TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

6 Gunung berapi menakjubkan di dunia, salah satunya di Indonesia


INTRO DULU GAN


Quote: Quote: Gunung berapi merupakan salah satu keindahan alam yang menakjubkan di dunia ini. Disebut gunung berapi karena gunung ini meletuskan magma yang terkandung di bawah gunung dan keluar sebagai lava atau lahar.

Gunung-gunung ini tersebar di berbagai wilayah dunia. Berikut merupakan 6 gunung berapi yang paling menakjubkan di dunia dan menjadi destinasi wisata oleh penduduk dunia, seperti dilansir oleh bbc.com.






Quote: Quote: 1.Santorini, Yunani
Santorini adalah kelompok pulau vulkanik di ujung selatan pusat dari Cyclades di Laut Aegea, Yunani. Sebagai tujuan wisata populer di Yunani, Santorini terkenal dengan laut penuh kaldera gunung berapi yang spektakuler yang terdiri dari tebing curam yang berwarna-warni.

Kaldera Thera, sebutan dari letusan gunung berapi 1500 SM yang yang menenggelamkan bagian tengah Santorini ini merupakan tempat yang paling sering dikunjungi oleh penduduk dunia.

Tempat ini didominasi dengan pemukiman penduduk berwarna putih dan biru yang membuat Kaldera ini cantik. Di malam hari, tampilan semakin cantik dengan dihiasi lampu-lampu rumah penduduk dengan desiran angin laut yang sejuk. Jika dilihat dari kejauhan, pemukiman penduduk terlihat bertingkat-tingkat dengan bangunan rumah yang unik.





Quote: Quote: 2.Gunung Mayon, Filipina
Terletak sekitar 450 km dari ibu kota Filipina, Gunung Mayon merupakan gunung yang paling aktif di Filipina. Gunung ini telah meletus 49 kali dalam 400 tahun terakhir. Masyarakat Filipina menganggap Gunung Mayon adalah "Gunung Fujinya Filipina" karena gunung ini berbentuk kerucut dengan ketinggian 2.462 meter.

Banyak pengunjung dari berbagai negara yang merasa tertantang untuk mendaki gunung ini. Rata-rata kecuramannya antara 35-40 derajat. Seperti gunung berapi lainnya yang berada di sekitar Samudra Pasifik, Mayon merupakan bagian dari cincin api pasifik yang terletak di Provinsi Albay.






Quote: Quote: 3.Gunung Kilimanjaro
Kilimanjaro memiliki tinggi 5.895 meter di atas permukaan laut yang merupakan gunung tertinggi di Afrika. Gunung ini memiliki 3 puncak yaitu Kibo yang tertinggi, Mawenzi dengan 5.149 meter, dan Shira dengan ketinggian 4.005 meter.

Puncak Uhuru adalah puncak tertinggi yang ada di kawah Kibo dengan ketinggian 5.895 meter di atas permukaan laut. Puncak Uhuru yang merupakan salah satu dari tujuh puncak gunung tertinggi di dunia. Di puncak gunung ini terdapat kawah yang lebarnya 2,4 kilometer.






Quote: Quote: 4.Gunung Kelimutu, Indonesia
Kelimutu adalah gunung di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Provinsi NTT, Indonesia. Gunung ini memiliki tiga buah kawah di puncaknya yang disebut "Danau Tiga Warna". Asal-usul nama tersebut didapat karena ketiga kawah tersebut memiliki warna yang berbeda-beda, yaitu merah, biru, dan putih. Warna tersebut dapat berubah-ubah seiring berjalannya waktu.

Menurut penduduk sekitar, perbedaan warna dari ketiga kawah tersebut memiliki arti tersendiri dan mengisyaratkan kekuatan alam yang dahsyat. Warna merah merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama dia hidup selalu melakukan kejahatan. Danau berwarna biru merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda yang telah meninggal. Sedangkan warna putih merupakan tempat berkumpulnya jiwa orang tua yang telah meninggal.

Jika danau tersebut berubah warna, maka penduduk sekitar percaya bahwa mereka harus memberikan sesajen bagi arwah orang yang telah meninggal.

Luas ketiga danau sekitar 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292 meter kubik. Batas antar danau adalah dinding batu sempit yang mudah longsor. Dinding ini sangat terjal dengan sudut kemiringan 70 derajat. Ketinggian dinding danau berkisar antara 50 sampai 150 meter.





Quote: Quote: 5.Kilauea and Mauna Kea, Hawaii
Gunung Kilauea dan Mauna Kea merupakan gunung perisai yang ada di Hawaii. Disebut gunung berapi perisai karena memiliki bentuk mirip dengan perisai yang melebar dengan sedikit puncak yang tidak terlalu tinggi seperti perisai yang diletakkan di atas tanah.

Mauna Kea ialah gunung berapi tidak aktif di Kepulauan Hawaii di Amerika Serikat. Mauna Kea memiliki ketinggian sekitar 4205 meter. Merupakan gunung berapi tertinggi di dunia jika diukur dari dasarnya, karena dasarnya terletak sekitar 5800 meter di bawah permukaan Samudra Pasifik sehingga total ketinggiannya mencapai 10 kilometer.

Sedangkan gunung Kilauea adalah gunung berapi yang berada di dekat gunung Mauna Kea. Gunung ini sangat aktif, sehingga memiliki jeda singkat untuk setiap letusannya. Kilauea memiliki tinggi Sebagian besar gunung ini terdiri dari aliran lava dengan abu vulkanik.





Quote: Quote: 6.Gunung Fuji, Jepang
Gunung Fuji merupakan gunung tertinggi di Jepang yang terletak di perbatasan Shizouka dan Yamanashi, sebelahbarat Tokyo. Gunung yang memiliki ketinggian 3.776 meter ini dikelilingi oleh lima danau, yaitu Kawaguchi,Yamanaka, Sai, Motosu, dan Shoji. Gunung ini diperkirakan terbentuk pada 10.000 tahun yang lalu.

Tempat paling populer untuk dikunjungi sekitar Hakone, sebelah timur Gunung Fuji dan kelima danau yangmengelilinginya. Gunung ini sering diselimuti oleh awan, sehingga wisatawan susah untuk melihat keindahannya.Waktu yang tepat untuk mengunjungi gunung ini ketika musim panas.

Itulah segelintir gunung berapi paling menakjubkan yang tersebar di berbagai negara. Anda berminat mengunjungi salah satunya?




Spoiler

 for CEK RIPOST


SEKIAN

Quote: Quote: Jika berkenan y
Selalu nerima cendol dari agan ato sista yang baik hati
Jangan kasih ane bata





SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi