk menghindari masalah nantinya, sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu dengan benar ciri-ciri batu akik asli yang bisa Anda cek dan lihat dengan kasat mata.

1. Periksa Suhu Batu Akik

Batu akik yang asli cenderung memiliki suhu yang dingin (jawa: anyep), untuk mengeceknya bisa Anda coba tempelkan pada pipi, leher atau pada kulit yang sensitif lainnya, jika berasa dingin kemungkinan itu batu asli.

Jadi ketika Anda akan membeli sebuah batu akik jenis apapun, coba tempelkan dulu pada kulit yang sensitif dan rasakan dinginnya. Bukan satu-satunya ciri batu akik asli, namun bisa Anda gunakan untuk cek awal.


2. Periksa Berat Batu Akik


Batu akik yang asli lebih berat dari pada batu akik yang terbuat dari plastik atau bahan yang lain. Bisa Anda bandingkan langsung antara akik yang palsu dengan yang asli. Kalau memungkinkan, bawalah batu akik palsu untuk digunakan sebagai pembanding. Jika ada perbedaan berat, Anda bisa menarik kesimpulan dari sini.

3. Perhatikan Serat Batu Akik

Perhatikan serat yang ada di dalam batu akik. Batu akik asli dari alam memiliki serat alami, batu akik dari bahan sintetis atau dari kaca meskipun memiliki serat namun tidak sama dengan serat alami. Untuk akik palsu sering tampak gelembung di dalamnya akibat proses pembuatan yang terdapat udara terperangkap di dalamnya.

4. Perhatikan Struktur Batu Akik

Sebagian besar batu akik yang mempunyai struktur sangat kuat yang ketika digoreskan pada kaca tidak akan mengalami lecet. Jadi kekerasan struktur pada batu akik juga menjadi salah satu ciri batu tersebut asli.

Untuk mengetahui ciri-ciri batu akik asli atau palsu, selain mengamati langsung seperti poin di atas, Anda juga bisa melakukan beberapa percobaan kecil terhadap batu akik yang ingin Anda beli. Lakukan percobaan di bawah ini untuk mengetahui keasliannya.
Cara Mengetahui Batu Akik yang Asli

1. Panaskan Batu Akik

Bakarlah bagian tertentu dari batu akik tersebut, jika batu berubah warna atau gosong bisa dipastikan batu tersebut adalah palsu. Jika batu akik yang akan Anda beli itu asli dari alam pasti tidak akan berubah warna. Batu akik asli jika dibakar akan tampak seperti berminyak, namun akan segera hilang jika dihapus.

Selain itu, batu akik alami jika dibakar meskipun menjadi panas, namun akan segera dingin. Tapi untuk batu akik palsu, panas akan berlangsung lebih lama.

2. Membenturkan Batu Akik

Jika Anda belum mempunyai batu akik sendiri, bisa meminjam batu akik yang asli dari teman ataupun kolega. Coba benturkan batu akik yang hendak Anda beli dengan batu akik yang asli. Jika kedua batu mengeluarkan percikan cahaya, besar kemungkinan batu tersebut adalah asli. Disarankan dilakukan ditempat yang gelap.

3. Menggigit Batu Akik

Ini untuk batu mulia jenis mutiara. Untuk mengetes keasliannya bisa dengan cara menggigit dengan sekuat tenaga pada batu tersebut. Jika tidak terjadi perubahan, maka batu tersebut bisa dikatakan batu akik yang asli.

Itulah beberapa tritmen yang bisa Anda lakukan untuk membuktikan keaslian batu akik. Jika Anda msih ragu dengan batu tersebut setelah melakukan beberapa cara di atas, sebaiknya Anda langsung berkonsultasi dengan ahli batu akik atau sering disebut gemolog. Akan lebih baik lagi jika sebelum Anda terjun ke bisnis ini, Anda belajar dulu tentang ilmu gemologi yang secara spesifik mempelajari tentang batu mulia.





Tentu, demam batu akik mendatangkan cuan bagi para pemain yang terlibat. Budi Suprapto, penjual batu akik asal Solo, menuturkan, dirinya bisa meraup omzet Rp 15 juta per bulan dari bisnis berjualan batu akik. Yang jelas, perputaran duit dalam bisnis akik sangat besar. "Rata-rata transaksi jual-beli batu akik per hari saat pameran setidaknya mencapai Rp 500 juta," beber Putut.

Lantaran uang yang berputar relatif besar, menurut Putut, booming batu akik telah menggerakkan laju perekonomian menggelinding lebih cepat. Sebab, perputaran duit di bisnis batu akik tidak hanya dinikmati penjual batu. Penambang batu, perajin, maupun pemilik bengkel akik juga ikut menikmati berkah. Demam akik sekaligus juga menciptakan lapangan kerja dan peluang usaha.

Pertanyaannya: seberapa lama demam batu akik bertahan? Apakah bisa bertahan bertahun-tahun atau hanya demam sesaat layaknya demam tanaman anturium dan adenium beberapa tahun lalu?

Putut optimistis, tren batu akik bisa bertahan lama, setidaknya hingga lima tahun ke depan. Suwondo, kolektor batu akik asal Surabaya, mengamini, euforia batu akik bisa bertahan lama. Meski demam batu akik berakhir, harga batu akik tidak akan jatuh. "Harga batu akik semakin meningkat karena sumber daya batu akik terbatas dan semakin lama semakin langka," imbuh Sam Sianata, kolektor batu bergambar.

Namun, Nanu, pedagang batu akik di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, menyatakan, tren batu akik cuma musiman. "Harga batu akik akan jatuh dalam beberapa tahun mendatang karena tren batu akik makin tergerus," ungkap Nanu.



Quote: KASKUSER YANG BAIK MENINGGALKAN KOMEN YANG BAIK, LEBIH BAIK LAGI DI RATE, DAN PALING BAIK MEMBERI CENDOL


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi