TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

Bukan Pasir Biasa, Gurun Pasir Luas ini Seputih Salju







Quote:
Quote:
Quote: Jika Anda termasuk salah satu traveler yang gemar bepergian, berkunjung ke salah satu gurun pasir terunik di dunia ini tak bakal buat Anda kecewa. Sungguh berbeda dengan gurun pasir biasanya, warna pasir di gurun pasir ini putih yang mungkin terlihat menyerupai hamparan bubuk tepung atau mungkin salju.

Dikenal dengan sebutan 'White Sands Desert', gurun pasir putih terhampar seluas lebih dari 700 km persegi yang terletak di negara bagian New Mexico, Amerika Serikat .


Quote:
Quote:
Quote: Seperti dilansir Amusing Planet, bila umumnya gurun pasir miliki pasir jenis kuarsa lain halnya dengan gurun pasir ini yang pasirnya berjenis kristal gipsum putih. Itulah yang membuatnya disebut gurun pasir putih.

Letaknya berada di lembah Tularosa, sebuah lembah dangkal yang dikelilingi pegunungan Sacramento dan San Andres. Diperkirakan sekitar 100 juta tahun yang lalu, air hujan dan air lelehan es berasal dari pegunungan melarutkan gipsum dari batuan sedimen dan terakumulasi membentuk sebuah danau di lembah Tularosa. .


Quote:
Quote:
Quote: Kemudian air menguap dan meninggalkan lapisan gipsum yang mengkristal. Maka jadilah gurun pasir putih seperti yang bisa dilihat saat ini.

Ada satu lagi yang menarik, tak seperti pasir di gurun pasir biasanya yang sangat panas. Gurun pasir putih ini pasirnya terasa dingin, bahkan di musim panas sekalipun rasanya tetap dingin. .


Quote:
Quote:
Quote: Karena pasir kristal gipsum tidak menyerap panas sinar matahari mungkin justru seperti memantulkannya. Itulah kenapa pasir di gurun pasir putih ini terasa dingin. Anda bisa nyaman berjalan tanpa alas kaki menyusuri indahnya gurun unik ini. .









Sungguh, tidak akan ada sesuatu yang diciptakanNya dengan sia sia. Tinggal kita bagaimana menjaga dan memanfaatkan dengan akal pikir kita. Semoga hal seperti itu dapat membuat kita mengingat betapa besar ciptaanNya. Dan kita sebagai manusia yag hanya bisa menikmati malah kadang merusak, harusnya dapat intropeksi diri kita supaya sadar harus menjaga dan melestarikan mulai dari lingkungan sekitar kita

- Sumur - 
- Sumur - 
Rekomen HT 

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi