TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

7 Jurusan kuliah unik dengan prospek kerja yang menjanjikan buat kamu



"Lho, bro? Kamu kan jurusan pertanian, kok sekarang kerja di bank?"
"Eh, si A kan dulu kuliah sastra kok sekarang kerjanya marketing sih, nggak nyambung banget!"


Brilio.net - Kamu pasti sering mendengar percakapan di atas di antara teman-teman kamu yang sudah lulus. Nah, memang realitanya sekarang seperti itu, banyak orang yang bekerja tidak sesuai dengan jurusannya kuliah.

Kenapa bisa gitu? Biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti merasa salah jurusan atau kurangnya lapangan pekerjaan. Buat kamu yang sekarang lagi SMA dan masih bingung mau kuliah di jurusan apa, brilio.net bakal kasih tahu jurusan-jurusan unik dengan prospek kerja yang menjanjikan. Berikut rangkumannya, Rabu :

1. Teknik Pertambangan
Pertama kali mendengar jurusan ini pasti yang ada di benak kamu, duh kerjanya pasti kayak kuli nih, isinya cowok semua. Eits, tapi jangan salah, teknik pertambangan ini kerjanya menentukan lokasi adanya sumber daya alam yang tersembunyi dalam bumi dan mematok harga ekonomisnya.

Prospek kerjanya bisa di perusahaan swasta seperti PT Newmont atau PT Freeport Indonesia dengan gaji di atas dua digit. Selain itu kamu juga bisa menjadi pegawai negeri sipil di berbagai instansi seperti BSN atau Kementerian ESDM.

Universitas rekomendasi: Institut Teknologi Bandung , Universitas Hasanuddin, Universitas Sriwijaya.

2. Kriminologi
Wah, ngeri-ngeri sedap ini belajar tentang kriminal, sangat cocok buat kamu yang mempunyai jiwa detektif. Adapun ilmu yang dipelajari adalah tentang pelaku kejahatan, penyebab kejahatan, tingkah laku kriminalitas dan lain-lain.

Prospek kerjanya bisa di kepolisian bagian laboratorium kriminologi, departemen kehakiman, kejaksaan, Komisi Pemberantasan Korupsi dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia .

Universitas rekomendasi: Universitas Indonesia .


3. Teknik Metalurgi
Kalau jurusan ini rasanya tepat bagi kamu pecinta pelajaran fisika, kimia dan logam-logaman. Prospek kerjanya juga sangat bagus, kamu bisa melalangbuana di berbagai perusahaan logam seperti PT Krakatau Steel, PT Aneka Tambang atau menjadi PNS di Kementerian Perindustrian dan ESDM.

Universitas rekomendasi: ITB, UI, Institut Teknologi Sepuluh Nopember .

4. Ilmu Perpustakaan
Duh, pasti malesin banget sepanjang hari harus duduk jaga perpustakaan sambil ngatur buku. Mungkin itu yang pertama ada di benak kamu mendengar jurusan satu ini. Eits, jangan salah, perpustakaan zaman sekarang akan diatur modern dengan sistem informasi yang lengkap dan cepat. Jadi kalau kamu kuliah di sini, kamu bakal belajar tentang manajemen, komunikasi, katalogisasi, aplikasi database dan lain-lain.

Prospek kerjanya sangat menjanjikan karena hampir semua instansi pemerintahan sekarang membutuhkan pustakawan.

Universitas rekomendasi: Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, UI.

5. Fisioterapi
Banyak orang yang menyamakan jurusan ini kerjanya sebagai tukang pijat. Wah, padahal salah besar! Ahli Fisioterapi saat ini sangat banyak dibutuhkan di berbagai rumah sakit. Fisioterapis bertugas untuk memulihkan gerak dan fungsi tubuh manusia setelah mengalami patah tulang. Biasanya kuliah fisioterapi hanya membutuhkan waktu kuliah lebih cepat yakni 3 tahun.

Universitas rekomendasi: Jurusan fisioterapi biasanya tersebar di semua poltekkes.

6. Desain Komunikasi Visual
Banyak orang menyangka jurusan ini memiliki masa depan suram karena masuk fakultas seni rupa. Padahal lulusan DKV saat ini paling banyak dicari oleh perusahaan iklan, rumah produksi, percetakan maupun media. Di sana kamu akan belajar tentang seni modern desain.

Universitas: Institut Seni Indonesia , ITB dan UNS.

7. Kartografi dan Penginderaan Jauh
Mungkin kamu sangat asing mendengar jurusan satu ini dan tidak tahu apa yang akan kamu pelajari di sini. Jadi Kartografi dan Penginderaan Jauh masuk ke fakultas geografi. Di sana kamu akan belajar segala hal tentang pengukuran ilmu tanah, pemetaan, dan bencana alam.

Prospek kerjanya juga sangat menjanjikan, kamu akan dibutuhkan di berbagai kementerian seperti Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Perumahan Rakyat, Kemenakertrans, ESDM, kelautan dan perikanan, badan pertanahan nasional dan lain-lain.

Universitas rekomendasi: Universitas Gadjah Mada.

sumber: http://www.brilio.net/news/7-jurusan...u-150408b.html

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi