TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

Mendaki Gunung Tanpa Harus Cuti Kerja Dekat Kota Jakarta [One Day Trip]






Quote:
Sibuk atau tidak ada waktu itulah ungkapan seseorang yang masih ingin mendaki gunung, sebagian menganggap mendaki memerlukan waktu yang banyak dan panjang. Sebenarnya tanpa harus cuti atau libur panjang anda tetap bisa mendaki gunung. Anda tetap bisa mendaki gunung yang jarak dan waktu tempuhnya selama satu sampai dua hari saja. Jadi anda dapat mendaki pada saat weekand atau pada saat hari saptu dan minggu. Berangkat dari kediaman Jumat malam sampai ke kediaman kembali Saptu sore ataupun malam.

Gunung-gunung weekand ini adalah gunung-gunung yang bisa ditempuh selama satu sampai dua hari, untuk edisi kali ini kita kan membahas beberapa gunung yang bisa di pilih pada saat kita ingin sekali mendaki namun tidak memiliki waktu panjang, untuk wilayah kami mengambil sekitaran Jabodetabek dan Bandung.


Quote: 1. Gunung Cikuray - Garut
(Sensasi Menatap Awan)

Quote:
Quote: Informasi Umum :
Tinggi : 2821 mdpl
Lokasi administrasi : Kec.Bayongbong, Kec.Cikajang, dan Kec.Cilawu
Lokasi terdekat : Garut
Waktu pendakian : 7 – 8 jam dari titk awal pendakian hingga ke puncak


Quote:
Gunung Cikuray merupakan gunung tertinggi di kabupaten garut, Gunung ini berbentuk kerucut seperti Gunung Ciremai. Keasrian gunung cikurai semakin terasa ketika kita masuk semakin kedalam. Lumut yang menyelimuti pohon raksasa membuat kita seakan ada di taman yang di ciptakan oleh tuhan.

Pada umumnya gunung Cikuray memiliki jalur pendakian yang cukup terjal kadang sampai pada kemiringan 60 sampai 70 derajat. Mendaki sampai kepuncak akan terlihat semakin keasrianya.pendakian bisa dimulai dari jalur cilawu, titik awal pendakian bisa dimulai dari Stasiun transmisi televisi. Tempat tersebut masih berada di perkebunan teh. Mendaki cikuray memerlukan waktu dua hari, mulai dari naik hingga turun kembali



Quote: 2. Gunung Papandayan - Garut
(Menatap Pesona Kawah Gunung)

Quote:
Quote: Informasi Umum :
Tinggi : 2665 mdpl
Lokasi Administrasi: Desa Sinar Jaya dan Desa Keramat Wangi kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut.
Lokasi Terdekat: Garut
Waktu pendakian: 6 jam


Quote:
Papandayan sejak zaman Hindia belanda sudah menjadi tujuan wisata petualang orang Eropa. Gunung ini memeng menyajikan pesona yang indah seperti kawah, padang rumput dan pesona alam lainya. Bahkan kawahnya dapat dilihat dari jarak yang cukup dekat.

Untuk mendaki gunung Papandayan ada dua jaluryaitu Cisurupan Garut dan Cileuyleuy/Sedep Pengekelan-Bandung. Jalur Cisurupan merupan jalur yang paling banyak dilalui oleh para pendaki sedangkan jalur Cileuyleuy membosankan bagi para pendaki, karena lebih banyak melintasi perkebunan. Anda dapat mendakinya selama dua hari dari naik, bermalam sampai turun kembali.



Quote: 3. Gunung Burangrang - Cimahi & Purwakarta
(Bentangan Alam Bervariasi dan Menantang)

Quote:
Quote: Informasi Umum :
Tinggi : 2067 mdpl
Lokasi Administratif : Kabupaten cimahi dan Kabupaten Purwakarta
Kota terdekat : Cimahi
Waktu pendakian: 3-4 jam dari titik awal hingga puncak gunung


Quote:
Gunung ini adalah bagian pegunungan yang berasal dari letusan gunung sunda purba yang kini menjadi kaldera Sunda. Menurut ahli Geologi kaldera Sunda adalah rangkain bukit yang bejejer di utara Bandung sampai timur. Bentangan gunung ini cukup bervariasi dan menantang mulai dari Hutan yang luas, tebing, sungai dan danau. Walau tidak tergolong tinggi, namun bagi penggiat kegiatan alam bebas kawasan ini menjadi kawasan untuk berlatih.

Mendaki gunung burangrang dapat ditempuh selama satu sampai dua hari, jika saat pendakian tidak ada rencana bermalam anda dapat mendakinya pagi hari sehingga sudah dapat turun pada saat gelap. Untuk jalur pendakian Gunung Burangrang memiliki tiga Jalur yaitu Jalur Komando, Desa Kertawangi ; jalur Legok Haji – SPN ( Sekolah Polisi negara ) ;dan jalur Cisurupan.



Quote: 4. Gunung Gede & Gunung Pangrango - Cianjur & Sukabumi
(Menikmati Padang Bunga Edelweis)

Quote:
Quote: Informasi Umum :
Gunung Gede :
Tinggi : 2958 mdpl
Lokasi administrasi : Kab. Cianjur dan Kab.Sukabumi
Kota Terdekat : Cianjur
Waktu Pendakian : Dari ketiga jalur tersebut sekitar 6 – 9 jam pendakian

Gunung Pangrango
Tinggi : 3019
Lokasi administrasi: Kab. Cianjur dan Kab.Sukabumi
Kota Terdekat: Cianjur
Waktu Pendakian : Dari ketiga jalur tersebut sekitar 10-12 jam pendakian


Quote:
Gede dan Pangrango adalah gunung yang paling rame dikunjungi oleh para pendaki. Hampir setiap pekan gunung ini tidak pernah sepi, bahkan tidak sedikit turis mancanegara datang untuk mendakinya. Gunung ini termasuk gunung yang paling unik, tidak mengherankan bahwa gunung ini menjadi laboraturium untuk peneliti. Sungai-sungai deras, Air Terjun, Air panas dan danau merupakan sebagian kekayaan dari kawasan ini. Bahkan jika anda pendakianya hingga kepuncak pemandangan yang disajiakan cukup luar biasa. Ada tiga jalur resmi yang bisa digunakan untuk mendaki gunung Gede dan Pangrango dengan Jumbalah kuota yang sudah ditentuakan oleh Taman Nasional Gede Pangrango ( TNGGP ) yaitu Jalur cibodas 300 orang, Jalur Gunung putri 100 orang dan Jalur salabintana 100 orang. Jalur yang dibutuhkan dari semua jalur dari bawah hingga kepuncak Umumnya dua hari.

Yang tidak kalah hebatnya dari gunung-gunung lainya adalah gunung gede dan pangrango mepunyai lembah yang sangat istimewa dimana lembah gtersebut terdapat Tanaman Edelweis yang sangat indah, Lembah Suryakencana milik Gunung Gede dan Lembah Mnadalawangi milik Pangrango.

Gunung gede dan pangrango merupakan gunung yang terletak berdampingan, anda bebas memilih kemana tujuan anda namun Jika ingin menuju ke pangrango ada baiknya anda melintasi Jalur Cibodas karena lebih cepat Dan jika merasa tantanganya kurang anda bisa mendakinya sekaligus dengan melintasi Jalur gunung putri kemudian kepuncak gunung Gede lalu menuju ke Puncak pangrango



Quote: 5. Gunung Salak - Bogor & Sukabumi
(Terjal dan Mengasikan)

Quote:
Quote: Informasi Umum :
Tinggi : 2211 mdpl
Lokasi administrasi : Kab.Bogor, dan Kab.sukabumi
Kota terdekat: bogor dan Sukabumi
Waktu pendakian : 6 – 9 jam dari titik awal hingga ke puncak.


Quote:
Lokasinya paling dekat dengan Jakarta dan menjadi Incaran para penggiat alam bebas. Gunung salak mempunyai beberapa puncak namun hanya dua yang sering di daki yaitu puncak salak 1 dan puncak salak 2 , namun puncak salak 2 sudah lama ditutup. Medan menuju puncak salak 1 terjal dan curam, pada saat turun hujan medan yang dilalui licin dan berlumut. Selain pendakian menuju puncak trecking menuju Kawah Ratu menjadi aktivitas menarik yang tidak kalah seru. Pendakian dapat dilakukan selama dua hari.

Ada beberapa jalur pendakian jalur Cangkuang, Cidahu, Sukabumi ; Jalur Cimelati, Sukabumi ; Winawisata Curug pilung-Giri Jaya. Jalur yang paling sering digunakan adalah Jalur Wanawisata.



Quote: 6. Gunung Munara - Bogor
(Lanskap Berselimut Sakral)

Quote:
Quote: Informasi Umum :
Tinggi : 1200 mdpl
Lokasi administrasi : Kab.Bogor
Kota terdekat: Jakarta Bogor
Waktu pendakian : 1 - 1,5 jam dari titik awal hingga ke puncak.


Quote:
Gunung Munara memang tidak begitu dikenal oleh orang Jakarta dan sekitarnya, hanya penduduk sekitar saja yang mengenal keberadaan gunung cantik ini. Namun beberapa bulan terakhir gunung ini keberadaanya mulai diperbincangkan oleh banyak pecinta travelling.

Umumnya pengunjung dari wilayah Jobodetabek tidak perlu menginap cukup seharian saja (one day trip) datang ke Gunung Munara, karena lokasinya relatif dekat dari Jakarta. Untuk mencapai kelokasi menempuh jarak sekitar 1,5 jam saja dengan kendaraan bermotor.

Gunung Munara memiliki ketinggian tidak lebih dari 1200 mdpl yang terletak di wilayah Kampung Sawah, Rumpin, Bogor.Tapi sayang, objek wisata yang memiliki tebingan indah itu belum dikelola dengan baik.

Gunung ini memang sedikit kontroversial karena tidak menyerupai gunung-gunung lainya. Untuk mencapai puncak gunung Munara ini hanya dibutuhkan 1-1.5 jam saja, memang cukup singkat namun track yang terlalu menanjak membuat tantangan tersendiri bagi mereka yang menyukai pendakian. Mungkin karena ketinggian gunung ini yang tidak sama dengan gunung pada umumnya membuat banyak orang yang mendatangi gunung ini mengatakan bahwa ini adalah bukit bukan gunung.



Quote: 7. Gunung Batu - Jonggol, Bogor
(Lanskap Selandia baru di Jonggol)

Quote:
Quote: Informasi Umum :
Tinggi : 700 mdpl
Lokasi administrasi : Desa Sukamakmur, Jonggol, Kab.Bogor
Kota terdekat: Jakarta Bekasi Bogor
Waktu pendakian : 1,5 - 2 jam dari titik awal hingga ke puncak.


Quote:
Di Kecamatan Sukamakmur, Jonggol, Kabupaten Bogor, terdapat sebuah tempat wisata yang mirip dengan lanskap Selandia Baru. Traveler bisa trekking mendaki gunung batu dan menyaksikan pemandangan memukau!

Mulanya, tak ada niatan sama sekali untuk mendaki gunung batu di Jonggol ini. Sangat sedikit traveler yang mengetahui soal tempat ini. Berhubung lewat, saya pun memberanikan diri bertanya kepada salah satu penjaga tiket masuk di tempat wisata ini.

Kita hanya perlu membayar Rp 10.000, dan trekking sekitar 1 jam untuk tiba di gunung batu tersebut. Berbekal informasi yang minim dan estimasi waktu yang relatif singkat, kami pun mendaki gunung yang ketinggiannya tak sampai 1.000 mdpl tersebut.

Rupanya tempat wisata ini baru-baru dibuka, tepatnya akhir 2014 lalu. Jalur pendakiannya cukup curam, didominasi tanah dan bebatuan. Sepertiga perjalanan, saya mulai melihat hamparan perbukitan hijau yang indah. Saya melanjutkan perjalanan hingga akhirnya tiba di sebuah warung kecil untuk beristirahat.

Setelah melepas dahaga dan beristirahat, perjalanan kami lanjutkan menuju puncak. Dari warung tersebut perjalanan menuju puncak kurang lebih 1,5 jam. Semakin menuju puncak jalur pendakian semakin ekstrem dengan kemiringan hampir tegak lurus layaknya panjat tebing.



Quote: 8. Gunung Sanggabuana - Kerawang
(Pesona Waduk Jatiluhur di ketinggian )

Quote:
Quote: Informasi Umum :
Tinggi : 1291 mdpl
Lokasi administrasi : Desa Mekarbuana, Kerawang
Kota terdekat: Jakarta Bekasi Kerawang
Waktu pendakian : 3 - 4 jam dari titik awal hingga ke puncak.


Quote:
Letak Gunung Sanggabuana sendiri menjadi perbatasan dan bagian dari beberapa kabupaten antara lain kabupaten Bogor, Purwakarta, Cianjur dan Karawang. Jika dilihat dari arah karawang, gunung sanggabuana tidak terlihat karena diapit dan terhalang oleh beberapa bukit dan juga gunung.

Untuk arah masuk dari karawang bisa melalui tempat wisata curug cigeuntis. Namun, awal mula jalur untuk pendakian itu letaknya sebelum ke curug cigeuntis dan jalurnya pun terbilang sempit cukup untuk motor. Dan biasanya para pendaki yang akan mendaki gunung sanggabuana memulai pendakiannya dari perumahan warga yang dijadikan tempat penitipan motor karena rata-rata para pendaki untuk menuju loji sendiri kebanyakan membawa kendaraan roda dua.




SUMUR   (sepuhan.wordpress.com)


Quote: Boleh dicoba gan liburannya tanpa harus cuti, dan ada juga treking gunung 1 hari pula, indonesia emang kaya bentang alamnya gan




Thread Ane Lainnya :
Spoiler

 for No JebMan



Quote: Kami Para Fakir Cendol
Meminta anda yang membaca thread
dalam jerih payah kami
Ku Mohon.....
Spoiler for Sekali Lagi
CE ND OL NY A GA N



SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi