TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

Cicak dengan bokong berlubang dua



Umumnya, cicak hanya memiliki satu kloaka, lubang seperti anus pada pantat. Tapi, jenis Cyrptodactylus lain yang ditemukan di Tambora oleh Awal Riyanto punya satu lubang lain yang disebut pre-cloacal pore. Awal meyakini jenis ini merupakan jenis baru.

selain cicak tersebut, LIPI juga menemukan meberapa mahluk lain....

Sejumlah makhluk hidup dari gunung Tambora yang diyakini merupakan jenis baru terungkap lewat Ekspedisi NKRI hasil kerjasama TNI dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia . Makhluk baru itu berupa dua jenis arachnida atau golongan laba-laba, dua jenis kupu-kupu malam atau ngengat, dua jenis cicak serta satu jenis tumbuhan. Seperti apa wajah spesies-spesies baru yang hidup di gunung yang pernah meletus dan memusnahkan peradaban pada 200 tahun lalu tersebut? Berikut foto-foto yang didapatkan Kompas.com dari LIPI.

Cicak berpaha mulus


Cicak ini termasuk genus Cyrptodactylus atau cicak berjari lengkung. Awal Riyanto, peneliti amfibi dan reptil LIPI mengungkapkan bahwa cicak ini berbeda dengan yang lain karena punya femoral pore, lubang-lubang kecil di paha. Pahanya mulus.



Sarax Coklat

Sarax merupakan salah satu jenis arachnida, spesifiknya kalacemeti. Sarax di Jawa punya warna hitam tetapi di Tambora berwarna coklat. Cahyo Rahmadi, peneliti arachnida LIPI, meyakini Sarax Tambora adalah spesies baru.



Stylocellus Besar

Stylocellus merupakan jenis opiliones. Jenis yang ditemukan di Tambora berbeda dengan lainnya karena ukurannya yang lebih besar, sekitar 9 milimeter. Untuk mengamatinya, Cahyo mengungkapkan perlu ketelitian. Dia yakin, jenis ini merupakan jenis baru.



Ngengat "bertahi lalat"

Ngengat "bertahi lalat" itu tergolong dalam genus Xyleutes. Disebut bertahi lalat karena sayapnya punya titik berwarna hitam. Ciri itu membuat Hari Sutrisno, peneliti serangga LIPI, yakin bahwa ngengat itu tergolong jenis baru



Ngengat miskin sisik

Umumnya, ngengat punya sisik sempurna di bagian sayapnya. Namun, salah satu spesies ngengat yang ditemukan Hari di Tambora tidak. Bagian belakang sayap hewan itu tidak memiliki sisik sehingga diyakini merupakan jenis baru.



Tumbuhan berdaun satu nan mungil

Ada golongan tumbuhan yang daunnya cuma satu, dikenal dengan Monophyllaea. Tapi, tumbuhan berdaun satu di Tambora unik. Sudah satu daunnya, kecil pula. LIPI meyakini bahwa tumbuhan itu adalah jenis baru.



Sumber : kompas.com 

Kalo agan agan merasa info ini bermanfaat, ane masih terima
dan buat jomlo yang kasih ane doain ketemu jodohnya


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi