TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

Teori evolusi, level paling rendah alias awam banget. PART 2

ini thread sambungan dari dari http://www.kaskus.co.id/thread/530cc...s-awam-banget/ gan


Tulisan ini adalah rangkuman dari berbagai sumber, dipublish untuk tujuan bernostalgia dengan pelajaran di sekolah masa lalu.

Sumber dari tulisan ini sebagian besar adalah berasal dari Wikipedia (berbahasa Inggris) dan ditambah kurangi dengan berbagai sumber lain. Karena siMbah tidak paham bahasa Inggris maka terjemahannya dilakukan dengan bantuan google translate sehingga kemungkinan kesalahan sangat besar.

Oleh sebab itu hendaknya tulisan ini tidak dijadikan bahan rujukan. Bagi mereka yang berniat mempelajari lebih serius dan benar, silahkan mempelajarinya langsung dari sumber asalnya yang bisa dilihat di bagian referesi paling bawah. Dengan segala kekurangannya, harapannya semoga masih ada manfaatnya.

PRE CAMBRIAN

Spoiler

 for PRE CAMBRIAN






Masa Hedean (4570 – 3850 Milyar tahun lalu)

Merupakan masa awal pembentukan batuan kerak bumi. Tidak ada jejak fosil apapun tentang kehidupan yang ditemukan pada masa itu.
Masa Archean (3800 – 2800 milyar tahun lalu)
Kehidupan sederhana bersel satu mulai ditemukan dan diduga dari jenis bacteria dan archaea. Untuk pertama kalinya ditemukan microfossils yaitu fosil kecil yang berukuran super mini, rata rata tidak lebih dari 4 milimeter.

Masa Proterozoic (2500 – 630 milyar tahun lalu)
Atmosfir bumi mulai membentuk oxygen sehingga memungkinkan munculnya beberapa mahluk hidup. Saat itu bumi masih sepenuhnya tertutup dengan air sehingga hanya mahluk laut saya yang bisa ditemukan. Untuk pertama kalinya ditemukan hwan invertebrata bertubuh lunak sejenis ubur-ubur (Ediacaran biota), binatang sejenis cacing laut (Trichophycus) dan beberapa koral laut (sponges) dan trilobitomorphs.

Spoiler

 for Masa Proterozoic



Masa Protozoic ini terbagi menjadi 3 jaman dan masing masing jaman masih terbagi lagi menjadi beberapa sub yang lebih kecil yang memiliki rentang waktu ratusan milyar tahun. Hewan dan tumbuhan sederhana bersetl satu yang ditemukan, hampir seluruhnya muncul di masa Proterozoic periode akhir.



CAMBRIAN

Spoiler

 for CAMBRIAN



Zaman Cambrian (590 – 500 Juta tahun lalu)


Sebuah daratan yang disebut Gondwana merupakan cikal bakal Antartika, Afrika, India, Australia, sebagian Asia dan Amerika selatan. Sedangkan Eropa, Amerika utara masih berupa benua-benua kecil yang terpisah.

Bumi hampir sepenuhnya tertutup dengan air, sehingga tidak ada binatang dan tumbuhan darat kala itu. Tumbuhan sejenis jamur dan ganggang laut (algae) banyak ditemukan. Hewan invertebrata mulai muncul pada zaman ini.

Zaman Ordovician (500-440 Juta tahun lalu)

Meluapnya Samudra dari Zaman Es merupakan bagian peristiwa dari zaman ini. Gondwana dan benua-benua lainnya mulai menutup celah samudera yang berada di antaranya.

Munculnya ikan tanpa rahang (hewan bertulang belakang paling tua) dan beberapa hewan bertulang belakang yang muncul pertama kali seperti Tetrakoral, Graptolit, Ekinoid (Landak Laut), Asteroid (Bintang Laut), Krinoid (Lili Laut) dan Bryozona. Koral dan Alaga berkembang membentuk karang, dimana trilobit dan Brakiopoda mencari mangsa. Graptolit dan Trilobit melimpah, sedangkan Ekinodermata dan Brakiopoda mulai menyebar.




Zaman Silurian (440 – 410 Juta tahun lalu)

Spoiler

 for Zaman Silurian


Selama zaman Silur, deretan pegunungan mulai terbentuk melintasi Skandinavia, Skotlandia dan Pantai Amerika Utara. Zaman Silurian merupakan waktu peralihan kehidupan dari air ke darat.

Tumbuhan darat yang dianggap muncul pertama kali adalah Cooksonia yang merupakan cikal bakal tumbuhan besar (vascular plants), tumbuhan lain yang juga muncul pertama kali adalah Rhyniophyta and primitive lycopods.

Hewan darat jenis millipedes atau kaki seribu untuk pertama kalinya muncul pada zaman tersebut. Munculnya ikan Bony-fish, (Osteichthyes) Ikan berahang juga mulai muncul untuk pertama kalinya dan banyak ikan mempunyai perisai tulang sebagai pelindung. Munculnya kalajengking jenis Mixopterus dan kalajengking laut (Eurypterids) menjadi raja dan menguasai lautan.




Zaman Devonian (410 – 360 Juta tahun lalu)

Spoiler

 for Zaman Devonian



Zaman Devon merupakan zaman perkembangan besar-besaran jenis ikan. Ikan terbesar sepanjang sejarah yaitu Dunkleosteus muncul pada zaman tersebut.Jenis ikan lainnya adalah ikan Hiu primitif Cladoselache, lobe-finned fishes, Eusthenopteron , dan placoderm Bothriolepis. Ikan berahang dan ikan hiu semakin aktif sebagai pemangsa di dalam lautan. Serbuan ke daratan masih terus berlanjut selama zaman ini. Hewan Amfibi berkembang dan beranjak menuju daratan. Untuk pertama kalinya mulai ditemukan serangga tanpa sayap (wingless insects)

Tumbuhan darat mirip paku (clubmosses, horsetails and ferns) Tumbuhan berbiji jenis seed-bearing plants (progymnosperms) dan tumbuhan jenis tree-fern (Archaeopteris), semakin umum dan muncul serangga untuk pertama kalinya. Samudera menyempit sementara, benua Gondwana menutupi Eropa, Amerika Utara dan Tanah Hijau (Green Land).




Zaman Karbon (360-290 Juta tahun lalu)

Iklim tropis mulai terbentuk yang memicu munculnya berbagai binatang jenis baru secara besar-besaran. Reptilia muncul pertama kalinya dan dapat meletakkan telurnya di luar air. Serangga raksasa muncul dan ampibi meningkat dalam jumlahnya.

Pohon pertama muncul, jamur Klab, tumbuhan ferm dan paku ekor kuda tumbuh di rawa-rawa pembentuk batubara. Pada zaman ini benua-benua di muka bumi menyatu membentuk satu masa daratan yang disebut Pangea, mengalami perubahan lingkungan untuk berbagai bentuk kehidupan.





Zaman Permian (290 – 250 Juta tahun lalu)


Selama masa Permian, tidak ada conifer atau tumbuhan ber-bunga. Pada periode ini, tumbuhan yang dihasilkan seperti pakis menggunakan spora, dan benua modern masih tergabung dalam satu daratan luas yang dinamakan Pangaea.

Reptilia meningkat dan serangga modern muncul, begitu juga tumbuhan konifer dan Grikgo primitif. Hewan Ampibi menjadi kurang begitu berperan. Zaman perm diakhiri dengan kepunahan micsa dalam skala besar, Tribolit, banyak koral dan ikan menjadi punah.

Benua Pangea bergabung bersama dan bergerak sebagai satu massa daratan, Lapisan es menutup Amerika Selatan, Antartika, Australia dan Afrika, membendung air dan menurunkan muka air laut. Iklim yang kering dengan kondisi gurun pasir mulai terbentuk di bagian utara bumi.






Zaman Triassic (250 – 210 Juta tahun lalu)

Lembaran es di bagian selatan mencair. Dataran yang awalnya berupa satu benua (Pangaea) mulai terpecah dan menimbulkan celah yang dimasuki oleh genagan air. Binatang mamalia dan buaya pertama muncul. Binatang amfibi Temnospondylus mulai berkembang biak. Tumbuhan Dicrodium merupakan flora umum di daratan. Koral modern dan ikan bertulang sejati (Teleost) muncul, dan juga beragam jenis serangga.

Binatang Dinosaurus ditemukan dalam jumlah yang sangat banyak dan beragam yaitu jenis Archosaurs untuk dinosaurus darat, dinosaurus jenis Ichthyosaurs dan nothosaurs di lautan, dan pterosaurs di udara. Dinosaurus jenis Cynodonts menjadi lebih kecil dan lebih menyerupai mamalia dibandingkan kadal.





Zaman Jurassic (210 – 140 Juta tahun lalu)

Spoiler

 for Jurassic




Jurassic adalah zaman yang mungkin paling populer dibandingkan dengan zaman lainnya. Kepopulerannya tidak lepas dari film Jurasic Park-nya Steven Spielberg yang bercerita tentang kehidupan dinosourus. Tidak salah tentu saja karena hewan reptil bertubuh raksasa alias dinosourus ini berkembang sangat pesat pada zaman tersebut.

Dinosaurus berukuran tubuh luar biasa besar seperti sauropods, carnosaurs, dan stegosaurs seakan menguasai daratan. Sebagian besar fosil binatang bertubuh besar ini ditemukan pada zaman ini. Tumbuhan Gymnosperms (terutama conifers atau tumbuhan runjung, Bennettitales dan cycads atau sikas) dan paku-pakuan umum ditemukan.

Mamalia kecil umum ditemukan. Burung pertama dan hewan melata bersisik (Squamata). Sejumlah binatang air berleher panjang yang sangat unik (plesiosaurs), sejenis kerang seperti Bivalves, Ammonites dan belemnites, bulu babi (Sea urchins) lili laut (crinoids), bintang laut, Porifera, brachiopods., terebratulid, dan rhynchonellid banyak ditemukan.

Pada zaman Jurassic, benua besar (Pangaea) mulai terpisah menjadi Gondwana dan Laurasi. Amerika Utara memisahkan diri dari Afrika sedangkan Amerika Selatan melepaskan diri dari Antartika dan Australia





Zaman Kapur/Cretacious (140 – 65 Juta tahun lalu)

Iklim sedang mulai muncul. India terlepas jauh dari Afrika menuju Asia. Jaman ini adalah jaman akhir dari kehidupan biantang-binatang raksasa. Dinosaurus species baru (Tyrannosaurs, Titanosaurs, duck bills, dan horned dinosaurs) bermunculan.

Burung primitif (dinosaurus terbang) mulai muncul menggantikan pterosaurs. Mamalia Monotremes, marsupials dan placental, serta tumbuhan berbunga mulai ditemukan. Buaya modern (Eusuchia) dan hiu modern muncul di laut. Ikan bertulang sejati (Teleostei) modern mulai bermunculan. Ammonites, belemnites, rudist bivalves, echinoids dan sponges umum ditemukan.





Zaman Tersier (65 – 1,7 Juta tahun lalu)

Pada zaman Tersier ini dibagi menjadi beberapa masa, yaitu :
1. Zaman Paleosen
2. Zaman Oasen
3. Zaman Oligosen
4. Zaman Miosen
5. Zaman Pliosen

Spoiler

 for Zaman Tersier



Pada zaman ini berkembang binatang-binatang menyusui, sedangkan reptil-reptil raksasa lambat laun lenyap. Sejak zaman paleosen mulai tampak makhluk primata (binatang menyusui serupa kera). Pada masa miosen ada orang utan, sedangkan pada zaman pliosen sekitar 10 juta tahun yang lalu hidup hewan yang lebih besar daripada gorilla yag disebut Giganthropus (kera manusia raksasa).

Zaman Tersier
Giganthropus ditemukan di bukit Siwalik di kaki gunung Himalaya dan di dekat Simia (India utara). Giganthropus hidup berkelompok, sehingga mereka biasa berkembang biak dan menyebar dari Afrika ke Asia selatan dan asia Tenggara, namun akhirnya Giganthropus punah karena sebab yang tidak jelas.

Selain Giganthropus juga ada makhluk lain yang disebut Australopithecus (kera manusia dari selatan, yang ditemukan di Afrika Selatan dan Afrika Timur. Pada zaman eosen akhir di Kalimantan Barat ditemukan fosil hewan vertebrata, yaitu Anthracotherium dan Choeromous (sebangsa babi purba) yang ditemukan di Asia Daratn. Penemuan fosil ini membuktikan bahwa zaman eosen akhir, Kalimantan Barat bergabung dengan daratan Asia.





Zaman Kuarter (1,7 Juta tahun lalu – Sekarang)

Zaman Kuarter terdiri dari kala Plistosen dan Kala Holosen. Kala Plistosen mulai sekitar 1,8 juta tahun yang lalu dan berakhir pada 10.000 tahun yang lalu. Kemudian diikuti oleh Kala Holosen yang berlangsung sampai sekarang. Pada Kala Plistosen paling sedikit terjadi 5 kali jaman es (jaman glasial). Pada jaman glasial sebagian besar Eropa, Amerika utara dan Asia bagian utara ditutupi es, begitu pula Pegunungan Alpen, Pegunungan Cherpatia dan Pegunungan Himalaya

Di antara 4 jaman es ini terdapat jaman Intra Glasial, dimana iklim bumi lebih hangat. Manusia purba jawa (Homo erectus yang dulu disebut Pithecanthropus erectus) muncul pada Kala Plistosen. Manusia Modern yang mempunyai peradaban baru muncul pada Kala Holosen. Flora dan fauna yang hidup pada Kala Plistosen sangat mirip dengan flora dan fauna yang hidup sekarang.

Spoiler

 for Homo erectus


Homo erectus

lebih lengkapnnya homo erectus : http://en.wikipedia.org/wiki/Homo#Hominina




Vertebrata - Tree of Life

Spoiler

 for Vertebrata - Tree of Life


protozoa -> age of man


soundcloud gw:





SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi