TOTAL POSTS:
TOTAL PAGEVIEWS:


Site navigation: Home | About | Pasang iklan
Notices

view first unread Rate Thread
#1

Total Pageviews

10 alasan kenapa Coldplay jadi salah satu Band terbaik

Quote:

WELCOME GAN WELCOME

Quote:


Halo gan, kali ini ane mau membahas beberapa alasan yang jadi alasan ane jadi penikmat Coldplay sampai saat ini. Siapa sih yang gak kenal Coldplay, Band yang sudah cukup lama berdiri tegak di dibelantika musik dunia. Band british yang digawangi oleh Chris martin (vokal), jonny buckland(gitar), guy berry man(bas) dan will champion(drum) ini ane pikir sudah layak dinominasikan sebagai salah satu band terbaik dunia. Coldplay selalu bisa dinikmati karena musiknya yang easy listening dan rangkaian melodi yang begitu mengena dihati, seperti nama bandya Chris cs bertangan dingin dalam melahirkan berbagai karyanya.

Lahir setelah era keemasan britpop di akhir tahun 90an tidak membuat coldplay luput dari kritikan dan cibiran. Diduga sebagai band yang sangat terpengaruh oleh gaya bermusik Travis, U2, Oasis & radiohead tak lantas membuat Chris dkk kehabisan cara untuk membuktikan kepada khalayak bahwa bandnya pantas masuk jajaran band papan atas didaratan britania, pada faktanya pun cara bermusik mereka justru dipengaruhi oleh "Aha" sebuah grup band norwegia yang underrated di tahun 80an. Album "Parachutes" menjadi debut yang sensasional dan cukup laris dipasaran sebut saja singlenya "shiver", "trouble", "Don't panic", "Yellow" dll masih sangat melekat diingatan ane, semenjak itu coldplay terus produktif dan menemukan gaya bermusik mereka sendiri pada albumnya "Rush of blood to the head (In my place,the scientist, god put a smile upon your face dll)", " X&Y(fix you, speed of sound, talk dll)", "Viva la vida (viva la vida, lost, life in technicolor dll)", mereka sudah sangat matang dengan cara bermusik mereka sendiri. lalu di album "Mylo xyloto"," Ghost stories" mereka mulai berani memasukan unsur - unsur EDM(Electronics Dance Music) yang banyak di kecam oleh pecinta Coldplay termasuk ane, mereka seperti kehilangan arah bermusik mereka tapi ane percaya itu bentuk adaptasi mereka demi memenuhi selera penikmat musik masa kini, mereka ingin memperluas segmen ke penikmat musik di Era digital yang sangat erat dengan EDM.

Nah pasti banyak alasan yang membuat kita suka ataupun tidak suka dengan coldplay, nah ane bakalan jabarkan alasan ane pribadi yang membuat coldplay di urutan nomor wahid band favorit ane. Karena ini pandangan pribadi jadi mungkin agak subjektif, jadi tolong tidak perlu diambil hati yah gan.
so, cekidot dimari gan.
[/CENTER


[QUOTE
[CENTER]
1. Chris martin



Klasik emang gan, tapi memang peran lead singer sangat mempengaruhi kesuksesan sebuah band . Gak cuma suara, bisa dibilang lead singer/ vocalist adalah imej terdepan dari sebuah band. Nah menurut ane, Chris martin adalah salah satu yang terbaik didunia, dengan range vokal cukup tinggi dan tipikal suara baritone, falsetto yang lembut dan khas membuat setiap lagu coldplay jadi berkarakter dan selalu enak didengar. Gak cuma sekedar nyanyi, sikil bermain piano, gitar, keyboard, organnya juga yahut abis gan, bahkan permainan pianonya jadi ciri khas lagu- lagu dan stage act coldplay. Banyak lagu coldplay yang tercipta ketika Chris tengah iseng mengutak - ngatik tuts pianonya.

[/CENTER


Quote:
[CENTER]
#2. Lagu - lagunya



Jelas lagu - lagunya gan. Banyak lagu coldplay yang terlalu membekas dan buat ane susah move on bahkan setelah sekian lama. Pertama kali kenal dan suka itu ketika singlenya "Yellow" diputar di MTV sekitar tahun 2003. Semenjak itu ane selalu pentengin kehadirannya, denger di radio - radio, dan terus ngikutin perkembangannya. "Talk, don't panic, shiver,trouble, yellow, in my place, strawberry swing, the scientist, lover in japan, Fix you, Speed of sound, X&Y, viva la vida, life in technicolor, violet hill, clocks, lost, paradise, charlie brown, us against the world, every teardrops is a waterfall, true love, O, Ocean,ink, magic, a sky full of stars," wah hampir semua lagu ane suka. Lagu lagu itu jadi lagu favorit ane dan terus ane puter sampe sekarang. Banyak juga lagu Coldplay yang menyelamatkan mood ane dari keterpurukan.




Quote:

#3. Album

Seperti yang sudah ane singggung di awal, Coldpay punya 6 album sampai saat ini. "Parachutes"," Rush of blood to the head"," X&Y","Viva la vida","Mylo xyloto", " Ghost stories" dan album ke-Tujuh dan yang katanya jadi album terakhir mereka yaitu" Head full of dreams" yang masih dalam proses peracikan. Favorit ane dari ke-Enam album yang sudah rilis yaitu " Parachutes, Rush of blood to the head dan X&Y" , karena kebetulan cuma 3 album itu yang ane punya, hehehe. Intinya ane suka semua albumnya karena selalu ada hal baru dan menarik di setiap album coldplay. Kalo cover album ane paling suka " Rush of blood to the head", artworknya sederhana tapi seperti ada hal yang sangat mendalam mengenai ilustrasi kepala yang terbuat dari pasir dan terhempas pada bebrapa bagian layaknya terbuat dari pasir, nice.

Album bagi sebuah musisi itu seperti pencapaian dan timeline karir mereka, dan ane pikir Coldplay udah sukses mengukir dan mengemas album mereka dengan baik sampai saat ini. Ketika zaman ane kecil, setiap hari minggu pagi bokap pasti setel album The beatles, queen dan sebagainya di radio. Mungkin ada saatnya nanti ketika anak ane dengerin ane setel beatles, queen, Coldplay dsb dihari minggu.
[/CENTER


Quote:
[CENTER]
#4. Video clip



Video clip mewakili visualisasi dari sebuah lagu, Coldplay selalu berhasil membuat video clip yang sangat menarik berdasarkan lagu yang mereka ciptakan. Yang ane suka dari video clip mereka adalah sampai saat ini clip mereka bersih dari Narkoba, Pornografi ataupun kekerasan. Bisa dibilang clip mereka sangat ramah terhadap semua umur dan menurut ane itu poin yang sangat penting, itu bagian dari tanggung jawab moral mereka sebagai seorang musisi . Clip mereka selalu sederhana namun menarik untuk disaksikan dan beberapa bahkan mendapat nominasi clip terbaik di beberapa ajang penghargaan bergengsi dunia.

Top 10 clip favorit ane :
1. Life in technicolor
Boneka yang dibuat mirip dengan semua personilnya dan bergerak dengan dinamis dan benar- benar menggambarkan stage act coldplay dalam perspektif yang unik.

2. Fix you
Ini clip sensasional yang bener - bener buat ane goosebump. Scene ketika Chris memasuki stage concert, memutar sebuah tali yang ada lampu diujungnya dalam dentumam chorus fix you di sebuah stadion penuh riuh penonton yang menyanyikan liriknya. beuh merinding.

3. The scientist
Ini clip unik banget gan, ane pikir awalnya adalah clip ini cuma diputer backward atau terbalik tapi ternyata dibeberapa scenenya mereka melakukannya manual iyah manual, jadi Chris benar - benar belajar berjalan mundur dan belajar melafalkan lirik lagu secara terbalik, mind blowing abis.

4. Lover in japan
Diawali dengan efek - efek inception lalu dilanjutkan dengan permainan cahaya yang menuliskan lirik lagu tersebut. Wah manis banget gan video clipnya.

5. Trouble
Di jaman yang sudah tersedia teknologi 3D, Coldplay malah memilih clip ini digarap dengan sentuhan 2D. Dan hasilnya sangat mencengangkan, Begitu sederhana namun sangat artistik dan syarat makna.

6. Paradise
Dalam clip ini Chris memakai kostum gajah yang kabur dari kebun binatang dan pergi melakukan perjalanan ke suatu tempat. Berjalan, berlari bahkan menaiki sepeda roda satu. Sampai di sebuah savana dimana ia menemukan teman satu bandnya yang juga memakai kostum gajah dan mereka langsung melantunkan, Para..paraa...paraadise...ooooooo.

7. True love
Chris memakai kostum seperti balon yang menggelembung, menghadapi hidupnya yang sulit sebagai petugas kebersihan. Sampai dalam suatu momen dia menemukan seorang gadis yang mengajaknya menari bersama di sebuah panggung pertunjukan. Cerita cinta dari sudut pandang yang berbeda, jujur dan sederhana.

8. Yellow
Nah dalam clip ini semua tentang Personil coldplay yang berjalan beriringan ditepi pantai dengan nuansa hitam putih. Entah kenapa clip ini begitu mengena menurut ane, walau sederhana cuma begitu indah dikemas.

9. Every teardrop is a waterfall
Stop motionnya bener-bener manis banget. Warna- warni tulisan dan simbol yang glow in the dark, benar - benar menggambarkan tema yang Coldplay usung dalam album Mylo xyloto. Banyak konser dan tour mereka bertemakan hal seperti yang digambarkan dalam clip ini.

10. A sky full of star
Chris dkk berjalan menyusuri salah satu jalan di Australia dengan membawa seperangkat alat musik layaknya seorang pengamen jalanan. Merekam berbagai ekspresi orang - orang saat bertemu mereka. Diakhiri dengan mereka berada disatu panggung kecil, menyemburkan jutaan potongan kertas ke udara seperti dalam konser besar mereka lalu disambut oleh riuh penonton yang menerikan lagu mereka.
"Cause you're a sky, you're a sky full of stars Such a heavenly view,You're such a heavenly view"



Quote:

#5. Stage act, Tour dan Concert



Banyak banget band yang recordingnya begitu menawan tapi begitu tampil live, loh kok begitu. Nah menurut ane pribadi, Coldplay adalah Band dengan kemampuan live dan stage act yang sangat mumpuni. Agan denger lagunya terus agan pantengin Konsernya beuh kaya liat video clip yang di shoot live, bahkan menurut ane Livenya coldplay kadang lebih bagus ketimbang recording. Walau pada kenyataannya ane belum pernah liat konsernya, berharap suatu hari Chris dkk mau datang ke Indonesia .

Riuh antusias penonton dalam menyanyikan lirik lagu coldplay,Sound yang ajib, efek cahaya, laser, kembang api, alat musik yang berwarna- warni dan glow in the dark (mylo xyloto tour), Taburan potongan kertas warna yang berterbangan ke udara, Dentuman musik dan Tarian awkward Chris membuat konser dan tour Coldplay selalu magis dan menakjubkan. Ane selalu goosebump tiap liat konser - konsernya coldplay terutama konsernya di : "Glastonburry", "State de france"," Live in Tokyo", "Royal albert hall", "live in Rio", "Boston", "Madrid", "Toronto". Wah jujur aja gan tiap ngeliat konsernya ane makin jatuh cinta aja sama coldplay, begitu terasa kerja keras dan passion mereka dalam setiap konsernya. Gak salah mereka sering dinobatkan sebagai salah satu band dengan perform act terbaik di Brit award dan ajang penghargaan lainnya.



Quote:

#6. Charity



Coldplay selalu menyuarakan kasih sayang, perdamaian, anti kekerasan, Peperangan dan Kejahatan kemanusiaan. Kritiknya kadang terlalu keras sampai mereka sempat di boikot ketika menyuarakan protes mereka terhadap pendudukan irak oleh tentara Amerika serikat dan sekutunya. Mendukung berbagai gerakan kemanusiaan di seluruh dunia . Dan yang ane salut mereka membuat porsi tersendiri dalam mendukung suatu gerakan amal ataupun kemanusiaan, mereka sampai saat ini selalu menyisakan 10% dari pemasukan bandnya untuk disalurkan sebagai dana amal dan kemanusiaan. Beuh salut daah buat Coldplay.
Ini beberapa daftar gerakan amal yang udah coldplay dukung sampai saat ini :
*21st Century leader
*Amnesty International
*Cancer Active
*Children with AIDS
*City of Hope
*Every Mother Counts
*GRAMMY Foundation
*Keech Hospice Care
*Keep A Child Alive
*Kids Company
*Live 8
*Lucy Blackman Trust
*Make A Child Smile Appeal
*Make Trade Fair
*Mercy Corps
*Mines Advisory Group
*MusiCares
*Nordoff Robbins
*Oxfam
*Prostate Cancer UK
*Red Cross
*Rush Philanthropic Arts Foundation
*Stand Up To Cancer
*St. Jude Children's Research Hospital
*The CarbonNeutral Company
*War Child
*Whatever It Takes
*source : looktothestars.org



Quote:

#7. Kostum dan penampilan

Sejujurnya dalam segi penampilan bisa dibilang mereka sangat casual dalam berpakaian, kombinasi Kaos, jeans dan sneaker selalu jadi favorit mereka tiap kali manggung. Dan hanya dalam beberapa penampilan saja Coldplay mencoba menampilkan image mereka dalam balutan kostum unik yang digunakan dalam beberapa konser dan tour. Biasanya mereka mengambil Tema kostum berdasarkan album yang mereka bawakan dalam konser. Dan tak jarang beberapa kostum begitu ikonik dan melekat sebagai ciri khas mereka bahkan sampai saat ini.
Spoiler for "Stage costume"

Mylo xyloto

Viva la vida

Ghpst stories


[/CENTER


Quote:
[CENTER]
#8. Bebas dari Rokok, minuman keras & Narkotika



Menjadi Publik figur membuat coldplay selalu berhati- hati Dalam bertindak dan berperilaku. Tidak hanya saat ini, namun dari semenjak band mereka didirikan mereka sangat concern terhadap pola hidup sehat yang jauh dari minuman keras, rokok ataupun obat- obatan terlarang. Pernah suatu ketika Will (drummer) tertangkap tangan sedang mabuk saat rekaman salah satu lagu debut mereka dan dia sempat dikeluarkan dari Band. Banyak band atau musisi yang menggunakan Rokok, minuman keras ataupun narkoba sebagai daya gedor atau dopping dalam penampilan mereka, atau hanya untuk sebagai pelarian mereka dalam beratnya hidup sebagai bintang terkena. Tidak halnya dengan coldplay mereka benar - benar bertanggung jawab secara moral terhadap masyarakat.



Quote:

#9. Penghargaan yang telah diraih



Keringat, air mata, kerja keras, Passion mereka dari awal berdiri sebagai band indie dengan nama "Starfish" lalu merubahnya menjadi "Coldplay" sampai saat ini, Ternyata tak luput dari perhatian publik. Karya dan Kontribusi mereka didunia musik ternyata mendapat ganjaran yang setimpal. Mereka telah mendapat berbagai pengakuan dan Penghargaan dari berbagai ajang penghargaan musik paling bergengsi di dunia, Dan tentu saja itu terus mengukuhkan eksistensi mereka sampai saat ini. dibawah ini adalah beberapa penghargaan yang telah mereka raih selama 15 tahun berkarir didunia musik :
*Grammy Award for Record of the Year,
*Grammy Award for Best Rock Album,
*Brit Award for British Group,
*MTV Europe Music Award for Best Song,
*Brit Award for MasterCard British Album of
the Year,
*Brit Award for British Single,
*Grammy Award for Best Alternative Music
Album,
*MTV Video Music Award for Best Rock Video,
*MTV Video Music Award for Best Direction,
*Brit Award for British Live Act,
*MTV Europe Music Award for Best Group,
*Juno Award for International Album of the
Year,
*Billboard Music Award for Top Rock Artist,
*MTV Video Music Award for Best Art Direction,
*Grammy Award for Best Pop Performance by
a Duo or Group with Vocals,
*Billboard Music Award for Top Rock Album,
*NME Award for Best Album,
*Grammy Award for Best Rock Performance by
a Duo or Group with Vocal,
*MTV Video Music Award for Best Group,
*MTV Europe Music Award for Best UK &
Ireland Act,
*MTV Video Music Award Best Breakthrough
Video,
*Billboard Music Award for Top Alternative
Artist,
*Billboard Music Award for Top Alternative
Album,
*World Music Award for World's Best Rock
Artist,
*NME Award for Best Single,
*Echo Award for Best International Rock/Pop
Group,
*NRJ Music Award of Honor,
*World Music Award for World's Best Selling
Record Act,
*Teen Choice Award for Choice Rock Song,
*NME Award for Best New Artist,
*Porin Award for Best Foreign Song,
*World Music Award for World's Best Selling
British Artist



SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Daftar isi