TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

Mengenal Astronot Wanita pertama dari Indonesia, Ibu Pratiwi Sudarmono

 
STK #2002

ke atas dulu gan, buat


Quote:
Sekitar 20 tahun yang lalu nama Pratiwi Sudarmono sebagai astronot wanita Indonesia benar – benar terkenal.

Saya mungkin masih kecil saat itu, tetapi saya dengan keberadaan saya yang masih kecil, betul – betul merasa kagum dengan Ibu Pratiwi ini. Yang ada di pikiran saya pada saat itu, melancong ke luar angkasa sangat menyenangkan. Dan sempat pada saat itu, saya juga bercita – cita ingin menjadi astronot. Hehe..Biarpun ternyata cita – cita berubah juga setelah dewasa.

Saya masih tertarik membaca mengenai Ibu Pratiwi, yang ada di benak saya sekarang, kemanakah gerangan tokoh idola saya ini ? Apakah masih sibuk meneliti sesuatu ? Ataukah sudah berhenti dari semua kegiatan semasa muda nya ?



Quote:
Ibu Pratiwi Sudarmono adalah satu – satu nya astronot wanita dari Indonesia bukan saja dari Indonesia, tetapi beliau juga astronot wanita pertama di Asia yang akan menjelajah luar angkasa.

Ibu Pratiwi lahir di Bandung, 31 Juli 1952 dengan nama lengkap Pratiwi Pujilestari Sudarmono. Pada Oktober 1985, beliau terpilih bersama Bapak Taufik Akbar dalam rangka kerja sama pemerintah dengan Badan Antariksa Amerika Serikat atau National Aeronautics and Space Administration untuk peluncuran satelit kebanggaan Indonesia yaitu satelit Palapa.

Tapi keberangkatannya ditunda pasca meledaknya pesawat Challenger pada Januari 1986. Dan benar – benar dibatalkan pada tahun 1997, saat krisis moneter melanda Indonesia. Sejak saat itu, nama Ibu Pratiwi tidak pernah terdengar lagi.



Quote:

Tetapi ternyata, beliau masih mempunyai banyak sekali aktifitas yang ternyata masih dijalankannya sampai sekarang.

Diantaranya masih mengadakan penelitian untuk penyakit tifus dan TBC. Beliau mengakui bahwa dua virus ini belum ada obat yang manjur untuk mengatasinya. Selain itu, Ibu Pratiwi juga masih kerap diundang ke luar negeri dalam rangka berbagi pengalaman mengenai dunia keastronotan, tentang apa saja yang harus dipersiapkan, dan sebagainya. Di luar kegiatan tersebut, Ibu Pratiwi juga saat ini sibuk memimpin organisasi kemasyarakatan Himpunan Wanita Karya .

Bagi saya, Ibu Pratiwi benar-benar tokoh panutan bagi para wanita Indonesia untuk terus berkarya tanpa takut keterbatasan – keterbatasannya. Saya pribadi juga sangat mengagumi kepandaian dan kesuksesan dari seorang wanita sebagai pribadi yang unik dan menarik.


 

 
 

 


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi