TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

Hoax, Dirampok di ATM Lalu Masukkan PIN Terbalik, Alarm Security Akan Bunyi!!

WELCOME TO MY THREAD

-Jangan Lupa-
:rate 5 dan
SHARE dan KOMENG

-Tolong Jangan-


-Kalau tidak suka komeng saja, jangan merah-


Spoiler

 for no repsong ya





Pertama-tama TS mengucapkan terima kasih atas kedatangan agan dan aganwati semua. TS memperingatkan bahwa thread ini mengandung GAMBAR. Dan jika gambar tsb tidak terbuka secara otomatis, maka TS harapkan agan sekalian mengganti browser dari Chrome ke browser lain. SHIFT + X =buka semua spoiler.


Langsung aja, TS membuat thread ini karena TS ingin mengingatkan betapa sayangnya fitur share di sosial media, yang terkadang informasinya tidak tepat dan tidak benar, walaupun dari orang yang 'ternama' atau 'bergelar' di mata masyarakat. Entah kenapa jadi banyak yang percaya pada informasi tersebut, padahal informasi tersebut tidaklah sepenuhnya atau seluruhnya benar, dikarenakan bukan dari sumber yang benar-benar terpercaya dan jelas.

Contohnya yang sedang ramai adalah sharing mengenai PERAMPOKAN UANG DI ATM yang sedang ramai di halaman sosial media TS. Mau tau apa? Ayo kita bahas di sini ganss


Quote: Quote: Oke, kita langsung aja deh. Semua gambar dari google images maupun sosial media si penyebar informasi ini.

Quote: Jadi begini ceritanya. Suatu pagi ketika TS sedang membaca timeline sosial media TS, ada seorang teman share berita tentang CARA TENANG KETIKA DIRAMPOK DI ATM. Karena penasaran, TS mencoba untuk membuka link yang diberikan oleh teman tersebut, ternyata berasal dari sosial media orang lain berinisial MA dan si MA ini ternyata dapat info dari temannya juga, bisa dilihat di spoiler:

Spoiler for gbr fb



TS pun mencari sumber lain, ternyata usut punya usut, ada halaman sosial media yang cukup dikenal, rupanya juga share informasi tersebut dari sumber di atas:

Spoiler for gbr 2


Oke, kalau begitu kita lihat status lain dari sosial media lainnya:

Spoiler for lagi




Quote: Muncul beberapa pertanyaan2 yg keluar dari otak TS, "JIKA PIN ATM NYA ADALAH MISAL, 321123 DAN DIBALIK SAMA AJ" atau "EMANG BENER DI INDONESIA INI BISA BEGITU, APA BENERAN IYA?"INI BISA BEGITU, APA BENERAN IYA?"


Quote: Karena penasaran, TS pun mencari jawaban atas kebenaran berita informasi yg berasal dari sosial media ini, apakah benar? Ternyata ketika TS googling, hasilnya mengejutkan. Berikut beberapa jawaban atas PIN ATM DIBALIK, ALARM BERBUNYI:

[QUOTE] #Sumber: detikInet  (inet.detik.com)

Spoiler

 for detikinet

Sejak kemarin saya menerima banyak pesan seperti ini melalui IM:
Jika anda sedang terancam jiwanya karena dirampok/ditodong seseorang untuk mengeluarkan uang dari atm ,maka anda bisa minta pertolongan diam2 dengan memberikan nomor pin secara terbalik ,misal no asli pin anda 1254 input 4521 di atm maka mesin akan mengeluarkan uang anda juga tanda bahaya Ke kantor polisi tanpa diketahui pencuri tsb.Fasilitas ini tersedia di seluruh atm tapi hanya sedikit orang yang tahu tolong kasih tahu kepada yang lain.

Seperti yang bisa kita tebak, ini adalah hoax. Hoax ini mungkin berasal dari peraturan daerah negara bagian Illinois, Amerika Serikat SB 562 yang mendefinisikan sistem semacam ini, walaupun tidak mengharuskannya:

A terminal operated in this State may be designed and programmed so that when a consumer enters his or her personal identification number in reverse order, the terminal automatically sends an alarm to the local law enforcement agency having jurisdiction over the terminal location.

Sistem ini juga tertulis pada rencana peraturan daerah negara bagian Georgia SB 379 yang belum diratifikasi:

Any remote service terminal operated in this state shall be designed and programmed so that when a consumer enters his or her personal identification number in reverse order, the remote service terminal automatically sends an alarm to the local law enforcement agency having jurisdiction over the remote service terminal location. No difference between an emergency transaction and a normal transaction shall be detectable from the terminal. The operators of remote service terminals shall be permitted to charge a fee of $1.50 per month to customers who subscribe to this service.

Dan yang terakhir adalah peraturan daerah negara bagian Kansas SB 333 yang gagal untuk diberlakukan:

Any automated teller machine operated in this state shall be designed and programmed so that when a consumer enters such consumer's personal identification number in reverse order, the automated teller machine automatically sends an alarm to the local law enforcement agency having jurisdiction over the automated teller machine location.

Intinya, ada undang-undang yang mendefinisikan sistem semacam ini, tetapi tidak mengharuskan atau undang-undangnya sendiri tidak atau belum berlaku. Sepanjang pengetahuan saya, belum ada ATM yang mengimplementasikan sistem seperti ini. Yang jelas, saya sudah mencoba ini di ATM Bank Mandiri dan BCA. ATM yang saya coba hanya memprotes bahwa PIN saya salah dan yang jelas tidak ada polisi yang mendatangi saya.



Quote: #Sumber: Logika Orang IT  (www.opensubscriber.com)

Spoiler

 for logika IT

Karena saya orang awam dalam IT maka saya coba berpikir secara sederhana saja sbg:
Kalau kode PIN suatu mesin ATM maximum terdiri dari 6 huruf maka saya rasa kemungkinan dobel dengan nomer lain ada saja.
Misal nomer kartu kita yi 1234 5678 9012 3456 dan PIN kita 123456 maka saya yakin akan banyak orang punya nomer PIN 123456.
Tapi yang punya nomer kartu itu hanya kita saja.

Anda harus ingat bahwa mesin ATM baru bisa mengakui kartu ATM kita nomer sekian adalah match dengan PIN kita nomer sekian.
Jadi ada kombinasi ke 2 nomer itu yang baru akan di approved oleh mesin ATM.

Jika nomer kartu kita dan nomer PIN yang dimasukkan tidak cocok maka 3x kita salah maka kartu ATM kita akan ditelan oleh mesin.
Justru jika nomer kartu kita yang 1234 5678 9012 3456 dan jika dimasukkan nomer PIN yang terbalik yi 654321 maka jika ada yang bisa mendevelop software tentang ini maka saya yakin software ini akan banyak dibeli oleh dunia perbankan kita.

Anda memasukkan nomer PIN 654321 dari nomer kartu yang lain maka system alarm ke polisi nantinya tidak akan berfungsi.
Paling hanya kartu ATM anda saja ditelan oleh mesin ATM itu sendiri.

Mudah mudahan ini jadi perangsang ide dari para software designer kita untuk menciptakannya dan mudah mudahan satu dua tahun lagi kta akan mendengar bahwa seorang software designer (atau apalah namanya) telah berhasil menciptakan suatu software yg dapat mendeteksi seseorang yang dirampok karena telah memasukkan nomer PIN yang terbalik dimana polisi segera mengirimkan anggotanya kemesin ATM tersebut.

Mudah mudahan.

Hardjo.






Quote: Yah, setelah TS melihat keseluruhannya, yg terbayang adalah FIX, THIS IS HOAX.
1. Jika penggunanya mempunyai PIN 321123, dibalik2 sama aja, berarti kasihan ya polisi gak akan nolongin karena alarm gk bakal bunyi.
2. Uang akan keluar setengah. Kalau uangnya keluar setengah, ditarik2 juga nanti pasti keluar sendiri, ato paling enggak ya robek
3. Kalau pun benar, jarak dari kantor polisi ke lokasi agan mungkin agak jauh dan butuh waktu, yang ada nanti amit2 agan ditembak duluan sebelum polisi dateng




Demikian dari TS, saran TS ya jangan percaya semua informasi di sosial media, bisa aja itu hoax, gosip, atau hal2 yg gk bener. Mulai sekarang coba cari tahu dan pilih2 dulu informasi yang berguna sebelum di share dengan cara googling ke sumber yang terpercaya, bukan sekadar web gratisan aja.
Kalau agan sekalian mau tambahin komen aja nanti di pejwan. TS terbuka.



SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi