TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

10+ Penyebab Perut Selalu Merasa Lapar



Quote: Lapar, tentunya agan semua tau dong definisi lapar, karena ane yakin ente semua pernah ngalamin Siapa si yang gapernah ngerasain lapar Yuk jasafahrizal dan agan agan sekalian, mari kita bahas.
Tapi kali ini bahasannya bukan lapar biasa, ini penyebab kenapa perut selalu merasa lapar.

jasafahrizal - independent kaskuser with the simple thread low bandwidth






Quote:
iklan produk x - gstatic.com

Ente baru makan nasi goreng 2 piring, tapi sejam kemudian ente udah lapar lagi, tenang ente ga sendirian. Seorang psikiater asal Amerika Serikat dan penulis buku Answers to Appetite Control, James Greenblatt, M.D .Menurutnya banyak variabel yang membedakan nafsu makan seseorang., Berikut 10 alasan ilmiah mengapa ente selalu merasa lapar:

Quote:
Ilustrasi lapar - gstatic.com

1. Ukuran perut lebih besar dari orang lain

Setiap orang memiliki bentuk tubuh yang unik dan ukuran yang berbeda, dan ini juga berlaku pada setiap organ tubuh lainnya. Sehingga seseorang perlu makanan yang berbeda ukurannya tergantung kapasitas perutnya.

2. Banyak tertawa

Menurut hasil studi yang dipresentasikan pada Experimental Biology Conference di Anaheim, California pada 2010, selera humor yang tinggi berpengaruh pada nafsu makan Anda. Para peneliti mengajak para partisipan memilih film untuk ditonton, film yang menegangkan atau film komedi yang lucu selama 20 menit. Setelah itu, mereka mengukur hormon ghrelin dan leptin .

Mereka yang tertawa sepanjang film komedi, memiliki hormon lapar lebih tinggi dan hormon kenyang lebih rendah, dibanding mereka yang menonton film menegangkan. Namun, apapun itu, sebaiknya jangan pernah menahan diri untuk tertawa. Karena, tertawa adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan endorphin, terutama bagi mereka yang selalu stres saat berhadapan dengan makanan.

3. Makanan tak mengandung bakteri baik

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa prebiotik yang ditemukan dalam makanan, seperti bawang putih dan bawang bombay, bisa membantu menekan nafsu makan Anda, dengan mengubah bakteri usus Anda. Nah, jika makanan yang dikonsumsi tak mengandung bakteri baik ini, Anda tentu akan merasa cepat lapar.

4. Tak melewatkan sarapan

Hasil studi terbaru tentang obesitas pada 2015 menunjukkan, bahwa mereka yang selalu sarapan di pagi hari, justru merasa lebih lapar dibanding mereka yang melewatkan sarapan. Ini, tentu menjadi kabar baik bagi Anda yang tak pernah sarapan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa melewatkan sarapan tak selalu membuat Anda makan berlebih saat makan siang.

5. Konsumsi protein tak terpenuhi

Ketika Anda mengonsumsi sumber protein utama, seperti dada ayam atau yogurt, tubuh Anda akan memecah nutrisi menjadi asam amino. Inilah yang kemudian akan mengontrol nafsu makan Anda, sehingga akan terhindar mengonsumsi makanan berlebih. Jika asupan protein untuk tubuh tak terpenuhi, Anda akan terus merasa lapar.

6. Dalam kondisi stres

Kondisi stress yang bersifat sementara biasanya akan menekan nafsu makan Anda. Namun, kondisi stres yang berkelanjutan dan terus-menerus justru akan meningkatkan nafsu makan. Hormon kortisol berlebih biasanya akan memicu keinginan untuk mengonsumsi gula terus-menerus, sehingga Anda akan merasa selalu lapar.

7. Terlalu banyak konsumsi gula

Tahukah Anda, bahwa gula mengganggu sinyal nafsu makan alami? Inilah yang menyebabkan, semakin banyak mengonsumsi gula, semakin Anda merasa lapar.

8. Pre Menstrual Syndrome

Tak bisa dipungkiri, hormon seks berpengaruh pada nafsu makan Anda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa estrogen, memegang peranan penting dalam mengatur nafsu makan dan metabolisme. Saat menjelang menstruasi, kadar estrogen menurun, inilah sebabnya mengapa Anda cepat merasa lapar dan tak berhenti ingin mengonsumsi karbo, gula, dan garam ketika PMS .

9. Tak berolahraga

Sebagian orang berpikir bahwa olahraga akan membuat perut terasa lebih lapar. Namun, sebenarnya tidak. Salah satunya dengan latihan aerobik, olahraga ini menurunkan level hormon ghrelin, menurunkan level stres yang bisa meningkatkan nafsu makan, dan menambah energi. Olahraga ini takkan membuat Anda makan hingga lupa diri.

10. Suasana sekitar

Setiap bagian dari lingkungan sekitar Anda bisa berpengaruh pada banyaknya jumlah makanan yang dikonsumsi, mulai dari teman makan malam, ukuran dan warna piring, pencahayaan, dan sebagainya. Makan dengan piring besar bisa membuat Anda memenuhi piring dengan makanan, yang berarti membuat Anda mengonsumsi lebih banyak makanan. Jadi, biasakan makan dengan piring kecil, sehingga Anda bisa dengan mudah membatasi konsumsi makanan Anda dan tak lupa dengan rasa kenyang.



&



www.blogunik.net 
Kompas.com 

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi