TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

10 Penemu Terbesar di Dunia

  (www.kaskus.co.id)


Quote: Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
Sebelumnya, ane mohon untuk

Terima Kasih kaskuser


Spoiler

 for sumber

Spoiler

 for Cek Repost tidaknya :)




Quote: Quote: .: Intro :.


Gambar hanya ilustrasi | Image Courtesy of : newscientist.com
Saat ini perkembangan teknologi tidak dapat dipungkiri, apalagi teknologi berbasis smartphone (ponsel pintar) dimana hampir setiap orang memilikinya sekarang. Dengan kemudahan akses internet setiap orang dapat berbicara satu sama lainnya dari jarak yang sangat jauh, bahkan mengirim gambar maupun video berbagi secara luas keseluruh dunia melalui aplikasi berbasis website.

Tapi pernahkah Agan membayangkan apabila tidak adanya penemu ataupun insiyur ahli yang berusaha untuk membawa manusia kedalam peradaban baru, mungkin manusia tidak dapat berkomunikasi satu sama lain dengan jarak yang jauh dan manusia masi berlayar untuk mengirimkan pesan antar negara.

Tahukah Agan bahwa ternyata dasar dari setiap penemuan sampai saat ini ternyata memiliki tujuan untuk mempermudah manusia dalam melakukan setiap pekerjaannya. Bahkan penemuan yang telah dikemukakan dari berabad-abad terdahulu menjadi salah satu dari Inovasi teknologi yang telah ada pada saat ini.

Berikut merupakan 10 Penemu terbesar di Dunia gan


Quote:
Quote: Quote: Tim Berners-Lee


Gambar hanya ilustrasi | Image Courtesy of : tahupedia.com

Merupakan penemu dari World Wide Web(WWW) yang sampai saat ini digunakan oleh milyaran website diseluruh dunia. Ia juga menjadi direktur dari World Wide Web Consortium (W3C) yang bertujuan untuk mengawasi berbagai macam perkembangan website. Dari hasil penemuan WWW ia meraih berbagai macam penghargaan salah satunya adalah "The Man Who Changed the World", pada ajang penghargaan Mikhail Gorbachev, 2011 di london.

Dikatakan bahwa ternyata ide dari pembuatan website merupakan hasil dari keputusasaan, dikarenakan situasi pada saat itu sangat sulit ketika dirinya bekerja di CERN, dimana sebagian besar teknologi yang berpusat pada website seperti hypertext, internet, multifont objek teks telah didesain dan ia hanya perlu menaruh keseluruhan menjadi satu bagian.

Fakta mengejutkan ternyata WWW tidak dikomersialkan sama sekali Tim Berners tidak mengambil satupun hasil dari ciptaannya, bahkan ia memberikan world wide web tanpa hak paten maupun royalti. Berners bahkan mengatakan bahwa jika ia tidak menciptakan WWW maka orang lain mungkin akan mengemukakan ide tersebut secara bebas nantinya.


Quote: Quote: Galileo Galilei


Gambar Hanya Ilustrasi | Image Courtesy of : tahupedia.com

Merupakan seorang astronomi, fisikawan, matematika dan insiyur terkemuka dengan penemuannya yang berupa teleskop, termometer dan kompas. Hingga akhir hayatnya ia menjadi tahanan rumah dikarenakan bertentangan dengan gereja katolik.

Galileo juga menyempurnakan teleskop dari teleskop sederhana yang dibuat oleh BelAgan, dengan jarak pAganng hingga 3x lipat, namun dikemudian hari teleskop tersebut disempurnakan hingga dapat mencapai 30x lipat, teleskop ini kemudian digunakan untuk melihat langit. Objek pertama yang dilihat merupakan Bulan yang kemudian ia menuliskan sebuah buku kecil berjudul "The Starry Messenger" yang berisikan bahwa ternyata bulan tidaklah rata dan halus, berbentuk lingkaran bola dengan kawah-kawah.

Semasa hidupnya Galileo galilei dipenjara dikarenakan pendapatnya mengenai bahwa matahari merupakan pusat dari alam semesta, dan bumi berputar. Pendapatnya tersebut bertentangan tentang apa yang disebutkan oleh kitab injil sehingga pada akhir dari masa penjaranya yang kemudian dirubah menjadi tahanan rumah. Bahkan Galileo dilarang untuk mempublikasikan hasil karyanya termasuk dengan apapun yang akan dia tulis.


Quote: Quote: Archimedes


Gambar hanya ilustrasi | Image Courtesy of : tahupedia.com

Seorang matematika, insinyur, penemu dan astronomi. Dapat dikatakan bahwa dirinya merupakan matematika paling berbakat sepanjang masa. Archimedes mengemukakan sains mekanika dan hidrostatik, yang bertujuan dalam inovasi dari pengungkil atau tuas yang dapat digunakan untuk memindahkan objek berat dengan tenaga kecil.

Dapat dikatakan bahwa penemuan matematika paling menakjubkan dari Archimedes merupakan pi yang sampai saat ini digunakan dalam rumus matematika perhitungan lingkaran, penemuan pi beradasarkan dari perhitungan Kalkulus yang diciptakan oleh Archimedes. Bahkan dirinya juga menemukan salah satu hukum fisika yaitu pusat dari gravitasi.


Quote: Quote: Benjamin Franklin


Gambar hanya Ilustrasi | Image Courtesy of : tahupedia.com

Benjamin Franklin dikenal sebagai salah satu bapak pendiri Amerika Serikat, dan merupakan orang yang berkontribusi dalam pembuatan Deklarasi Kemerdekaan.

Penemuannya yang paling terkenal sampai saat ini adalah penangkal petir, dimana ia membuat hipotesa bahwa petir merupakan sebuah aliran listrik. Dalam melakukan uji coba hipotesanya ia menggunakan sebuah layangan ketika hujan badai. Dari hasil uji coba yang dilakukannya dapat disimpulkan bahwa ternyata objek dengan ujung tajam dapat melepaskan aliran listrik. Oleh karena itu sampai saat ini gedung-gedung dengan tingkatan yang tinggi memiliki penangkal petir berbentuk tongkat yang runcing diletakkan di bagian tertinggi gedung sebagai penangkal petir.

Fakta menakjubkan dari Benjamin Franklin adalah dirinya ternyata mampu berbicara dalam 5 bahasa yaitu latin, jerman, spanyol, itali, dan perancis, bahkan bahasa tersebut dipelajarinya sendiri.


Quote: Quote: The Wright Brothers


Gambar hanya Ilustrasi | Image Courtesy of : tahupedia.com

Merupakan penemu dari pesawat terbang mekanisme. Pada awal penemuannya Wright brother berusaha menciptakan pesawat terbang, dimana pesawat terbang ini dapat di kendalikan ketika sedang mengudara.

Pada tahun 1902, Wright Brother menemukan metode three-axis-control. Paten pertama dari Wright brother merupakan inovasi dari sistem kontrol aerodinamika yang memanipulasi permukaan pesawat terbang. Metode dari thress-axis-control ini sampai sekarang digunakan dalam pembangunan pesawat terbang modern.

Di Eropa, Wright brother di cap sebagai seorang pembual dikarenakan klaim atau mekanisme penerbangan mereka. Hingga akhirnya di tahun 1908, Wilbur Wright melakukan demonstrasi penerbangan pertama mereka di Peranics. Walaupun hanya berlangsung selama 1 menit 45 detik, namun penerbangan ini membawa kesuksesan bagi Wright brother dimana dalam demonstrasi ini pesawat terbang tersebut dapat berputar dan dikendalikan secara mudah.


Quote: Quote: James Watt


Gambar hanya Ilustrasi | Image Courtesy of : tahupedia.com

James Watt merupakan penemu mesin uap. Dapat dikatakan bahwa peningkatan gas CO2 di udara dari hasil industri berasal dari awal penemuan mesin uapnya. Walaupun begitu penemuannya telah merubah industri dunia dan menjadikannya bapak revolusi industri.

Penemuan awal dari ide mesin uap berasal dari ketika James Watt diberikan sebuah model mesin Newcomen dari universitas yang dimaksudkan untuk diperbaiki. Setelah diperbaiki ia menemukan bahwa mesin Newcomen tersebut tidaklah bekerja secara efisien, dimana setiap tenaga panas yang dihasilkan oleh mesin tersebut tidaklah menjadi energi mekanikal sepenuhnya, namun 3/4 dari tenaga panas tersebut masuk kedalam sirkulasi air dingin yang digunakan untuk menurunkan tekanan dari mesin.

Dari hasil penemuan mesin uapnya, James Watt menjadi seorang yang kaya raya dan ketika umurnya telah mencapai 64 tahun ia pensiun dan dimasa pensiunnya James Watt melakukan berbagai macam penemuan lainnya yaitu seperti mesin fotokopi, mesin berputar, indikator tekanan uap.


Quote: Quote: Alexander Graham Bell


Gambar hanya Ilustrasi | Image Courtesy of : tahupedia.com

Semasa hidup Alexander Graham Bell pengaruh paling besar dalam penciptaan telepon berasal dari ibunya dan istrinya. Dimana sebagian besar dari penelitiannya bertujuan untuk menciptakan mesin pendengaran hingga akhirnya terciptalah telepon.

Dalam pembuatan mesin telepon Bell di bantu oleh asistennya yang bernama Thomas Watson. Thomas Watson merupakan seorang montir listrik dan merupakan orang yang mendukung ide Bell dalam pembuatan mesin telepon.

Telepon menuai kesuksesan melalui perusahaan Bell dimana pada tahun 1886 jumlah pengguna telepon telah mencapai 150.000 orang di Amerika. Namun hak paten telepon menjadi perdebatan besar di pengadilan selama 18 tahun. Dimana perusahaan telepon Bell telah melalui 587 pengadilan akan hak paten telepon, dan hanya 5 dari pengadilan tersebut yang sampai ke Mahkamah Agung. Walaupun begitu tidak ada satupun yang berhasil mengalahkan paten dari Alexander Graham Bell.

Fakta unik bahwa ternyata kata pertama dari penemuan telepon adalah "Mr. Watson. come here. I want to see you."


Quote: Quote: Thomas Edison


Gambar hanya Ilustrasi | Image Courtesy of : tahupedia.com

Pada umur 12 tahun, edison bukan merupakan orang yang terlalu pintar dalam pelajaran sekolah, sedangkan gurunya tidak terlalu suka kepada edison dikarenakan dirinya selalu bertanya hal yang sama berulang. Pada akhirnya ibunya mengeluarkan dirinya dari sekolah dan mengajarkan edison sendiri. Ia mengingat bahwa ibunya merupakan orang yang mengajarkan dirinya, jujur kepada dirinya dan yakin kepada dirinya, dimana Edison merasa bahwa ia punya sesuatu yang harus ia perjuangkan untuk hidup dan ia tidak kecewakan.

Masa kejayaan dari Thomas Edison bermula dari penemuan Lampu bohlam, dimana ia ingin menyaingi penerangan tradisional yang menggunakan minyak dan gas. Lampu bohlam pertama yang ditemukan dapat bertahan hidup selama 1000 jam, yang kemudian ia sempurnakan sehingga dapat digunakan di rumah, jalan maupun tempat umum lainnya.

Edison pernah mengatakan bahwa seluruh metode penemuan yang diciptakannya berasal dari kerja keras, uji coba dan kegagalan yang berulang kali. Hingga pada akhir hayatnya ia telah mempatenkan lebih dari 1000 hak cipta.


Quote: Quote: Nikola Tesla


Gambar hanya Ilustrasi | Image Courtesy of : tahupedia.com

Dapat dikatakan bahwa Nikola Tesla merupakan penemu paling brilian pada masanya dan dermawan, dimana kebanyakan dari desain dan penemuannya dijadikan hak paten oleh penemu lain salah satunya antara lain dinamo, x-ray, dan radar.

Nikola Tesla pernah bekerja kepada Thomas Edison. Edison pernah menjanjikan $50,000 (untuk saat ini bernilai jutaan dollar) kepada Nikola apabila ia dapat memperbaiki dan memberikan solusi atas penemuan dinamo DC. Walaupun telah menyempurnakan penemuan dinamo DC, edison tidak membayar tesla sama sekali bahkan Edison berkata "Tesla kamu tidak mengerti mengenai humor Amerika". Setelah itu beberapa bulan kemudian Tesla keluar dari pekerjaannya bersama Thomas Edison.

Nikola Tesla kemudian mengembangkan aliran listrik lain yaitu Alternating Current (AC), Thomas edison menganggapnya sebagai sebuah saingan dikarenakan pada saat itu Thomas Edison sedang berusaha menjual sistem aliran listrik DC. Terdapat fakta mengejutkan dari perseteruan ini ternyata Thomas Edison menggunakan cara licik untuk mengatakan bahwa aliran listrik AC berbahaya bagi lingkungan dengan menggunakan beberapa hewan liar seperti anjing dan kucing, kemudian menyetrum hewan tersebut menggunakan aliran listrik AC miliki Tesla.

Awal kebangkrutan dan kegagalan dari Nikola Tesla berasal dari ketika dirinya memiliki mimpi untuk menciptakan transimi energi wireless yang dapat digunakan untuk menyebarkan informasi keseluruh dunia. Projek ini namun gagal dikarenakan pada saat itu investor ragu akan projek dari tesla dikarenakan perkembangan pesat radio oleh Gugliemo Marconi dengan investornya yaitu Thomas Edison dan Andrew Carnegie.

Fakta mengejutkan ternyata penemuan radio dari Gugliemo Marconi merupakan hasil dari pekerjaan yang telah dilakukan oleh Tesla. Ketika salah satu insiyur bernama Otis pond mengatakan "lihatlah Marconi seperti telah melewati dirimu", namun Nikola Tesla hanya membalas "Marconi merupakan orang yang baik, biarkanlah dirinya meneruskan. Ia telah menggunakan 17 hak paten milikku.". Pada akhirnya pengadilan tinggi menolak ke-4 hak paten Marconi dan mengatakan bahwa penemuan Radio ini dan mengakui inovasi Tesla atas penemuan Radio.


Quote: Quote: Leonardo Da Vinci


Gambar hanya Ilustrasi | Image Courtesy of : tahupedia.com

Merupakan seorang pelukis, pemahat, arsitek, musisi, matematika, insinyur, penemu, anatomist, geologis, kartografer, botanis, dan penulis. Dapat dikatakan bahwa Leonardo Da Vinci merupakan penemu paling hebat di dunia dan paling berbakat. Inovasi dan penemuannya bahkan digunakan setelah 500 tahun kematiannya.

Pada umur 14 tahun Da vinci telah memiliki bakat seni yang luar biasa, bahkan gurunya yaitu Veerrocchio pun takjub akan kemampuan seninya. Karya pertama dari Da vinci adalah "Adoration of the Magi" walaupun karya ini tidak sempat diselesaikan namun lukisan ini masi berada di gedung seni Uffizi, Florence sejak tahun 1670.

Beberapa karya seninya yang terkenal antara lain adalah "The Last Supper", "Michelangelo" dan "The Creation of Adam". Di buku jurnal dari Da vinci ditemukan beberapa draft atau gambaran sketsa lain yaitu "Vitruvian Man", sketsa ini mengambarkan mekanisme sistem tubuh manusia. Jurnal dari buku Da vinci pun telah memprediksikan beberapa inovasi penting di masa depan antara lain kendaraan besi, tenaga surya, mesin terbang maupun mesin penghitung.

Karya lukis Da vinci yang paling terkenal hingga saat ini adalah Mona lisa. Mona lisa merupakan lukisan dari seorang wanita bangsawan Florentine. Fakta unik dari lukisan ini ternyata pada awalnya wanita dalam lukisan ini menolak untuk tersenyum, Da vinci pun melakukan segala cara bahkan hingga menyewa pemusik untuk membuat wanita tersebut tersenyum. Hingga akhirnya pada suatu hari wanita tersebut memberikan senyum yang pasif dan leonardo berhasil melukisnya.




Quote: Quote: .: Outro :.
Nah itu tadi agan-agan dan aganwati, beberapa para inventors sejati gan, tanpa mereka mungkin kita tidak bisa menikmati teknologi yang sudah serba mudah ini gan, hampir semua ane tau kecuali yang nomor 2 terakhir ane baru denger sih gan, atau barangkali ada disini agan-aganwati ada yang mau nambahin ? , gimana pendapat agan ? ,
sekian dari TS, thread ini tidak memiliki maksud tertentu,hanya sekedar share saja, semoga aja Thread sederhana ane ini bisa jadi penghibur dan menjadi Inpirasi serta semoga bermanfaat bagi agan semua ya, ane tunggu komengtarnya gan , salam dari ane gan

Akhir Kata


TERIMA KASIH KUNJUNGAN NYA GAN

Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh




SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi