TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

Agan Udah Tau Belum Tentang Gerhana Bintang?

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh





Gerhana adalah peristiwa tertutupnya sebuah objek disebabkan adanya benda atau objek lain yang melintas di depannya. Misalnya, agan lagi merhatiin Burhan di seberang jalan, tapi terus ada cowok lain yang berhenti di depan agan, menghalangi pandangan agan ke Burhan. Nah, itu namanya gerhana Burhan

Biasanya objek-objek luar angkasa mengalami gerhana ketika berada sejajar sama objek lain. Gerhana matahari dan gerhana bulan pasti udah sering banget kita denger. Tapi ternyata ada juga loh yang namanya gerhana bintang. Hah apaan tuh? *ala Jaja Mihardja* ane juga baru denger nih.



Quote:
Bintang itu banyak banget jumlahnya di alam semesta ini. Di galaksi Bima Sakti kita tercinta aja, diperkirakan ada 300 milyar bintang. Padahal, di luar sana ada lebih dari 100 milyar galaksi. Matahari kita juga merupakan sebuah bintang loh. Dan di Bima Sakti masih ada lagi bintang yang jauh lebih besar dari matahari. Jadi, harusnya nggak heran juga ya kalau ada gerhana bintang. Gerhana matahari aja ada dan matahari juga termasuk bintang. Cuma emang jarang denger aja tuh yang namanya gerhana bintang. Dan emang jarang terjadi juga.

Gerhana bintang lebih sering disebut okultasi . Intinya sih sama aja artinya kayak gerhana; okultasi terjadi ketika salah satu anggota tata surya melintas di depan objek yang lebih jauh, misalnya bintang atau anggota tata surya lainnya. Misalnya asteroid yang terdapat di antara planet Mars dan Jupiter melintas di depan bintang yang jaraknya lebih jauh. Nah, ini juga yang terjadi di bulan Mei kemarin.


Quote:



Pada tanggal 24 Mei, ada okultasi bintang Regulus. Ane baca dari tulisannya Pak Mutoha Arkanuddin,   pembina Jogja Astro Club, Regulus adalah bintang paling terang di rasi bintang Leo dan pada peristiwa itu, Regulus tertutup oleh asteroid Dagmar yang berukuran 43 km. Okultasi Regulus ini kabarnya bisa terlihat di sekitar Sumatera Selatan dan pantai barat Bengkulu. Tapi, kayaknya susah banget untuk diamati. Soalnya posisinya cuma beberapa derajat di atas ufuk dan durasi utamanya cuma sekitar 2,4 detik! Buset, lebih lama durasi klip Vines deh.

Yang di bawah ini simulasi waktu Regulus tertutup oleh asteroid Erigone tahun lalu. Minggu lalu, kira-kira kejadiannya kayak gini, tapi asteroidnya beda.


Quote:



Nggak cukup sekali, gerhana bintang ini juga terjadi lagi malam atau dini hari di akhir Mei. Kali ini yang tertutup adalah bintang Delta Sagittarii di rasi bintang Sagitarius yang tertutup oleh asteroid Julietta . Gerhana yang kali ini katanya sih lebih mudah diamati daripada gerhana sebelumnya. Soalnya posisi bintangnya cukup tinggi, sekitar 65 derajat di atas ufuk langit selatan. Dan durasinya juga lebih lama nih, yaitu... 6 detik ajah. Pas lah buat di-share di Vines. Ya itu juga kalau bisa ngamatin gerhana alias okultasi ini dengan jelas yah.

Quote:



Yang pasti kalau mau mengamati peristiwa kayak gini, agan harus tahu dulu ya posisi bintangnya. Jangan sampai udah melototin satu bintang di utara, ternyata bintang yang harus diamati itu lokasinya di barat daya.


Eh, agan pernah ngeliat fenomena antariksa yang unik? Bagiin pengalaman agan dong!

SUMBER 1  
SUMBER 2  
SUMBER 3  

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi