TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

4 Destinasi Tersembunyi di Freeport Papua


Indonesia sangat kaya akan keajaiban alamnya. Banyak alam di Indonesia yang masih jarang sekali dijamah. Tanah di ujung timur Indonesia salah satunya. Di tanah Papua ini banyak sekali keindahan alam yang sangat unik dan masih tersembunyi. Kalau kita jeli kita bisa mendapatkan wisata Indonesia yang tidak kalah impresif dibandingkan tanah Amerika, Eropa, bahkan tanah Asia lainnya. Papua bukan hanya Raja Ampat keindahan alamnya, tapi di Papua Barat kita bisa menjumpai banyak destinasi yang jauh lebih menarik dan unik.
TS akan mengupas beberapa destinasi di tanah Papua Barat tepatnya sekitaran Freeport Timika Papua yang masih sedikit di jamah para wisatawan.

Sebelumnya Thread TS tentang Papua lainnya >> Kaskus Menyibak Papua 

1. Kuala Kencana
Kuala Kencana adalah sebuah distrik di Kabupaten Mimika, Papua, Indonesia. Diresmikan pada 5 Desember 1995 oleh Presiden Soeharto, distrik ini dikelola sepenuhnya oleh PT Freeport Indonesia. Kuala Kencana merupakan kota pertama di Indonesia yang memiliki sistem saluran air kotor yang lalu disalurkan ke pusat pengelolaan limbah. Terdapat beberapa kompleks pemukiman di Kuala Kencana: RW A atau Bumi Satwa Indah, RW B atau Tirta Indah, kompleks Apartement, kompleks Jl. Bougenville, dan yang terakhir adalah Bachelor's Quarter. Di Kota Kuala Kencana terdapat satu sekolah, satu klinik, satu masjid, satu gereja, dan beberapa fasilitas olahraga seperti kolam renang, lapangan basket, lapangan golf, dan lainnya. Jarak antara Ibukota Distrik ke Ibukota Kabupaten adalah 20 Km.



2. Puncak Jaya

Puncak Jaya ialah sebuah puncak yang menjadi bagian dari Barisan Sudirman yang terdapat di Provinsi Papua, Indonesia. Puncak Jaya mempunyai ketinggian 5.030 m dan di sekitarnya terdapat gletser Carstensz, satu-satunya gletser tropika di Indonesia, yang kemungkinan besar segera akan lenyap akibat pemanasan global.Puncak ini merupakan gunung yang tertinggi di Indonesia kawasan Oceania. Puncak Jaya adalah salah satu dari tujuh puncak dunia.



3. Tembagapura

Kecamatan Tembagapura adalah sebuah distrik setingkat kecamatan yang terletak di Kabupaten Mimika, Papua, Indonesia. Di kecamatan ini terdapat dua gunung di mana terletak dua tambang besar, masing-masing tambang Ertsberg di Gunung Erstberg dan tambang Grasberg di Gunung Grasberg yang merupakan tambang dengan cadangan tembaga terbesar ketiga di dunia dan cadangan emas terbesar di dunia. Kedua tambang ini dioperasikan oleh PT Freeport Indonesia.



4. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz adalah sebuah taman nasional yang terletak di provinsi Papua, Indonesia. Dengan luas wilayah sebesar 2,4 juta Ha; Lorentz merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara.
Taman ini masih belum dipetakan, dijelajahi dan banyak terdapat tanaman asli, hewan dan budaya. Pada 1999 taman nasional ini diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.
Wilayahnya juga terdapat persediaan mineral, dan operasi pertambangan berskala besar juga aktif di sekitar taman nasional ini. Ada juga Proyek Konservasi Taman Nasional Lorentz yang terdiri dari sebuah inisiatif masyarakat untuk konservasi komunal dan ekologi warisan yang berada di sekitar Taman Nasional Loretz ini.



Dalam wisata bukan perihal tempat yang dituju, tetapi bagaimana pengalaman dan kisah hidup yang bisa diambil di balik perjalanan itu.

Sumber Sahabat Kita 
Foto: beberapa pribadi, Carstensz oleh Agan Ihsan World 


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi