TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

Apa Perbedaan Buaya dan Alligator?




Quote: 1.Dilarang ngomong kasar
2.Dilarang promosi iklan
3.Jangan Spam
4.No SARA
5.Kalo mau komen harus bermutu


Quote:
Buaya adalah reptil bertubuh besar yang hidup di air. Secara ilmiah, buaya meliputi seluruh spesies anggota suku Crocodylidae, termasuk pula buaya sepit . Meski demikian nama ini dapat pula dikenakan secara longgar untuk menyebut 'buaya' aligator, kaiman dan gavial; yakni kerabat-kerabat buaya yang berlainan suku.Buaya umumnya menghuni habitat perairan tawar seperti sungai, danau, rawa dan lahan basah lainnya, namun ada pula yang hidup di air payau seperti buaya muara. Makanan utama buaya adalah hewan-hewan bertulang belakang seperti bangsa ikan, reptil dan mamalia, kadang-kadang juga memangsa moluska dan krustasea bergantung pada spesiesnya. Buaya merupakan hewan purba, yang hanya sedikit berubah karena evolusi semenjak zaman dinosaurus.Buaya dan Aligator, keduanya merupakan pemangsa di strata tertinggi rantai makanan yang sangat buas. Namun, banyak dari kita sulit membedakan anatara keduanya, faktanya kedua spesies ini berbeda keluarga ini beberapa perbedaan yang dapat membedakan Buaya dan Alligator.

Quote: Keluarga Aligator Dan Buaya
Aligator termasuk Famili Alligatoridae, terdiri dari 2 spesies aligator dan 6 caiman. Contoh spesies-spesies tersebut diantaranya, Caiman hitam, Caiman bermoncong lebar, Caiman Yascare, Aligator Mississippi, dan Aligator China.Buaya tergolong Famili Crocodylidae dan terdapat 15 spesies, diantaranya buaya muara atau buaya air asin, buaya Sungai Nil, buaya Papua, buaya Siam, buaya Orinoco dan buaya Amerika.Habitat Buaya dan aligator hidup di daerah tropis dan subtropis namun Aligator hanya di temukan di beberapa tempat saja, seperti di Amerika Serikat dan beberapa daerah di China.

Quote: Habitat Hidup
Buaya ditemukan di banyak tempat di belahan dunia. Mereka hidup di Amerika Tengah, Amerika Selatan, Afrika, Pakistan, India, Ausralia dan Asia Tenggara. Buaya muara/buaya air asin bahkan ditemukan di pulau2 terpencil di Samudra Pasifik. Mereka dapat berenang bermil-mil jauhnya melewati lautan.Meskipun buaya dan aligator ada yg ditemukan di wilayah yg sama, tetapi mereka berbeda ordo dan hidup berjauhan. Sebagai contoh di Amerika tepatnya di Florida, buaya ditemukan di dekat laut yg sebagian airnya asin , sedangkan aligator di temukan di dekat daratan yg berair tawar.

Quote: Moncong

Buaya memiliki moncong panjang, menyempit, pipih dan seperti membentuk huruf "V". Sementara aligator memiliki moncong yg pendek, lebar, dan seperti , membentuk huruf "U".

Quote: Perbedaan Warna

Aligator memiliki warna tubuh gelap dan nampak kehitaman. Sementara buaya lebih terang, tampilannya cenderung kehijauan atau kecoklatan.

Quote: Panjang Tubuh

Ukuran tubuh buaya jauh lebih besar dibandingkan aligator. Aligator dan Caiman memiliki panjang 1,2- 4 m, sedangkan pada buaya mereka memiliki panjang mulai dari 1,5-6 m. Bahkan di India ada yang mencapai 7,5m dan masuk Guinness Book of World Records.

Quote: Rahang dan Gigi

Inilah perbedaan yg paling mencolok dari buaya dan aligator. Letak gigi juga merupakan ciri pembeda antara buaya dan alligator. Pada alligator, rahang atas lebih besar dibanding rahang bawah sehingga ketika mengatup, rahang atas menutup sepenuhnya rahang bawah sehingga tidak ada gigi yang mencuat keluar. Sedangkan rahang atas dan rahang bawah buaya relatif sama sehingga ketika mulutnya mengatup akan nampak gigi yang mencuat di sela-sela rahang.

Quote: Kaki belakang
Kaki belakang buaya memiliki pinggiran bergerigi yang tidak terlihat pada kaki belakang alligator.

Quote: Kunjungi thread ane lainnya:
Apa Perbedaan Rusa dan Kijang? 
Kucing Bakau,si Imut yang Terlupakan 
14 Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia 
10 Hewan Yang Paling Berbahaya di Sungai Amazon 
5 Reptil Terbesar di Dunia 
7 Fakta Unik Kecoa 


SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi